Tugas Project Manager : Tanggung Jawab dan Skill Harus Dimiliki

3 min read

tugas project manager

Tugas Project Manager – Tugas project manager terbilang cukup banyak dan rumit dibandingkan dengan rekan kerja lainnya. tentu saja hal ini dipengaruhi oleh peranan penting seorang project manager.

Project manager merupakan pimpinan pertama di suatu project yang memegang kendali di dalam project. Tugas project manager adalah memastikan semua pekerjaan terselesaikan sesuai dengan aturan serta sistem yang berlaku.

Namun bukan hanya itu saja, seorang project manager haruslah mampu mengatasi semua control dalam pekerjaan di satu waktu. Misalnya, dapat membuat sebuah tim proyek yang solid dengan memonitor budget melalui bar chat dan critical path yang dibuat untuk mengontrol budget serta mampu memiliki kemampuan analisis risiko dengan cermat dan tepat.


Tanggung Jawab dan Tugas Project Manager

Tugas Project Manager

Sebagai kepala pimpinan di suatu project, project manager harus berkompeten dalam menjalankan tugasnya. Kemampuan itu ditujukan agar dapat memudahkan perusahaan dalam memberi tugas kepada Project Manager yang ditunjuk. Selain tugas inti yang disebutkan diatas, tugas project manager lebih rinci lagi daripada itu. Berikut penjelasannya :

1. Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Sebuah Potensi Masalah

Seorang project manager haruslah mampu mengidentifikasi keadaan untuk mengetahui masalah yang mungkin timbul di kemudian hari. Terutama apabila memang sudah ada potensi masalah yang muncul, maka tugas project manager untuk mengantisipasinya secara tepat.

2. Melakukan Koordinasi

Sebagai seorang pimpinan project, project manager haruslah dapat memberikan koordinasi kepada rekan kerja seperti team project, management dan lain-lain demi kelangsungan pekerjaan. Project manager harus dapat menempatkan situasi ketika memberikan koordinasi kepada rekannya. Koordinasi haruslah disesuaikan dengan adanya waktu yang tepat.

3. Menyiapkan Rencana Kerja

Tugas project manager lainnya adalah menyiapkan rencana kerja yang dibantu oleh para koordinator dalam menyiapkan beberapa aspek seperti teknis, waktu, administrasi dan juga keuangan proyek. Rencana kerja ini digunakan sebagai acuan dalam mengerjakan project sehingga project yang dihasilkan dapat selesai dengan tepat waktu dan sempurna.

4. Mengontrol Operasional Project

Sebagai seorang pimpinan project, sudah menjadi tugas project manager untuk selalu teliti dalam melaksanakan pengontrolan operasional proyek. Ini bertujuan untuk menjalankan project dengan sesuai dan tetap pada jalurnya (on track).

5. Melaporkan Setiap Pekerjaan Pada Perusahaan

Seorang project manager harus dapat mengkomunikasikan setiap pekerjaannya. Laporan mengenai pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan oleh project manager. Mulai dari laporan tulisan maupun tulisan, harus selalu dilakukan oleh project manager.

6. Mengontrol Project Based On Budget

Sebagai pemimpin project, sudah pasti project manager harus dapat melakukan berbagai macam hal. Salah satunya adalah menangani project sesuai dengan budget yang diberikan. Project manager harus dapat berganti posisi menjadi peninjau keuangan ketika melakukan tugas ini. sebagai pemimpin, project manager harus dapat menyesuaikan project dengan spesifikasi dan waktu yang tepat agar pekerjaan yang dilakukan cepat selesai.

7. Membuat Project Yang Sempurna 

Tugas project manager yang terakhir adalah membuat project secara sempurna. Tentu saja hal ini bukan hanya dilakukan oleh project manager saja namun ada kaitan dari rekan kerja yang lainnya. project manager harus mempunyai skill yang berlebih dalam memberikan return nyata kepada rekan agar rekan kerja dapat menaati setiap kebijakan yang dibuat.

Dengan keterbatasan wewenang project manager harus mampu untuk mengambil sebuah keputusan. Meskipun terbatas, namun wewenang itu tetap tidak boleh disalahgunakan oleh project manager.

Baca Juga: Tugas Kpps


Kemampuan Yang Harus Dimiliki Oleh Project Manager

Tugas Project Manager

Dengan tugas yang banyak itu, tentunya seorang project manager harus memiliki beberapa kemampuan yang sesuai dalam bidang ini. baik dari segi sikap, kepemimpinan bahkan pengetahuan. Kemampuan-kemampuan ini biasanya akan terlihat seiring berjalannya waktu project manager bekerja dalam perusahaan.

1. Knowledge (Pengetahuan)

Project manager harus memiliki pengetahuan yang luas dan berpikiran terbuka. Hal ini dikarenakan project manager harus bekerjasama dengan banyak orang dari berbagai macam lapisan masyarakat. Sehingga project manager harus berpengalaman dalam memberikan bahasan yang menarik ketika bekerjasama dengan orang lain.

2. Performance (Penampilan)

‘Penampilan’ yang harus dimiliki oleh project manager adalah sikap kepemimpinan yang dapat ditularkan kepada rekan kerja yang lainnya. sebagai pimpinan di suatu project, project manager harus mempunyai sikap ini agar para rekan kerja dapat mempercayai kinerjanya dan juga melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Project manager juga harus mengetahui cara menggunakan aplikasi pengetahuan project management yang dipunyai untuk kemudian dibahas di suatu rapat penting. Dengan memperlihatkan pengetahuan yang luas serta memahami pekerjaan yang dilakukannya akan semakin menambah nilai project manager tersebut.

3. Personal

Tentu saja jika sudah membahas pengetahuan dan juga penampilan maka hal yang terakhir yang harus dimiliki oleh project manager adalah personal yang baik. Personal dapat dilihat dari segi attitude ketika memimpin suatu project, karakter seorang project manager ketika bekerja, dan sikap lainnya yang harus dimiliki oleh project manager.

Project manager haruslah menjaga sikapnya di hadapan para rekan kerja maupun partner perusahaan. Sebagaimana karyawan lainnya, project manager pun tetap diawasi oleh petinggi perusahaan dengan memantau sikap-sikap seorang project manager. Untuk itu, project manager haruslah memiliki personal yang baik.

Baca Juga: Tugas Bank Sentral


Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Project Manager

Tugas Project Manager

Setelah membahas mengenai kemampuan yang harus dimiliki project manager, maka selanjutnya adalah membahas skill. Tentu saja hal ini tak lepas dari kecakapan seorang karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Seseorang haruslah memiliki skill dan kemampuan yang sejalan agar dapat memberikan hasil pekerjaan yang maksimal.

1. Leadership

Seorang project manager haruslah memiliki skill pemimpin yang pasti karena dalam pekerjaannya, project manager adalah seorang pimpinan project sehingga perlu untuk memiliki skill ini.

2. Team Building

Seorang project manager harus memiliki skill team building yang bagus. Karena dalam pelaksanaan kerjanya, project selalu menggunakan tim maka project manager harus dapat menjalin hubungan erat antara sesame rekan di dalam satu tim.

3. Motivation

Sebagai project manager harus dapat memberikan motivasi yang baik untuk pekerjaan para rekan di timnya. Tujuannya adalah untuk membangkitkan semangat kerja masing-masing individu sehingga pekerjaan dapat lebih kondusif.

4. Communication

Project manager juga harus memiliki kecakapan dalam berbicara. Beberapa project biasanya akan langsung dinegosiasikan di tempat bersama dengan project manager, maka skill ini harus dibutuhkan untuk menciptakan suasana kerja yang baik.

5. Influencing

Seorang project manager haruslah memiliki skill dalam memberikan sikap baik yang dapat ditularkan ke orang lain. Dengan cara ini, dapat meningkatkan kepercayaan diri pada rekan kerja sehingga suasana kerja lebih terasa akrab.

6. Decision Making (Termasuk Dalam Problem Solving)

Seorang project manager harus dapat membuat keputusan terutama ketika ada masalah datang di dalam suatu project. Keputusan itu haruslah sesuai dengan standar pekerjaan dan juga keputusan yang dibuat haruslah bijaksana.

Itulah beberapa penjelasan mengenai project manager. Sebijaknya seorang project manager haruslah memiliki kemampuan pekerjaan yang baik agar ketika melakukan pekerjaannya dapat menghasilkan project yang sempurna. Karena dibalik skill dan juga kemampuan mendasar, tetap harus didukung dengan kemampuan bekerja dari project manager itu sendiri.

Tugas Project Manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *