Tumbuhan Langka di Indonesia Beserta Penyebab & Daerah Asalnya

tumbuhan langka di indonesia

Tumbuhan Langka Di Indonesia – Indonesia memiliki banyak sekali tumbuhan/tanaman yang sangat beragam. Namun akibat penggundulan hutan dan pembabatan hutan liar, kini banyak sekali tumbuhan langka di Indonesia ini. Bahkan jumlah nama tumbuhannya pun semakin meningkat seiring menurunnya kuantitas pada setiap jenis tumbuhan.

Hal ini sangat amat disayangkan mengingat banyak sekali remaja dan juga anak-anak yang kelak diyakini sebagai penerus bangsa namun tidak bisa mengetahui tentang tumbuhan langka di Indonesia tersebut.


Apa Itu Tumbuhan Langka?

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan langka merupakan tumbuhan yang memiliki eksistensi yang jarang di suatu negara. Sebenarnya, tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh di Indonesia memiliki eksistensi yang tinggi. Hanya saja, seiring berkembangnya zaman banyak sekali tangan-tangan manusia yang suka merusak ekosistem hutan membuat tumbuhan tersebut menjadi langka.

Baca Juga: angka romawi


Jenis Tumbuhan Langka Di Indonesia Yang Ada Di Indonesia

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Berikut adalah 13 tumbuhan langka yang ada di Indonesia. Semoga remaja mampu diharapkan untuk semakin tahu dan mengerti akan langkah selanjutnya untuk menekan jumlah tumbuhan langka yang semakin meningkat.

1. Bunga Bangkai

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal bunga ini? Meski sebagian dari para pelajar belum pernah bertemu langsung dengan bunga bangkai, akan tetapi tumbuhan ini menjadi salah satu tumbuhan yang dipelajari di mata pelajaran sekolah.

Memiliki istilah ilmiah Amorphophallus titanium, bunga ini mengeluarkan bau busuk layaknya bau bangkai. Hal ini bertujuan untuk mengundang lalat dan kumbang untuk hinggap dan membantunya melakukan proses penyerbukan. Tumbuhan ini berhabitat asli di pulau Sumatera, tepatnya di Hutan Sumatera.

Bunga bangkai ini memiliki tinggi hingga 4 meter. Bunga ini dapat mekar selama 7 hari meskipun kemudian mati. Kesempatan untuk mekar dari bunga bangkai ini hanya dalam 5 tahun sekali. Hal inilah yang menyebabkan bunga ini menjadi langka ditambah lagi lahan tempat tumbuh semakin menipis.

2. Rafflesia Arnoldii

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Banyak orang salah mengartikan Rafflesia sebagai bunga bangkai dengan berkata bahwa bunga ini juga ikut menyebarkan bau busuk seperti bangkai. Padahal terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok sebagai pembeda mereka.

Rafflesia Arnoldii tumbuh melebar dan tidak meninggi seperti bunga bangkai. Proses pertumbuhannya memakan waktu 9 bulan hingga akhirnya mekar selama 7 hari saja kemudian mati. Tumbuhan ini menumpang kepada inangnya juga.

3. Cendana

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Memiliki nama ilmiah Santalum album, kayu ini memiliki sejuta manfaat yakni sebagai bahan dasar pembuatan parfum, dupa, aroma terapi, warangka (sangkur keris), hingga rempah-rempah. Tumbuhan ini juga sangat terkenal akibat banyak manfaat yang dimilikinya.

Pada dasarnya, cendana ini merupakan tumbuhan parasit yang selalu hidup di tumbuhan lain karena tumbuhan ini tidak bisa hidup sendiri. Cendana juga bukanlah tumbuhan yang mudah di budidaya sehingga keberadaaannya tergolong punah sekarang.

4. Damar

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Pohon ini memiliki batang yang tingginya mencapai 60 meter. Memiliki sebutan ilmiah Dammara (Lamb) Rich, pohon damar juga memiliki sebutan lain yakni ki damar, salo, dayungon, dan kisi. Kayu pohonnya bisa dibuat sebagai bahan pembuatan suatu barang perlengkapan sedangkan getahnya dapat menjadi bahan dasar cairan pelapis kertas.

5. Kantong Semar

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan langka di Indonesia yang satu ini termasuk kedalam tumbuhan karnivora karena suka memakan atau memangsa serangga seperti lebah, lalat, dll. Memiliki nama istilah yaitu Nepenthes, tumbuhan ini menjadi langka karena berkurangnya lahan untuk tumbuh.

6. Anggrek Tebu

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Anggrek yang satu ini termasuk kedalam keluarga anggrek terbesar dan terberat. Hal ini dikarenakan beratnya yang mencapai 1 ton dan tinggi hingga 3 meter. Ciri-ciri dari tumbuhan ini adalah memiliki warna kuning dan bintik-bintik warna merah, merah kehitaman, dan coklat.

Tumbuhan ini dapat bertahan mekar hingga bulan lamanya meski batangnya telah dipotong. Oleh karena itu, tumbuhan yang memiliki istilah ilmiah Grammatophyllum speciosum menjadi langka karena banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memetiknya.

7. Tengkawang

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tengkawang menjadi salah satu tumbuhan yang dulunya sering diburu bijinya untuk di jadikan sebagai minyak. Caranya adalah biji-biji yang berjatuhan akan dijemur lalu disalai hingga menjadi kering sebelum diolah menjadi minyak.

Orang-orang memburu biji tengkawang ini karena jika sudah menjadi minyak dapat dijadikan sebagai obat-obatan tradisional dan sebagai penyedap masakan. Di zaman modern inipun, minyak dari biji Tengkawang dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan lilin, kosmetika, dll. Tumbuhan dengan nama ilmiah Shorea ini menjadi langka di Indonesia.

8. Daun Payung

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan ini ditemukan oleh seorang professor bernama Teljsman. Daun payung sendiri memiliki daun yang lebar, kuat dan juga besar. Oleh karena itu, banyak sekali orang-orang yang memanfaatkannya sebagai atap rumah menjadikannya masuk ke dalam salah satu dari tumbuhan langka di Indonesia.

9. Edelweiss Jawa

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Edelweiss Jawa atau biasa kita sebut dengan Bunga Senduro ini memiliki habitat asli di pegunungan Jawa. Bunga ini juga menjadi bunga pertama yang tumbuh setelah terjadinya erupsi di gunung berapi. Karenanya, banyak pendaki yang memetiknya saat mendaki menyebabkannya menjadi langka.

Bunga ini memiliki usia sekitar 100 tahun lamanya dengan tinggi yakni hingga mencapai 8 meter. Bunga-bunga ini bisa dijumpai di beberapa gunung antara lain gunung Rinjani, Gede, Papandayan, dan Pangrango.

10. Pohon Ulin

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Pohon ini berhabitat di Pulau Kalimantan. Banyak orang yang memanfaatkan kayunya sebagai jembatan. Bahan rumah, kapal, dsb. Hal ini dikarenakan kayunya yang sangat kuat dan kokoh.

Pohon Ulin memiliki tinggi hingga 36 meter. Namun sayangnya, perkembangbiakannya yang cukup sulit menyebabkan tumbuhan ini menjadi langka dan harus di lindungi agar terus ada di Indonesia.

11. Akar Karat

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Akar Karat merupakan tumbuhan yang memiliki batang putih dan jika disentuh akan mengeluarkan getah. Tumbuhan ini tumbuh di ketinggian sekitar 1700 meter, yakni di daerah dekat aliran sungai atau lereng lembah. Akar Karat juga mempunyai habitat asli di daerah Kalimantan dan Sumatera.

12. Tembesu

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tembesu merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang memiliki habitat lebih tepatnya di daerah Pulau Kalimantan, Jawa, Sulawesi, hingga Irian Jaya. Tumbuhan ini tumbuh di sarang yang kering (tidak becek) atau di tanah yang datar.

Tembesu memiliki tinggi 40 meter dengan batang yang tegak dan kokoh. Sayangnya, banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya memanfaatkannya tanpa terus berupaya melestarikan eksistensi nya.

Baca Juga: hak dan kewajiban warga negara

13. Anggrek Hitam

Tumbuhan Langka Di Indonesia

Tumbuhan langka di Indonesia yang terakhir adalah anggrek hitam. Memiliki ciri-ciri utama yang warnanya yang hitam, membuat banyak orang memburu dan menjadikannya sebagai tanaman hias.

Anggrek hitam memiliki habitat asli di daerah Pulau Kalimantan, Sumatera, dan juga Semenanjung Malaya. Sayangnya tidak banyak orang yang dapat menjumpai bunga ini karena populasinya yang semakin sedikit.

Di tahun-tahun sekarang ini sudah banyak sekali tumbuhan yang masuk ke dalam tumbuhan langka. Hal ini menyebabkan para pelajar tidak bisa mempelajari tumbuhan-tumbuhan ini secara langsung karena adanya keterbatasan jumlah.

Informasi jenis tumbuhan langka di Indonesia ini sangat diharapkan mampu menambah pengetahuan sekaligus menyadarkan para pelajar. Semoga para pelajar ini dapat mengerti apa langkah yang tepat dan benar untuk terus menjaga kelestarian tumbuhan-tumbuhan yang semakin langka di Indonesia ini.

Tumbuhan Langka Di Indonesia 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *