Teknik Dasar Renang : Peraturan dan Gaya yang Harus Kamu Ketahui

teknik dasar renang

Teknik Dasar Renang – Renang adalah sebuah gerakan yang dilakukan di dalam air dengan menggunakan beberapa teknik dasar. Olahraga renang ini merupakan salah satu jenis olahraga air yang sering diperlombakan pada tingkat daerah maupun tingkat nasional, bahkan sampai tingkat internasional.

Sehingga olahraga renang ini, sangat populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Bagi yang ingin mencoba olahraga ini tentunya harus tau teknik dasar renang terlebih dahulu.


Pengertian Renang

Teknik Dasar Renang

Ada yang menyebutkan bahwa renang merupakan olahraga air yang sangat menyenangkan. Olahraga renang ini selain sangat menyenangkan ternyata juga dapat bermanfaat bermanfaat bagi kekuatan otot tubuh jika dilakukan dengan menggunakan teknik dasar renang yang benar.

Renang merupakan salah satu olahraga yang sangat populer dan merupakan cabang olahraga aquatic. Olahraga renang ini merupakan upaya untuk menggerakkan, mengapungkan ataupun mengangkat semua bagian tubuh. Renang  ini bertujuan untuk mengangkat seluruh tubuh ke atas permukaan air, dan umumnya olahraga ini tidak menggunakan alat perlengkapan bantuan. Olahraga ini hanya menggunakan anggota tubuh, terutama pada bagian tangan dan juga kaki untuk dapat bergerak di dalam air.

Baca Juga: teknik dasar bola voli


Jenis-Jenis Renang

Teknik Dasar Renang

Ternyata olahraga renang ini memiliki beberapa jenis yang umum digunakan oleh para perenang, yaitu renang gaya punggung, gaya dada, gaya bebas dan juga gaya kupu-kupu. Dan jika akan berenang menggunakan gaya bebas, maka perenang bisa berenang menggunakan jenis atau gaya apa saja. Namun gaya punggung, gaya dada dan juga gaya kupu-kupu tidak termasuk gaya bebas. Dibawah ini jenis-jenis renang:

1. Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas merupakan gerakan berenang yang dilakukan dengan cara memasukkan seluruh tubuh ke dalam permukaan air. Di mana pada gerakan ini tangan dan juga kaki melakukan tarikan dan juga melakukan tendangan pada air. Pada renang gaya bebas ini, posisi tubuh harus berada pada posisi yang datar di atas air dengan posisi bahu yang agak kebelakang.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan renang gaya bebas adalah mempertahankan wajah dan pandangan mata yang selalu terfokus ke depan.

2. Renang Gaya Dada

Renang gaya dada ini sering disebut dan populer dengan nama renang gaya Katak, dimana gerakannya memang sangat mirip dengan katak yang sedang berenang di permukaan air. Gaya dada ini merupakan gaya renang dengan bentuk posisi tubuh seperti sedang merangkak di dalam permukaan air. Dan juga sambil dikombinasikan dengan pergerakan dari kaki dan juga tangan dengan kepala yang bergerak ke atas dan ke bawah.

3. Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu merupakan gaya renang yang hampir sama dengan gerakan renang gaya dada. Dimana gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan cara mengayuh kedua tangan secara bersamaan sampai bergerak ke depan. Gerakan ini hampir sama dengan gerakan sayap kupu-kupu pada saat terbang. Perlu diketahui bahwa ternyata renang dengan gaya ini memerlukan tenaga yang sangat besar, sehingga gaya ini merupakan jenis renang yang paling sulit dipelajari.

4. Renang Gaya Punggung

Jenis renang yang terakhir adalah renang gaya punggung, renang gaya punggung ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap ke air ataupun dengan posisi tubuh yang melentang. Pada renang gaya punggung ini, wajah atau muka perenang harus berada di posisi atas permukaan air. Hal ini berfungsi agar mempermudah perenang dalam mengambil nafas dan membuka mata.

Namun dalam melakukan gaya punggung ini, rata-rata para perenang akan kesulitan untuk menentukan arah gerak perenang, karena matanya yang terarah dan menghadap ke atas. Akan tetapi, dengan melakukan gaya punggung ini, akan berfungsi membuat kaki bergerak secara efektif. Dengan bergerak secara lebih aktif untuk bergerak ke atas, dengan pergelangan kaki yang tetap harus diusahakan dengan keadaan lemas.

Baca Juga: teknik dasar lempar lembing 


Teknik Dasar Renang Yang Harus Dikuasai

Teknik Dasar Renang

Teknik dasar merupakan suatu hal atau cara yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan olahraga. Tak terkecuali sebelum melakukan olahraga renang tentu harus mempelajari dulu teknik dasarnya. Teknik dasar renang ini merupakan teknik yang akan berguna untuk mempermudah dan membantu para perenang berlatih jenis-jenis renang. Dibawah ini 3 teknik yang harus dikuasai para perenang:

1. Pernafasan

Pernafasan ini merupakan hal yang sangat utama dan sangat penting ketika akan berenang. Karena jika perenang berhasil berhasil mengatur nafas dengan baik ketika sedang berenang, dengan begitu perenang berhasil melewati salah satu faktor dalam berenang. Untuk dapat menemukan irama pernafasan sendiri, maka ulangi latihan dibawah ini sebanyak 15 kali.

Jika akan berlatih dengan menggunakan Teknik dasar pernafasan ini, lakukanlah dengan cara berdiri tegak pada pinggir kolam renang. Dengan posisikan wajah yang tetap dalam permukaan air, kemudian buatlah gerakan dengan menarik nafas melalui mulut dan tahan beberapa saat. Lalu kemudian masukanlah kepala ke dalam permukaan air, dan untuk mengeluarkan nafas keluarkanlah melalui hidung.

2. Meluncur

Meluncur merupakan gerakan tubuh yang bergerak secara horinzontal didalam dasar atau bawah permukaan air. Untuk berlatih teknik dasar renang yang satu ini adalah dengan hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke dalam kolam renang. Kolam renang yang digunakan untuk berlatih Teknik meluncur adalah kolam yang tidak dalam atau dangkal, dengan posisi yang membelakangi dinding kolam.

Lalu tempelkan salah satu telapak kaki pada dinding kolam yang ada dibelakang, dan jari jari kaki yang mengahadap ke arah bawah. Hal ini digunakan sebagai perantara tolakan untuk meluncur. Kemudian doronglah tubuh dengan menggunakan gerakan tolakan kaki tadi dan meluncurlah sejauh mungkin, dengan posisi kedua tangan yang berada didepan dan harus sejajar.

Untuk melakukan gerakan ini secara sempurna, maka disarankan untuk mengusahakan agar kepala masuk alam permukaan air dengan telinga yang sejajar dengan lengan dan juga tangan. Untuk dapat menemukan keseimbangan tubuh yang benar, maka lakukanlah gerakan ini sebanyak 25 kali.

3. Mengambang Atau Mengapung

Mengambang atau sering disebut juga mengapung merupakan gerakan tubuh yang melayang-layang dibawah permukaan air. Sedangkan untuk kepala tetap di atas permukaan air dengan menggunakan dorongan tangan kaki yang berguna sebagai penyeimbang. Dibawah ini 2 teknik dasar mengambang atau mengapung, yaitu:

Mengambang Terlentang

Untuk melakukan gerakan mengambang terlentang ini, lakukanlah dengan cara menarik tubuh ke belakang sampai dengan kedua telinga terendam oleh air. Lalu kemudian kedua tangan diregangkan sampai membentuk siku-siku. Sedangkan untuk pergelangan tangan tetap lurus dan juga tetap rileks, dengan telapak tangan yang ditekan ke bawah secara bersamaan ataupun secara bergantian.

Hal di atas berfungsi agar tubuh tetap mengambang atau melayang di atas permukaan air. Dan juga gerakkan kedua kaki hingga menyerupai huruf.


Mengambang Tegak Lurus Vertikal

Teknik Dasar Renang

Gerakan mengambang tegak lurus vertical ini merupakan teknik dasar renang yang paling sering digunakan oleh semua orang, karena memang Teknik ini sangat mudah dilakukan. Gerakan ini dilakukan dengan posisi tubuh yang tegak dibawah permukaan air dengan posisi badan menyelam sampai dagu.

Itulah pengertian, jenis-jenis dan juga Teknik dasar renang yang harus dikuasai. Olahraga yang satu ini bertujuan untuk dapat mengangkat badan ke permukaan air dan melatih keseimbangan serta keberanian.

Teknik Dasar Renang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *