Teknik Dasar Softball : Peraturan dan Hal Lain yang Perlu Pemain Pahami

teknik dasar softball

Teknik Dasar Softball – Softball merupakan permainan lempar pukul bola dengan lapangan sebagai medan mainnya. Olahraga ini pertama kali dikemukakan oleh George Hancock pada tahun 1887. Softball sendiri merupakan hasil penggabungan dari hardball dan bisboll sehingga mulai dari pemain hingga teknik dasar softball tidak jauh beda dari 2 olahraga tersebut.

Softball terdiri dari penangkap bola (pitcher), pemukul bola, terbagi menjadi 2 tim yakni tim ofensif (memukul) dan tim defensif (berjaga). Total pemain di dalam setiap tim regu permainan olahrga softball adalah 9 orang.


Tipe-Tipe Softball

Teknik Dasar Softball

Softball memiliki 3 tipe yang dapat menjadi pilihan para pemain untuk memainkan permainan olahraga Softball ini, diantaranya adalah :

1. Slow Pitch Softball

Tipe ini sangat dibutuhkan bagi para pemukul bola karena lumayan mudah. Pelempar akan terus melempar bola secara melambung hingga pemukul dapat memukul bola. Permainan ini biasanya dimainkan oleh semua kalangan, tanpa ada pembatas usia dan gender.

2. Modified Pitch Softball

Atau biasa disebut juga Modball. Permainan ini bertujuan untuk melunakkan beberapa peraturan dari fast pitch yang terlalu keras kepada pemain biasa. Hal ini agar para pemain tidak terkejut nantinya saat bermain karena peraturan softball fast pitch cenderung ketat seperti strike zone dll.

3. Fast Pitch Softball

Pelempar bola memiliki wewenang sebagai penentu permainan. Bola dilepaskan di bawah atau sama dari posisi glove pelempar. Teknik pelemparannya pun sangatlah cepat dan peraturannya juga ketat.

Baca Juga: teknik dasar badminton


Peralatan Dalam Olahraga Softball

Teknik Dasar Softball

Para penyelenggara permainan Softball membutuhkan 1-2 bola softball berwarna kuning dengan grip merah, sarung tangan (gloves) untuk para pemain, tongkat pemukul (bat), mitt (sarung tangan tanpa jari), helm untuk pemukul bola, protective gear untuk penangkap bola, sepatu pool (cleats), dan uniform (seragam).


Wasit Softball

Teknik Dasar Softball

Wasit softball memiliki sebutan lain yaitu ‘blue’, hal ini dikarenakan para wasit menggunakan pakaian biru dalam permainan. Terdiri dari 1-7 umpire (wasit)/hakim. Biasanya, penonton dapat menjumpai 3 wasit marka yang berjaga di lapangan dan satu plate umpire, sedangkan lainnya berada di daerah luar untuk memantau.

Baca Juga: teknik dasar senam lantai 


Teknik Dasar Softball

Teknik Dasar Softball

Ada 5 teknik dasar Softball yang harus diperhatikan seluruh pemain, diantaranya :

1. Teknik Memegang Bola

Teknik dasar softball yang pertama ini memiliki 3 jenis lainnya yang dapat menjadi pilihan para pelempar saat bertanding.

a. Memegang Dengan 2 Jari

Teknik ini lumayan digemari oleh banyak orang. Dengan cara menaruh jari telunjuk dan jari tengah diatas bola, selanjutnya menempatkan jari manis, jari kelingking, dan ibu jari di bawah bola sebagai penyangga.

b. Memegang Dengan 3 Jari

Dengan cara menempatkan 3 jari yakni jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis diatas bola lalu kemudian menempatkan jari kelingking dan ibu jari dibawah bola sebagai penyangga.

c. Memegang Dengan 4 Jari

Teknik ini banyak di gemari oleh para pemain yang masih baru saat memelajari permainan ini. Caranya sangat mudah karena Teknik ini serupa dengan menggenggam bola softball.

2. Teknik Memegang Tongkat

(gambar disini)

Ada 3 cara memegang tongkat bola dengan baik dan benar. Pegangan bawah adalah pengangan dua tangan dibawah garis pada tongkat pemukul. Pegangan tengah adalah pegangan dua tangan dengan jarak 5 cm dari bawah tongkat, pegangan atas adalah pegangan dua tangan dengan jarak 10 cm dari bawah tongkat.

3. Teknik Memukul Bola

Teknik dasar softball yang satu ini sangat penting bagi para pemukul bola agar dapat menghasilkan lambungan bola yang tinggi. Terdapat 2 jenis Teknik dalam memukul bola Softball yaitu :

a. Pukulan Tumbuk (Bunt)

Dalam teknik ini pemain tidak perlu mengayungkan tongkatnya. Teknik yang diperlukan cukup simple yakni pemain hanya perlu menahan arah dating bola hingga bola terjatuh di dekat pemukul.

b. Pukulan Swing

Dalam teknik ini diperlukan sikap awal yang benar bagi para pemukul. Ketika hendak memukul bola, letakkan tongkat diatas bahu kemudian ayunkan tongkat ketika bola datang. Saat ini terjadi, jangan lupa untuk menekuk kaki kanan sedikit sambil meluruskan kedua tangan.

4. Teknik Menangkap Bola

Ada 3 jenis dalam teknik dasar softball berikut ini diantaranya:

a. Bola Menggelinding (Ground Ball)

Pada teknik dasar Softball ini penangkap bola (pitcher) menggunakan sarung tangannya. Selanjutnya memposisikan tangan yang sudah mengenakan gloves di arah datangnya bola. Lalu tangan lainnya digunakan untuk berancang-ancang melempar bola.

b. Bola Melambung

Dalam teknik ini penangkap wajib untuk memposisikan badannya tepat dengan bola yang akan jatuh. Pitcher dapat menggunakan baik satu tangan saja maupun kedua tangan untuk menangkap bola Softball.

c. Bola Datar (Straight Ball)

Penangkap bola harus melebarkan kedua kakinya dan menempatkan kedua tangannya di depan dada jika ingin menggunakan teknik ini. Tangan kiri menggunakan gloves dan tangan kanan bersiap-siap untuk melempar bola.

5. Teknik Melempar Bola

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai teknik memegang bola, memegang tongkat, melempar bola, hingga menangkap bola. Sekarang waktunya untuk mengenal dan memahami tentang teknik melempar bola. Teknik ini memiliki 3 macam, diantaranya :

a. Underhand Throw (Lemparan Bawah)

Teknik dasar Softball yang satu ini digunakan saat dalam keadaan darurat dan memerlukan proses yang cepat. Pelempar harus menekuk kedua kakikya dan membungkukkan badannya. Selanjutnya bola dilempar menuju depan melewati samping tubuh.

b. Sidehand Throw (Lemparan Samping)

Pada teknik ini pelempar harus mensejajarkan lengan bawahnya dengan bahunya agar memperoleh lemparan yang bagus dan benar. Bola kemudian dilempar menuju depan melalui samping bersama dengan gerak tubuh.

c. Overhand Throw (Lemparan Atas)

Pelempar melemparkan bola Softball ke arah depan. Kemudian gerakan tangan dan juga tubuh yang lalu diikuti dengan pemindahan berat badan yang semula berada di belakang kaki menjadi di ditumpukan ke kaki depan.


Fungsi Mempelajari Softball

Teknik Dasar Softball

Setiap olahraga pasti memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Sama halnya dengan Softball, permainan ini juga memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan para pemain, diantaranya sebagai berikut :

1. Membakar Kalori Tubuh

Ketika pemukul bola berhasil memukul bola yang dilempar oleh pelempar, maka pemukul harus berlari menuju base-base untuk menyelamatkan diri dan menambah poin. Dalam kegiatan berlari ini, pemain dapat sekaligus membakar kalori jahat di tubuh mereka.

2. Mengecilkan Paha Dan Betis

Saat berlari, ada manfaat lain yang didapat yakni dapat mengecilkan paha dan betis karena berlari bisa mengecilkan paha dan betis menjadi lebih kecil, dan juga mampu membentuk otot kaki apabila pemain berlari dengan teknik yang benar.

3. Menjadi Lebih Fokus Dan Gesit

Dalam permainan softball, setiap tim dituntut untuk selalu fokus, karena ketika pemukul berhasil mencetak skor dan melambungkan bolanya, para pemain di tim berjaga harus secara gesit dan fokus untuk menangkap dan melempar bola ke home.

 Itulah beberapa hal seputar Softball mulai dari pengertian, sejarah singkat, tipe Softball, peralatan yang diperlukan selama Softball, wasit, teknik dasar softball, hingga manfaat yang didapat setelah bermain softball. Kini, banyak sekolah yang menjadikan Softball sebagai salah satu mata pelajaran olahraga sehingga banyak yang meminatinya.

Teknik Dasar Softball 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *