Teknik Dasar Sepak Takraw yang Harus Pelajari dan Cara Melakukannya

teknik dasar sepak takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw – Olahraga Sepak Takraw bukanlah olahraga yang asing di Indonesia. Olahraga ini dikenal sejak jaman dahulu yang dibawakan oleh Bangsa Malaysia dan Singapura untuk pertama kalinya.

Sepak takraw salah satu olahraga yang digemari masyarakat Indonesia. Untuk lebih mengetahui tentang olahraga sepak takraw berikut adalah ulasannya pengertian sepak takraw, sejarah sepak takraw dan teknik dasar sepak takraw.


Pengertian Olahraga Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw merupakan salah satu dari jenis olahraga yang menggabungkan teknik dua jenis olahraga yaitu sepak bola dan bola voli. Olahraga ini dimainkan tiga orang pemain setiap satu regunya. Sepak takraw termasuk olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar lapangan. Olahraga ini mempunyai aturan, dimana pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan dan gerakannya fokus di bagian kaki.

Baca Juga: teknik dasar tolak peluru


Sejarah Olahraga Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw

Sepak Takraw adalah olahraga yang berasal dari jaman kesultanan Melayu pada tahun 634-713 M. Sepak raga adalah sebutan untuk olahraga sepak takraw dari bangsa Melayu pada zaman dulu. Perubahan nama sepak raga menjadi sepak takraw menjadi lebih cocok. Karena arti dari nama sepak takraw  yaitu menendang bola anyam yang penggabungan dari bahasa Melayu dan Thailand. Olahraga ini sudah lama dilakukan tepatnya pada abad ke-15. Saat itu masih bernama sepak raga.

Olahraga sepak takraw mulai dikenal ke wilayah Indonesia pada tahun 1970an. Pada saat itu olahraga sepak takraw dibawakan dan diperkenalkan oleh dua bangsa Melayu yaitu Malaysia dan Singapura yang sedang berkunjung ke Indonesia. Namun, saat itu olahraga sepak takraw hanya sebagai permainan tradisional saja. Untuk perkembangannya di Indonesia, olahraga ini paling cepat berkembang di Sumatra dan Sulawesi.

Mulailah pada tahun 1971 induk olahraga sepak takraw diresmikan di Indonesia. PERSERASI adalah organisasi yang menjadi induk olahraga sepak takraw di Indonesia. Setelah tahun 1980 Indonesia pertama kalinya mengadakan kejuaran nasional.

Baca Juga: teknik dasar jalan cepat


Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik dasar Sepak Takraw sebagai teknik permulaan yang nantinya digunakan pemain agar bisa mendapatkan kemampuan yang optimal saat melakukan permainan Sepak Takraw. Dalam permainan Sepak Takraw dibutuhkan kemampuan seluruh tubuh terutama pada bagian kaki. Ada 6 teknik dasar Sepak Takraw yang perlu dipahami dan dilakukan, yaitu :

1. Teknik Servis

Teknik servis adalah suatu teknik dasar Sepak Takraw yang dilakukan diawal pertandingan. Servis dilakukan oleh pemain yang berada ditengah yang disebut Tekong. Jika dalam servis pemain tersebut melakukannya dengan baik maka tiap regunya akan mendapatkan poin. Teknik servis dalam Sepak Takraw terdapat 2 macam servis yaitu servis atas dan servis bawah.

Servis atas untuk servis atas dengan cara melambungkan bola di atas kepala, selanjutnya bola tersebut disundulkan dengan keras sehingga dapat mengarah tepat ke arah lawan. Teknik servis atas ini harus memerlukan kemampuan yang baik, karena teknik servis ini menggunakan kekuatan kepala depan dan gerakan leher.

Servis bawah untuk servis bawah dengan cara menyepak bola menggunakan satu kaki yaitu kaki kanan ke arah lawan. Servis bawah ini diperlukan keseimbangan yang baik dibagian kaki. Dengan tangan kiri memegang bola Takraw sedangkan tangan kanan diletakkan lurus kedepan. Kemudian bola dilambungkan kira-kira 50 cm dari jarak kaki kanan dan samping telapak kaki kanan menyepak bola dengan posisi kaki kanan ditekuk serong depan.

2. Teknik Smash

Teknik smash adalah suatu teknik dasar yang digunakan untuk menggapai bola yang jauh dan menahan serangan smash dari lawan. Gerakan teknik ini sangat penting dalam permainan Sepak Takraw, karena terdapat banyak skor yang akan diperoleh dari teknik tersebut. Teknik smash ini diperlukan kekuatan di pergelangan kaki dan dibutuhkan ketangkasan dalam menerima bola dari lawan. Ada cara untuk melakukan teknik smash ini yang perlu diketahui dengan cara berikut ini :

  • Sikap berdiri dengan satu kaki dan posisi kaki satunya lurus kedepan. Lalu menggerakkan bagian samping telapak kaki dengan tepat di dekat bola. Dan pastikan tubuh harus selalu seimbang agar tepat dalam melakukan Sepakan.
  • Jika posisi kaki sudah siap lakukan gerakan dorongan dengan keras pada pergelangan kaki karena sebagai kekuatan utama untuk bisa menjangkau bola dari lawan.
  • Pastikan pandangan pemain harus selalu fokus pada bola dan arahkan sasaran bola tepat pada lawan.

3. Teknik Menyundul Bola

Teknik menyundul bola takraw merupakan teknik dasar dengan cara menyundulkan bola takraw menggunakan kepala bagian depan. Biasanya teknik ini dilakukan untuk memberikan umpan balik kepada teman satu tim dan juga dapat dilakukan untuk menyerang bola ke arah lawan. Adapun teknik menyundul bola dilakukan dengan :

  • Sikap berdiri dan mengambil posisi kuda-kuda.
  • Selanjutnya tubuh dicondongkan keposisi belakang, lalu letakkan kedua tangan disamping badan dan kedua tangan dibengkokkan dengan posisi tangan membentuk siku-siku.
  • Pandangan mata fokus ke arah bola dan sasaran yang akan dituju.
  • Pastikan menggunakan kepala bagian depan saat menyundulkan bola
  • Lalu badan digerakkan ke arah depan dan juga gerakkan leher untuk menambah kekuatan mendorong bola.

4. Teknik Sepak Silang

Teknik sepak silang suatu teknik dasar Sepak Takraw dengan menendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam. Dilakukannya teknik ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada teman satu tim dan dapat bertujuan untuk menahan bola dari serangan bola lawan. Ada beberapa cara dalam melakukan teknik sepak sila ini sebagai berikut :

  • Posisi sikap berdiri dengan menggunakan satu kaki, dan mengangkat kaki yang satunya setinggi lutut lalu dibengkokkan.
  • Gerakkan kaki dari bawah ke atas saat menendang bola. Dan untuk mengarahkan bola dengan kecepatan yang dapat diatur sesuai dengan keinginan.
  • Pastikan pandangan mata selalu fokus ke bola, kemudian arahkan sasaran yang diinginkan dengan tepat.

5. Teknik Sepak Kuda (Salto)

Teknik salto merupakan teknik dasar sepak takraw dengan gerakan menggunakan punggung kaki dan dilakukan saat mengontrol bola yang berada di posisi rendah. Biasanya teknik tersebut digunakan untuk melakukan serangan bola lawan dengan cara salto. Adapun cara untuk melakukan teknik ini adalah sebagai berikut ini :

  • Sikap berdiri dengan menggunakan satu kaki dengan posisi ditekuk.
  • Lakukanlah tendangan yang berada didepan pinggang dengan posisi lurus.
  • Melakukan tendang bola takraw dengan menggunakan punggung kaki yang kemudian dilanjutkan dengan mendorong bola kearah lawan dan kaki harus dengan posisi tetap lurus.
  • Gerakan teknik ini menggunakan lompatan salto. Namun jika tidak mampu maka akan sulit mendapatkan tendangan yang keras dan terarah sehingga teknik ini tidak terlakukan dengan optimal.

6. Teknik Menahan Bola

Teknik menahan bola merupakan teknik dasar sepak takraw untuk menahan bola dari serangan lawan. Untuk teknik ini terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yaitu menahan bola menggunakan dada dan menahan bola menggunakan paha.

Diatas adalah beberapa ulasan yang dapat memberikan informasi tentang olahraga sepak takraw. Dengan informasi tersebut dapat memberikan ilmu dan pengetahuan tentang sepak takraw. Dan diharapkan teknik dasar sepak takraw diatas dilakukan secara benar saat melakukan olahraga sepak takraw.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *