Teknik Dasar Lompat Tinggi – Dalam olahraga cabang atletik, nama lompat tinggi pastilah tidak asing untuk didengar. Untuk dapat melakukan olahraga yang satu ini, tentunya perlu untuk mengetahui teknik dasar lompat tinggi terlebih dahulu. Selain untuk menghindari cidera, teknik dasar penting untuk dipelajari bagi pemula yang tertarik untuk menekuni olahraga ini.

Lompat tinggi juga menjadi salah satu olahraga cabang atletik yang mendunia. Tak heran olahraga ini banyak diminati oleh para atlet Indonesia. Berikut simak penjelasan lengkap mengenai olahraga lompat tinggi


Pengertian Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Seperti yang telah dipaparkan di atas, lompat tinggi berasal dari olahraga cabang atletik. Dimana pada proses melakukan lompat tinggi, para atlet dituntut untuk bisa melompat dengan setinggi-tingginya. Rintangan yang menjadi tolok ukurnya adalah sebuah mistar. Selain itu para atlet diperkenankan untuk menggunakan beberapa gaya.

Biasanya gaya yang umum untuk digunakan adalah gaya gunting, straddle, flop, atau guling sisi. Kendati demikian, atlet diperbolehkan untuk mengaplikasikan gaya baru, selama itu sesuai dengan aturan internasional yang berlaku. Kesamaan dari semua gaya tersebut adalah menyebabkan para atlet untuk melompat melalui sisi sebelah kiri atau kanan.

Semua itu diterapkan agar kaki para atlet bisa lolos dari mistar. Seperti yang dikatakan oleh Giri Wiarto, lompat tinggi dilakukan dengan mengangkat kaki depan ke atas. Itu dilakukan agar titik berat bisa terangkat setinggi dan juga secepat mungkin.

Melakukan lompat tinggi juga bersumber dari kuatnya otot perut dan kaki. Tidak jarang para atlet lompat tinggi menghabiskan waktunya untuk berlatih kedua otot tersebut. Selain itu, atlet juga harus mengetahui teknik dasar lompat tinggi. Tidak bisa dipandang sebelah mata, mengetahui teknik dasar merupakan awal dari kesuksesan untuk melompat lebih tinggi.

Baca Juga: teknik dasar bulu tangkis


Gaya-gaya Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Ada beberapa gaya umum yang kerap kali dipilih oleh para atlet lompat tinggi. Adapun gaya gunting, straddle, flop, juga guling sisi. Biasanya gaya yang paling populer da di kalangan para atlet adalah gaya gunting. Muncul pada olimpiade Skotlandia untuk pertama kali, gaya gunting dilakukan dengan posisi kaki melompat dan mengayun.

Posisi kaki yang demikian, akan membentuk seperti gunting pada saat melewati tiang mistar. Gaya guling sendiri selalu diawali dengan lompatan berdasarkan tolakan kaki yang paling kuat dan stabil. Setelah itu akan disusul dengan ayunan kaki yang satunya, pada saat tubuh atlet mendekati tiang mistar.

Michael Sweeney kemudian membenahi dan menyempurnakan teknik awalan dari gaya gunting ini. Pada gaya gunting umumnya, lompatan dilakukan dengan gaya jongkok dengan letak badan di depan mistar. Sweeney membenahinya menjadi sikap awal badan ada di samping mistar, hingga ketika melakukan gaya miring, tubuh otomatis akan sejajar dengan mistar.

Sedangkan pada gaya guling sisi atau yang biasa disebut dengan western roll, atlet yang melakukan lompatan akan melompat dari sisi samping mistar. Dilanjutkan dengan atlet harus memposisikan tubuhnya hingga melayang terlentang dan memutar hingga bisa melintasi mistar.

Gaya guling sempat tidak diperbolehkan selama beberapa tahun dikarenakan posisi kepala atlet lebih rendah dari pinggul. Kendati demikian, peraturan tersebut sudah dicabut dan kini gaya guling diperbolehkan kembali.

Di lain sisi, terdapat juga lompat tinggi dengan gaya straddle. Banyak yang menganggap bahwa gaya straddle adalah penyempurnaan sikap dari gaya guling sisi. Pada straddle, posisi kepala atlet sudah dibenahi dan tidak berada lebih rendah dari pinggul.

Selanjutnya terdapat gaya flop yang diperkenalkan pertama kali oleh Dick Ricarod Fosbury. Semenjak itu nama lain dari gaya flop adalah flosbury flop. Keunikan dari gaya ini bisa ditinjau dari lompatannya. Pada saat melakukan lompatan, tubuh atlet akan membelakangi tiang mistar disusul dengan mengedepankan punggungnya.


Teknik Dasar Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Teknik dasar lompat tinggi adalah teknik yang wajib diperkenalkan dan dikuasai oleh para atlet. Tanpa mengetahui teknik dasar yang baik dan benar, maka atlet tidak akan mendapatkan posisi tubuh yang sempurna. Berikut adalah beberapa jenis dari teknik dasar olahraga lompat tinggi :

1. Teknik Dasar Awalan

Umumnya, ketika melakukan lompat tinggi, tidak adanya aturan untuk melakukan sebuah awalan. Kendati demikian, sering kali para atlet yang sedang bertanding melakukan awalan dengan berlari. Teknik lari yang sering digunakan adalah lari dengan berkecepatan rendah lalu berubah pada kecepatan tertentu. Semua itu tergantung pada strategi masing-masing atlet.

2. Teknik Dasar Tolakan

Teknik dasar lompat tinggi selanjutnya adalah tolakan. Biasanya, untuk melakukan teknik tolakan, atlet akan menggunakan kaki yang paling kuat. Tujuannya supaya seluruh bagian tubuh atlet terangkat hingga melampaui tiang mistar. Menggunakan kaki yang terkuat juga berfungsi untuk mendapatkan posisi mengayun yang baik dengan kaki yang satunya.

3. Teknik Dasar Melayang

Melayang adalah salah satu teknik dasar lompat tinggi di mana kedudukan tubuh terangkat untuk melampaui tiang mistar. Umumnya pada tahap ini, para atlet bisa menggunakan teknik tertentu sesuai dengan gaya yang dipilihnya.

4. Teknik Mendarat

Teknik mendarat merupakan keadaan di mana tubuh atlet berhasil melampaui tiang mistar dan kemudian terhempas jatuh pada matras yang ada. Pada teknik mendarat, ada 2 jenis pendaratan yang biasanya dilakukan. Adapun teknik mendarat dengan kedua kaki dan mendarat menggunakan tubuh sendiri.


Peraturan Pada Olahraga Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Selain teknik dasar lompat tinggi, yang harus dipahami oleh para atlet adalah bagaimana peraturan pada olahraga ini. Dalam melakukan lompat tinggi, terutama pada saat pertandingan, para atlet akan bertanding untuk bisa melampaui tiang mistar. Tentu saja tiang mistar pada pertandingan sudah mempunyai ketinggian yang ditentukan.

Selanjutnya para atlet yang bertanding hanya diberikan tiga kesempatan untuk berhasil melompati atau melampaui tiang mistar. Kesempatan berlaku untuk ketinggian yang sama. Apabila sang atlet gagal, maka otomatis akan dieliminasi dari pertandingan tersebut.

Selain itu adapula aturan yang mengharuskan atlet untuk menggunakan satu kaki saja pada teknik tolakan. Para atlet juga tidak diperbolehkan untuk menjatuhkan tiang mistar ketika melakukan lompatan.

Peraturan lompat tinggi juga mengatur tentang jenis pakaian dan sepatu para atlet. Seluruh seragam dan sol sepatu harus sesuai dengan kaidah dan standart yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh para panitia pelaksana.

Baca Juga: teknik dasar bola basket


Sarana dan Prasarana Dalam Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Dalam olahraga cabang atletik, terutama lompat tinggi, tidak terdapat alat bantu untuk melakukan lompatan. Kendati demikian, hal yang paling penting dalam lompat tinggi adalah disediakannya safety atau fasilitas keamanan yang memadai. Tidak hanya itu alat-alat keamanan bagi para atlet juga harus sesuai dengan standart yang berlaku.

Salah satu fasilitas safety yang wajib disediakan oleh penyelenggara pertandingan adalah matras. Guna matras sangatlah penting mengingat itu adalah tempat pendaratan para atlet ketika melompat. Posisi matras harus diletakkan tepat setelah tiang mistar.

Pada awalnya, olahraga lompat tinggi dilaksanakan pada tanah yang berisikan rumput dan tanpa beralaskan apapun. Ini menyebabkan adanya banyak korban. Para atlet yang cidera berakhir dengan tidak bisa bertanding. Oleh karena itu matras yang disediakan haruslah berbahan busa dan empuk untuk menjaga keselamatan para atlet.

Olahraga lompat tinggi memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para atlet. Apabila seorang atlet ingin mendalami olahraga ini, hendaknya tidak lupa untuk mempelajari teknik dasar lompat tinggi dan juga aturan-aturannya. Semoga informasi ini bisa berguna bagi yang membutuhkan!

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like