Tugas IT Support : Fungsi dan Tanggung Jawab yg Harus di Lakukan

3 min read

tugas it support

Tugas IT Support – Teknologi informatika terus berkembang mengikuti jamannya. Di era serba digital seperti saat ini diperlukan tenaga IT yang mumpuni. Tugas IT support menjaga sistem jaringan komputer dari perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan baik serta tanpa kendala yang berarti.

Perkembangan teknologi informatika di era digital ini semakin cepat dan mengglobal. Tentu saja akan memberikan dampak yang kurang baik dan bisa merugikan jika tidak mampu mengikutinya. Banyak raksasa industri dan jasa yang gagal dan bangkrut, karena tidak mampu mengikuti perkembangan jaman.

Di jaman digital ini setiap perusahaan baik yang berskala kecil maupun besar memiliki sistem komputerisasi dalam menjalankan usahanya. Sistim komputerisasi yang digunakan setiap perusahaan berbeda-beda, tergantung dengan jenis usaha dan kemampuan perusahaan tersebut.


Sekilas Tentang IT Support

Tugas IT Support

Karena tugas IT support yang begitu penting dalam suatu perusahaan, maka seorang staff IT menempati posisi yang cukup strategis. Seorang IT support menjadi garda terdepan mengoperasikan sistem jaringan komputer perusahaan. Dan sekaligus yang paling terakhir dalam menghadapi permasalahan yang mungkin diakibatkan ulah hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak semua staff dapat mengakses semua sistem jaringan komputer perusahaan. Hal tersebut dilakukan agar data rahasia perusahaan maupun pengguna tetap terjaga dengan baik. Demikian juga dengan pembatasan dan pengawasan akses internet agar tidak disalahgunakan merupakan bagian dari pekerjaan seorang staff IT. Meskipun terkadang sering berbenturan dengan staff dari  divisi yang berbeda.

Menjadi bagian dari tugas IT support untuk membuat rencana dan kerangka kerja guna menghadapi perkembangan teknologi digital yang semakin cepat. Terlambat mengikuti akan menyebabkan sistem komputer ketinggalan jaman dan menjadi rentan terhadap virus maupun serangan dari hacker yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Tugas Kpu


Kualifikasi Pendidikan IT Support

Tugas IT Support

Kualifikasi dan latar belakang pendidikan seorang IT support sangat fleksibel. Dan perusahaan pada umumnya juga tidak membatasi diri dengan latar belakang pendidikan karyawannya. Sebab yang paling diutamakan perusahaan adalah pengetahuan dan kemampuan teknologi informasi.

Latar Pendidikan formal

Ketrampilan dan keahlian dibidang perangkat keras dan perangkat lunak menjadi dasar tugas IT support. untuk itu dibutuhkan pendidikan formal yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer. Saat ini banyak sekolah kejuruan dan perguruan tinggi yang menitik beratkan keahlian dibidang teknologi komputer.

Rata-rata pendidikan minimum seorang petugas IT support adalah diploma tiga (D3) atau strata satu (S1) di bidang teknologi informatika. Pengetahuan dan kemampuan menganalisa sistem kerja jaringan komputer merupakan pendukung teknologi informasi.

Beberapa perusahaan juga banyak yang mempekerjakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki kemampuan dan keahlian lebih dibidang teknologi komputer. Memahami sistem jaringan perangkat keras dan sistem operasi perangkat lunaknya.

Belajar Otodidak

Perkembangan teknologi di era digital ini banyak melahirkan berbagai bidang pekerjaan yang tidak terlepas dari tugas IT support. Tentu saja bidang-bidang baru tersebut tetap bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Menjadi Seorang IT support, sebenarnya tidak memerlukan pendidikan khusus.

Belajar secara otodidak pun bisa dilakukan  dengan mudah. Saat ini belajar secara online maupun offline banyak ditawarkan. Banyak lembaga-lembaga pendidikan nonformal yang juga menawarkan pendidikan teknologi informasi. Sehingga siapapun bisa belajar dan menjadi terampil dibidang IT.

Yang wajib dikuasai seseorang untuk menjadi IT support adalah kemampuan untuk memahami sistem operasi jaringan komputer dan perangkat kerasnya menjadi dasar yang wajib dikuasai seorang IT support. Pengetahuan dan pemahaman sistem kerja program aplikasi software  dan infrastruktur sistem networking jaringan akan membantu dalam melaksanakan tugas IT support.

Baca Juga: Tugas Sales


Tanggung Jawab Dan Tugas IT Support

Tugas IT Support

Setiap perusahaan pasti memiliki seseorang yang khusus yang bertanggung jawab sebagai staff IT supportnya. Apalagi dengan semakin cepat perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini. Seorang IT support harus segera memahami permasalahan yang dihadapinya berkaitan dengan gangguan sistem jaringan komputer. Dan mampu dan cepat menyelesaikan masalah yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Tanggung Jawab

Menjadi seorang IT support tentunya harus memiliki pendidikan komputer yang kuat, selain memahami perangkat keras (hard ware)  juga menguasai perangkat lunak (soft ware). Kesabaran dan ketelitian dalam menghadapi persoalan menjadi salah satu kunci sukses tugas IT support. IT support merupakan orang yang bertanggung jawab mengenai instalasi dan evaluasi kinerja dari komputerisasi baik perangkat keras maupun lunaknya sebagai pengembangan network system (sistim jaringan).

Sehingga dapat meminimalisir gangguan atau kesalahan dalam sistem komputerisasi perusahaan. Dengan demikian kinerja daripada perusahaan lebih cepat dan efisien. Di jaman serba digital dukungan dari staff atau petugas IT menjadi sangat penting.  Khususnya dalam mengantisipasi pencurian data pengguna atau pelanggan oleh oknum  tidak bertanggung jawab.

Apalagi bagi perusahaan e-commerce, tugas IT support menjadi sedemikian pentingnya seperti jantung bagi manusia. Kemampuan mengantisipasi serangan atau gangguan dari hacker yang dapat mengganggu kinerja sistim jaringan. Kegagalan dalam mengantisipasi setiap permasalahan bisa menyebabkan perusahaan tersebut gulung tikar.

Tugas Staff IT

Secara sederhana bidang kerja  seorang IT support dijabarkan sebagai berikut :

  • Customer support, yang bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisa persoalan mendasar,
  • Technical support yang bertugas menangani downtime server, memantau performa server dan lain sebagainya
  • Serta advanced support adalah staff IT yang bertugas menganalisa dan memecahkan masalah yang berkaitan sistem software dan hard ware dari jaringan komputer. Dengan demikian kinerja sistem menjadi terintegrasi dan memudahkan penggunanya.

Tugas IT support adalah memberikan dukungan kerja kepada pengguna sistem jaringan komputer di perusahaannya. Tentu saja dukungan yang diberikan merupakan segala hal yang berkaitan dengan teknologi informasi (IT). Pada dasarnya tugas IT support di setiap perusahaan sama, hanya pengembangannya yang berbeda tergantung dari perusahaan. Tentu seorang IT support di perusahaan farmasi akan berbeda dengan IT yang bekerja di perusahaan e commerce. Secara sederhana dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Memastikan komputer yang digunakan para pengguna atau pelanggannya dapat berjalan normal dan baik.
  • Menjaga dan mengawasi semua data server agar tidak diambil atau dibaca oleh orang lain tanpa seijin penggunanya.
  • Memastikan jaringan computer yang digunakan para pengguna atau pelanggannya terkoneksi dengan baik dan lancar.
  • Memastikan sistem perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan berjalan dengan baik.
  • Memperbaiki dan rutin memeriksa jaringan komputer serta membackup data penggunanya agar tetap aman.
  • Selalu siap mengantisipasi virus maupun hacker yang dapat mengganggu kinerja sistem jaringan.

Setiap perusahaan di era digital seperti sekarang ini sangat membutuhkan satu  atau lebih orang yang dengan tanggung jawab dan tugas IT support. Memang pekerjaan sebagai IT support tidak tampak glamor, tetapi orang-orang yang bekerja di bidang ini menempati posisi penting dalam perusahaan khususnya di industry e commerce. Kesabaran dan kemampuan berkomunikasi dengan pengguna aplikasinya, akan memberikan nilai lebih sebagai seorang IT support.

Tugas IT Support

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *