Tugas Account Officer : Tanggung Jawab yang Harus di Lakukan

3 min read

tugas account officer

Tugas Account Officer – Sering ditemukan pada lowongan kerja dengan posisi yang ditawarkan adalah account officer. Kebanyakan posisi ini, ditawarkan oleh perusahaan keuangan atau perbankan. Sebenarnya seperti apa posisi account officer itu? Di bawah ini akan diuraikan tentang pengertian dan tugas account officer.


Pengertian Account Officer

Tugas Account Officer

Sebelum membahas tentang tugas account officer, lebih baik pahami terlebih dahulu pengertiannya. Account officer ini merupakan sebuah jabatan yang hanya ada di perusahaan yang bergerak di bidang finansial, maupun perbankan. Bisa bank, koperasi, maupun leasing.

Dari sebutannya pun cukup beragam. Ada yang menyebutnya account officer yang biasa disingkat AO. Banyak pula yang menamainya sebagai account executive atau disingkat AE. Walaupun pada dasarnya kedua posisi ini banyak sekali persamaannya, bila ada perbedaan mungkin hanya sedikit sekali.

Jika dilihat dari bahasa “account” berarti akun yang merujuk pada nasabah atau klien dalam dunia keuangan atau perbankan. Sedangkan “Officer” sendiri bisa diartikan sebagai petugas atau seseorang yang mengurusi. Jadi bisa diambil kesimpulan jika account officer adalah seseorang yang bertugas untuk mengurusi hal terkait dengan klien.

Dalam dunia perbankan atau finansial, klien atau nasabah dipandang sangat penting keberadaannya. Oleh karena itu, diperlukan seseorang yang mampu mengelola dengan benar aktivitas klien tersebut. Hal ini lah yang mendasari jika setiap perusahaan perbankan atau finansial, pasti ditemukan jabatan sebagai account officer.

Baca Juga: Tugas Bpupki


Tugas Account Officer

Tugas Account Officer

Banyak orang menganggap account officer mirip dengan marketing. Faktanya hal ini tidak sepenuhnya benar. Buktinya mengapa bank atau perusahaan keuangan lainnya masih mempekerjakan bagian marketing sendiri, padahal sudah ada account officer? Jadi meskipun sedikit mirip sebetulnya keduanya punya beberapa sisi perbedaan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa tugas account officer berikut ini :

1. Melakukan Pengenalan Beberapa Produk

Seorang account officer yang utama adalah bertugas untuk mengenalkan beberapa produk perbankan atau keuangan dimana dirinya bekerja. Lalu dikenalkan kepada siapa? Tentu saja bisa pada klien, nasabah, atau mungkin para konsumen. Pada umumnya, produk yang ditawarkan bukan berbentuk barang.

Kebanyakan produk yang ditawarkan dalam bentuk jasa. Misalnya jasa pinjaman kredit, deposito, dan lain sebagainya. Namun tetap dalam lingkup produk yang berhubungan di dunia perbankan atau finansial. Account officer bisa melakukan pengenalan produk dengan beberapa cara. Bisa di kantor bila memang kebetulan klien datang.

Dapat juga mengenalkan produk melalui pameran-pameran atau tempat-tempat yang ramai. Bahkan beberapa account officer memutuskan untuk turun langsung ke lapangan dengan datang ke tempat klien di perusahaannya.

2. Membina Hubungan Baik Dengan Klien, Nasabah, Maupun Konsumen

Hal semacam ini sering disebut sebagai “follow up”. Follow up ini juga merupakan salah satu tugas account officer yang cukup penting. Membina hubungan baik tidak hanya harus dilakukan oleh klien atau konsumen baru saja. Namun termasuk juga nasabah serta klien yang sudah lama.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah follow up oleh account officer. Bisa dengan menjalin komunikasi melalui telepon, sms, maupun WA. Bahkan akan lebih baik lagi jika mencoba mendatangi langsung klien meskipun hanya sekedar bertukar kabar.

Mengapa follow up begitu penting untuk dilakukan?. Karena membina hubungan baik dengan klien, konsumen, maupun nasabah mulai dari yang baru dan lama, akan membuat mereka merasa diperhatikan. Yang tidak banyak orang tahu, hal seperti ini sedikit banyak bisa menambah nilai plus bagi account officer itu sendiri.

Baca Juga: Tugas Hrd

3. Memberikan Penjelasan Lebih Terperinci Untuk Klien, Nasabah, Serta Konsumen Yang Kurang Mengerti

Tidak semua klien, konsumen, atau nasabah langsung paham produk keuangan atau perbankan yang ingin mereka pilih. Disini lah tugas account officer selanjutnya yaitu membuat mereka lebih mengerti tentang produk pilihannya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Namun, bagaimana jika seandainya klien, konsumen, atau nasabah terlanjur salah paham dengan produk perbankan atau keuangan pilihannya?

Saat kondisi tersebut terjadi, account officer harus mampu mempertanggungjawabkan pekerjaannya di depan sang atasan. Resiko jika sampai terjadi hal ini cukup fatal. Jika account officer terbukti tidak memberikan informasi yang lengkap dan benar pada nasabah, dirinya bisa saja di PHK.

4. Melakukan Koordinasi Dengan Pihak Marketing Terkait Penyusunan Perencanaan Pemasaran

Jika diperlukan account officer juga perlu melakukan koordinasi dengan bagian marketing. Hal ini semata-mata demi mempermudah pekerjaannya, misalnya membuat perencanaan pemasaran. Namun, yang perlu diingat adalah harus tetap memikirkan efektivitas serta efisiensi kerja. Sebetulnya 2 hal ini mutlak diperlukan untuk pekerjaan bidang apapun.

Account officer akan lebih mudah mencapai efektivitas serta efisiensi kerja jika lebih dulu melakukan koordinasi dengan bagian marketing.

5. Memberikan Solusi Atau Jalan Keluar Untuk Klien, Nasabah, Konsumen Yang Bermasalah

Kemungkinan akan ada situasi dimana klien, nasabah, atau konsumen mengalami kesulitan. Bisa karena proses pengajuan, pembayaran, maupun pelunasan. Tugas account officer disini adalah memberikan solusi untuk beberapa permasalahan tersebut.

Namun, account officer harus memberikan solusi yang lebih memihak pada perusahaan. Disisi lain, baik klien, nasabah, maupun konsumen diupayakan jangan sampai merasa dirugikan. Hal inilah letak tingkat kesulitannya. Untuk itu seorang account officer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Misalnya pandai mengolah kata persuasif sehingga konsumen lebih tertarik.

6. Membuat Semacam Analisa Kelayakan Klien, Nasabah, Serta Konsumen

Tugas account officer selanjutnya adalah melakukan semacam analisa kelayakan yang ditujukan untuk nasabah, klien, maupun konsumen. Analisa ini dilakukan supaya konsumen tidak sampai berpeluang untuk menjadi problem account yang nanti bisa merugikan perusahaan. Problem account adalah konsumen yang ternyata bermasalah dalam hal pembayaran di masa depan.

Analisa seperti ini harus dilakukan sebaik-baiknya oleh seorang account officer. Karena bisa saja mengancam posisinya di perusahaan tersebut. Hal ini mungkin saja terjadi bila ada konsumen yang berhasil dia rekrut malah benar-benar menjadi problem account dimasa depan. Kemungkinan paling buruk adalah pemutusan hubungan kerja.

7. Membuat Laporan Kerja

Selain itu, seorang account officer juga memiliki tugas untuk membuat laporan kerja. Laporan kerja ini berisi tentang laporan analisis dari setiap konsumen yang sedang diurus atau dia handle. Pada umumnya, seorang account officer dalam sebuah perusahaan finansial atau perbankan punya wilayah kerja masing-masing.

Jadi misalnya dalam sebuah kota yang kebetulan dibagi menjadi 5 region. Maka mestinya terdapat 5 account officer yang masing-masing menangani permasalahan di setiap regionnya sendiri.

8. Mengelola Account Nasabah

Account officer punya tugas lain selain mencari nasabah dan memastikan mereka tidak berpotensi menjadi problem account di masa depan. Salah satunya adalah melakukan pengelolaan terhadap nasabah yang telah mereka rekrut. Jadi nasabah tidak serta merta ditinggal begitu saja. Nasabah akan dibina dalam mengelola keuangannya. Sehingga bisa lebih efisien dan optimal.

9. Melakukan Pengelolaan Produk Dan Kredit

Account officer juga bertugas untuk mengelola produk perbankan maupun keuangan perusahaan. Seperti mampu menawarkan dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Selain itu, account officer juga harus bisa melakukan monitoring nasabahnya dengan benar. Hal ini cukup penting untuk dilakukan. Supaya pembiayaan yang diberikan pada nasabah tetap berjalan lancar dan sesuai sebagaimana mestinya.

Itulah uraian singkat tentang pengertian dan tugas account officer. Bagi yang masih penasaran atau semisal ingin melamar kerja di posisi tersebut, informasi ini bisa menjadi referensi. Jadi tidak perlu bingung lagi dengan istilah account officer di dunia perbankan atau keuangan.

Tugas Account Officer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *