Tugas Hrd – Dalam sebuah perusahaan terdiri dari begitu banyak bagian pekerjaan yang dimana setiap bagian itu memiliki tugas dan pekerjaannya masih-masing. Salah satunya yang cukup penting dalam perusahaan adalah Hrd yang setiap hasil dari pekerjaannya sangat berpengaruh dengan keberlangsungan perusahaan.

Tugas Hrd cukuplah banyak dan cukup bermanfaat jika dibahas satu per satu. Dimana Hrd merupakan bagian sentral perusahaan yang memiliki tanggung jawab besar.


Apa Itu Hrd?

Tugas Hrd

Sebenarnya sudah cukup banyak orang mendengar kata Hrd namun ada sebagian yang mengetahui apa itu Hrd dan ada juga yang tidak mengetahuinya. Hrd sendiri merupakan kepanjangan dari Human Resources Departement yang berarti merupakan sebuah divisi sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Dari namanya saja sudah jelas apa itu Hrd dan tugasnya. Dimana Hrd pada sebuah perusahaan bertanggung jawab dalam pengelola dan menangani Sdm (Karyawan) pada perusahaan tersebut.

Dimana Hrd harus mampu merencanakan strategi perusahaan yang akan diterapkan kepada karyawan, kebijakan dan peraturan serta mampu menjaga hubungan baik karyawan serta perusahaan. Sehingga karyawan dalam bekerja akan maksimum sesuai tugasnya dan tentu akan sangat berpengaruh positif bagi perusahaan. Jadi walaupun begitu banyak karyawan yang ada dalam perusahaan, Hrd harus mampu bertanggung jawab secara menyeluruh.

Baca Juga: Tugas Kepala Sekolah 


Beberapa Tugas Hrd

Tugas Hrd

Selain tugas yang telah disinggung di atas masih ada banyak lagi hal yang mencangkup tugas seorang Hrd. Tentu saja menjadi seorang Hrd sangatlah menantang karena hubungan perusahaan dengan karyawannya diatur oleh Hrd. Kerjasama semua bagian harus mampu Hrd tangani tanpa melepas atau mementingkan beberapa bagian divisi, semua harus rata. Berikut beberapa tugas Hrd yang perlu diketahui dan dapat dijadikan referensi:

1. Membuat Kebijakan Perusahaan

Seorang Hrd memiliki tanggung jawab besar yang dimana karyawan dan perusahaan sangatlah bergantung pada Hrd. Dimana Hrd harus mampu mengumpulkan informasi sehingga nantinya dapat menentukan sebuah masalah yang akan terjadi atau yang sedang terjadi. Seorang Hrd harus mampu tanggap sehingga permasalahan tidak akan membesar dan berpengaruh pada kinerja karyawan pada perusahaan. Selain itu Hrd harus mampu memberikan panduan dalam solusinya sehingga segala kalangan karyawan dapat mengerti.

Selain itu Hrd juga harus mampu mengevaluasi kinerja karyawan, mengatur program latihan hingga mengurus masalah pemutusan kerja karyawan perusahaan. Dimana nantinya seorang manajer setiap bagian akan berkonsultasi dengan Hrd. Sehingga kebijakan dan keputusan harus mampu diberikan oleh seorang Hrd. Hal itu akan membuat masalah ataupun hal yang akan menjadi masalah setiap bagian perusahaan dapat ditangani.

2. Mengelola Pengembangan Sumber Daya Manusia

Dalam perusahaan sumber daya manusianya tentu saja adalah karyawan dan Hrd seperti yang disinggung sebelumnya bertanggung jawab dalam pengembangannya. Dimana Hrd harus mampu merencanakan, melaksanakan serta mengawasi setiap perkembangan dan kualitas dari setiap karyawan. Jika karyawan memang harus menjalankan program pelatihan guna pengembangan kinerja, hal itu harus dilakukan.

Hal ini tidak hanya untuk karyawan lama namun juga karyawan yang baru bergabung dalam perusahaan. Dimana evaluasi untuk setiap program harus dilakukan, sehingga semua kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.

3. Menciptakan Sistem Yang Efektif Dan Efisien

Banyak sekali tugas Hrd jika harus dijabarkan, seperti mampu menciptakan sistem Hrd yang dimana sangat efektif serta efisien. Sehingga hal ini akan membantu dalam pergerakan dan perkembangan perusahaan. Dimana Hrd harus mampu membuat SOP posisi pekerjaan, training, job description serta sistem per divisi perusahaan.

Baca Juga: Tugas Administrasi 

4. Proses Rekrutmen Karyawan Perusahaan

Tugas Hrd berikutnya adalah mampu mengatur serta bertanggung jawab secara menyeluruh dalam proses penerimaan karyawan baru. Dimana Hrd harus mampu memberikan karyawan baru yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sehingga semua tahapannya harus dilakukan oleh Hrd, mulai dari mencari calon untuk karyawan perusahaan. Hingga nantinya seleksi, wawancara hingga didapatkannya karyawan yang baik.

Perlu diketahui, sebelum melakukan rekrutmen karyawan, Hrd harus memiliki rencana serta menentukan kategori karyawan seperti apa yang dicari perusahaan. Dimana harus sesuai dengan program kerja jangka pendek dan juga panjang suatu perusahaan. Pemilihan karyawan yang tidak benar tentu saja sangat berpengaruh dengan kinerja perusahaan, dimana perusahaan akan merugi.

5. Melakukan Orientasi

Jika saat ini sebuah sekolah atau lembaga pendidikan lain dilarang untuk melakukan orientasi hal itu berbeda dengan sebuah perusahaan. Proses orientasi harus dilakukan untuk menyambut dan membuat pengenalan bagi karyawan baru. Sehingga karyawan baru mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan. Dimana saat orientasi ini tujuan, struktur, visi misi perusahaan harus mampu dipahami oleh karyawan baru.

Karyawan baru harus diberikan pengenalan sehingga tugas dan hal mengenai tanggung jawab karyawan baru dapat dimengerti. Sehingga karyawan yang baru pun akan mampu bekerja secara efektif sesuai apa yang diinginkan perusahaan.

6. Melakukan Proses Seleksi, Promosi, Transfering, Demosi Karyawan

Pada sebuah perusahaan tentu saja memiliki karyawan yang berbeda-beda prestasinya, dimana jika menemukan karyawan yang berprestasi cukup baik harus segera ditangani. Dimana tugas Hrd adalah melakukan seleksi untuk menemukan karyawan berprestasi barulah setelah itu melakukan promosi untuk karyawan itu.

Tentu saja  setiap proses harus dilakukan dengan profesional dan adil. Setelah semua selesai, Hrd juga harus membuat laporan rekapitulasi untuk karyawan. Apakah karyawan itu dipromosikan, ditransfer atau didemosi lalu dibuat juga status karyawan tersebut.

7. Melakukan Pembinaan Dan Pelatihan Karyawan

Seorang karyawan harus mampu diberikan bekal sehingga potensinya, mental, keterampilan dan pengetahuannya akan dapat disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Dimana dengan melakukan hal ini seorang Hrd mampu memberikan edukasi dan training pada karyawan sehingga keahliannya meningkat.

8. Menciptakan Dan Memelihara Kondisi Kerja Kondusif

Tugas Hrd berikutnya adalah dapat menciptakan serta memelihara kondisi kerja kondusif karyawan, dimana karyawan akan menyukai lingkungan kantornya. Dimana Hrd harus mampu memberikan motivasi sehingga karyawan akan berkontribusi baik.

Selain itu Hrd juga harus mampu memberikan sistem penyediaan manfaat finansial dan nonfinansial karyawan. Sehingga kesejahteraan akan dapat diciptakan dan karyawan akan bekerja dengan baik karena telah diberikan kepuasan dari perusahaan.

9. Mampu Mengelola Hubungan Karyawan

Perlu diketahui seorang karyawan adalah penentu keberhasilan sebuah perusahaan, sehingga dengan mampu mengelola hubungan baik antar karyawan akan baik. Dimana baik untuk karyawan dan juga baik untuk perusahaan tentunya, sehingga akan mempengaruhi kebiasaan, sikap serta hasil kerja positif karyawan. Tugas Hrd selanjutnya ialah dengan menciptakan kegiatan pengenalan antar karyawan.

Pengenalan ini tentu saja tidak hanya berguna bagi pribadi karyawan namun juga urusan profesionalitas perusahaan. Sehingga dengan hubungan baik antar karyawan akan mampu memberikan hubungan sehat dan seimbang pula  antara karyawan dan perusahaannya. Sehingga kesuksesan perusahaan akan dapat tercipta dengan baik.

10. Mengelola Absensi, Perhitungan Gaji, Bonus Serta Tunjangan

Setelah itu tugas Hrd berikutnya adalah mampu mengelola segala sistem data karyawan dengan baik hal itu termasuk absensi hingga tunjangan karyawan. Sehingga jika ada karyawan yang tidak disiplin dapat diberikan tindakan yang sesuai. Lalu ada juga pembuatan kontrak kerja karyawan hingga memperbarui kontraknya. Semua masuk dalam pekerjaan Hrd suatu perusahaan.

Itulah pengertian dan tugas Hrd suatu perusahaan yang harus diketahui dan dapat dijadikan referensi. Memang tidak semua Hrd memiliki tugas yang sama antar perusahaan namun sedikit banyak seperti itulah pekerjaan Hrd. Dimana cukup banyak pekerjaannya dan semuanya sangat berpengaruh bagi keberlangsungan perusahaan.

Tugas Hrd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *