Tujuan Wawasan Nusantara – Wawasan Nusantara merupakan bagaimana cara Bangsa Indonesia menyikapi keberagaman yang ada. Wajib dipahami oleh seluruh warga negara bahwa menjaga kesatuan dan keutuhan negara merupakan salah satu tujuan Wawasan Nusantara.

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kepulauan di dunia dan mempunyai  bermacam-macam kebudayaan, suku dan berbagai macam umat beragama.

Dalam keberagaman tersebut tidak jarang terjadi perselisihan, baik perselisihan antar suku, golongan, hingga umat beragama. Tidak jarang juga, terjadi pecah belah antar sesama warga Indonesia. Oleh karena itu masyarakat di negara Indonesia wajib mengetahui tentang Wawasan Nusantara.


Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara memiliki pengertian yaitu bagaimana cara pandang bangsa atau masyarakat Indonesia pada diri, kesatuan kepulauan, dan bentuk dari geografisnya. Di mana kepulauan Indonesia yang berada di Benua Asia. Berdasarkan dasar Negara Indonesia, Bangsa Indonesia harus menghargai dan menjaga kesatuan keragaman kebhinekaan untuk tujuan nasional.

Wawasan nusantara sendiri mempunyai landasan hukum yang dianggap sebagai konsepsi dalam politik kewarganegaraan dan tercantum dalam beberapa Tap MPR Tahun 1973, 1978, dan 1983. Wawasan Nusantara harus diterapkan dan diajarkan sejak awal supaya bangsa memiliki penerus dengan rasa nasionalisme yang tinggi dan cinta pada tanah air. Suatu sikap yang mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau kelompok adalah implementasi dari Wawasan Nusantara.

Baca Juga: Tujuan Wawasan Nusantara 


Latar Belakang Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Terdapat beragam aspek yang digunakan dalam penyusunan Wawasan Nusantara. Aspek-aspek ini digunakan sebagai dasar perumusan dan selanjutnya rumusan ini harus dipahami dan diterapkan demi tercapainya tujuan Wawasan Nusantara. Berikut ini adalah beberapa aspek latar belakang Wawasan Nusantara:

  • Aspek Falasafah Pancasila. Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi dasar utama dalam merumuskan Wawasan Nusantara. Artinya, Wawasan merujuk Pancasila sebagai salah satu sumber yang digunakan.
  • Asep Kewilayahan Nusantara. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Keragaman wilayah kepulauan Indonesia pun didukung dengan kekayaan sumber daya alam.
  • Aspek Sejarah Indonesia. Kemerdekaan Indonesia diraih setelah melalui proses yang panjang dan berada di bawah penjajahan selama beratus tahun. Keberadaan sejarah tersebut tentunya menjadi cambuk bagi bangsa untuk tidak mengulangi pengalaman pahit tersebut. Oleh karenanya, perlu dilakukan beragam cara demi mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.
  • Aspek Sosial Budaya. Luasnya wilayah kepulauan Indonesia, menjadikan negara ini memiliki beragam suku. Setiap suku yang ada pun memiliki adat istiadat serta kebudayaan yang berbeda-beda. Perbedaan yang ada pun dapat menjadi ancaman akan terjadinya pertikaian di dalam negara. Oleh karena itu, demi menjaga keutuhan bangsa, perlu untuk menjaga hubungan baik sesama warga negara.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara memiliki fungsi dan tujuan Wawasan Nusantara. Beberapa fungsi wawasan nusantara yaitu sebagai pedoman, untuk panduan, dan dijadikan acuan bagi bangsa Indonesia. Fungsi Wawasan Nusantara itu sendiri dibagi menjadi empat kategori yaitu :

  • Wawasan Pembangunan. Salah satu fungsi Wawasan Nusantara yaitu untuk pembangunan negara Indonesia. Bidang pembangun tersebut meliputi beberapa unsur, yaitu sosial, politik, ekonomi, pertahanan, serta keamanan negara. 
  • Konsep Ketahanan Nasional. Selain dalam pembangunan, Wawasan Nusantara juga berfungsi pada ketahanan nasional. Fungsi dalam ketahanan nasional sangat penting dalam kewilayahan, perencanaan pembangunan, serta pertahanan keamanan.
  • Pertahanan dan Keamanan. Fungsi yang selanjutnya terletak pada keamanan dan pertahanan nasional. Pertahanan ini  ditujukan pada geopolitik bangsa Indonesia. Pandangan geopolitik ini mencakup tanah air serta wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Wawasan Kewilayahan. Adapun fungsi yang terakhir adalah menyangkut pertahanan, yaitu mengenai pemahaman akan wawasan wilayah yang ada di Indonesia. Fungsi ini termasuk menentukan batas wilayah Indonesia agar tidak terjadi potensi perselisihan dengan negara lain.

Baca Juga: Tujuan Asean


Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Setelah mengetahui apa itu Wawasan Nusantara, latar belakang, serta fungsinya, maka selanjutnya mengetahui tujuannya. Adapun tujuan Wawasan Nusantara ini dapat dibedakan menjadi 2, yaitu tujuan secara umum dan tujuan yang dipandang dari kacamata geopolitik Indonesia. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tujuan secara Umum

Secara umum, Wawasan Nusantara memiliki tujuan untuk menciptakan rasa nasionalisme atau cinta tanah air dari berbagai aspek kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk memupuk rasa cinta pada negara. Berikut adalah detail penjelasannya:

  • Tujuan Ekonomi. Negara Indonesia memiliki banyak potensi dalam perekonomian dalam bidang kelautan, pertanian, pertambangan, dll. Dengan adanya wawasan ekonomi maka dapat mengembangkan ekonomi warga negara Indonesia dengan memberikan fasilitas untuk pengembangan usaha mikro. Selain itu, juga akan adanya keadilan serta keseimbangan ekonomi daerah.
  • Tujuan Sosial dan Budaya. Wawasan Nusantara juga memiliki tujuan di bidang sosial budaya. Tujuan tersebut  yaitu adanya pemerataan program pendidikan dan prioritas pembelajaran untuk daerah-daerah yang tertinggal. Selain itu, juga dengan banyaknya budaya di Indonesia maka dengan adanya Wawasan Nusantara, dapat mengembangkan serta melestarikan budaya di daerah-daerah yang ada di Indonesia. 

2. Tujuan Menurut Geopolitik Indonesia

Dalam pembukaan UUD 1945 tertera tujuan Wawasan Nusantara khususnya sebagai geopolitik Indonesia. Sebagai geopolitik Indonesia di mana dijelaskan tujuan tersebut adalah untuk melindungi bangsa serta negara Indonesia serta mewujudkan kesejahteraan dan menjaga perdamaian berbangsa negara. Terdapat dua macam tujuan sebagai geopolitik Negara Indonesia, yaitu:

  • Sebagai Geopolitik Indonesia ke luar. Sebagai geopolitik Negara Indonesia keluar yaitu kepentingan nasional dijamin terutama di era globalisasi yang semakin merambah diseluruh dunia dan era globalisasi dalam negeri. Sesuai dengan pembukaan UUD 1945, warga negara turut serta melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian dan sikap saling hormat menghormati. Bangsa Indonesia wajib turut serta dalam menjaga keamanan kepentingan nasional dalam berinteraksi dengan kegiatan internasional.
  • Sebagai Geopolitik Indonesia ke Dalam. Tujuan tersebut adalah untuk menjaga keutuhan dan kedamaian di berbagai aspek kehidupan, baik dalam kehidupan sosial maupun aspek dengan lingkungan. Warga negara Indonesia harus dapat aktif dan berusaha dalam mencegah atau mengatasi faktor penyebab munculnya perpecahan bangsa. Selain itu, bangsa Indonesia harus terus berupaya menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman atau kebhinekaan.

Manfaat Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Setelah mengetahui tentang Wawasan Nusantara, fungsi serta tujuannya, maka bangsa indonesia akan merasakan manfaatnya. Manfaat Wawasan Nusantara tidak hanya berpengarus pada kehidupan di dalam negeri tetapi berpengaruh juga dalam hubungan internasional. Beberapa manfaat tersebut yaitu dapat diterima serta diakuinya konsepsi nusantara pada forum atau pertemuan internasional.

Dengan memahami wawasan tersebut akan menciptakan cara persepsi  tentang kesatuan wilayah nusantara yang harus dipertahankan seluruh warga Indonesia. Bertambahnya luas wilayah yang dapat dijadikan ruang lingkup dalam kehidupan dalam meningkatkan potensi  masyarakat. Sangat penting bagi Bangsa Indonesia untuk mengetahui dan memahami tentang wawasan nusantara.

Masyarakat Indonesia harus saling bekerja sama dalam mencapai tujuan Wawasan Nusantara. Dengan mengetahui latar belakang, fungsi, tujuan serta manfaat dari Wawasan Nusantara maka bangsa indonesia akan dapat menjaga keutuhan negaranya dengan baik. Jangan sampai keberagaman yang dimiliki menjadi faktor perpecahan di Indonesia.

Tujuan Wawasan Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *