Teknik Dasar Futsal : Peraturan dan Penjelasan yang Wajib Kamu Ketahui

teknik dasar futsal

Teknik Dasar Futsal – Sebagaimana olahraga lainnya, tentu saja futsal memiliki teknik dasarnya sendiri. Teknik dasar futsal adalah hal yang harus diketahui oleh setiap pemain futsal baik pemula maupun pro. Teknik dasar ini adalah teknik yang umum digunakan oleh semua pemain futsal. Pada prakteknya, teknik dasar ini akan dikombinasikan dengan teknik tambahan yang dimiliki setiap pemain.

Futsal sendiri adalah olahraga fisik yang sering dimiripkan oleh sepak bola. Namun sebenarnya ada banyak perbedaan di kedua olahraga tersebut. Terutama karena dipengaruhi oleh luas lapangan serta strategi yang berbeda. Meskipun beberapa hal dari keduanya berbeda, sepak bola dan futsal memiliki sistem yang sama yaitu bermain dengan arahan pelatih serta wasit.  Berikut ini beberapa penjelasannya.

Baca Juga: teknik dasar lompat tinggi


Jenis-jenis Serta Penjelasan Mengenai Teknik Dasar Futsal

Teknik Dasar Futsal

Terdapat 7 teknik dasar futsal yang haruslah diketahui oleh pemain futsal. 7 teknik ini sama dengan sepak bola. Dari mulai menendang, mengumpan hingga menembak bola. Itu semua adalah teknik dasar dari sebuah olahraga yang menggunakan bola sebagai umpan ini. Berikut ini penjelasan serta cara melakukannya.

1. Menendang Bola (Kick)

Ciri khas dari sebuah permainan atau olahraga yang menggunakan bola ini adalah menendang. Sudah pasti jika teknik ini haruslah diketahui oleh para pemain futsal. Namun dalam prakteknya, pemain seringkali melakukan kesalahan hingga akhirnya mencederai diri sendiri. oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan cara menendang bola yang benar.

  • Jika menggunakan kaki bagian dalam, maka berikut ini adalah cara menendang bola yang benar.

Keadaan tubuh diarah pada target tepat di belakang bola. Lutut pada kaki yang dijadikan tempat tumpuan agak menekuk dan posisikan di sisi bola. Tarik kaki yang digunakan untuk menendang kearah belakang lalu ayunkan sekuat tenaga hingga mengenai bola. Posisikan selalu kaki tepat mengarah di tengah bola

  • Jika menggunakan kaki bagian luar, maka berikut ini adalah cara menendang bola yang benar.

Keadaan tubuh di sisi bola dan target tendangan tepat ke arah dimana bola berada. Posisikan kaki yang dijadikan tempat tumpuan di belakang bola. Tarik kaki yang digunakan untuk menendang kearah belakang lalu ayunkan ke arah samping dengan sekuat tenaga hingga mengenai bola. Posisikan selalu kaki berada di kiri atau kanan bola

2. Mengumpan Bola (Passing)

Selain menendang, teknik dasar futsal yang penting adalah mengumpan. Tentunya ini akan berpengaruh pada peraturan ketika seorang pemain tidak melakukan teknik ini. Dengan mengumpan bola, maka lawan akan terkecoh sehingga pemain dapat memenangkan permainan dengan mudah. Berikut ini adalah cara mengumpan bola. 

  • Jika melakukan passing menggunakan kaki bagian luar, maka seperti ini caranya.

Saat menendang, pastikan bola berada di sisi tubuh. Posisikan kaki yang dijadikan tumpuan di belakang atau sejajar dengan posisi bola. Ketika menggiring, tariklah kaki ke belakang lalu ayunkan ke kanan dan kiri bola. Gerakan kaki mengikuti kemanapun bola pergi. 

  • Jika melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam, maka seperti ini caranya

Posisikan bola tepat di depan tubuh. Hadapkan tubuh ke teman yang akan diberikan umpan. Tekukan sedikit kaki yang dijadikan tumpuan lalu tempatkan di samping bola. Tendangkan bola sampai ke teman yang dijadikan target umpan. Sebaiknya tendang bola di bagian tengah agar bola dapat bergulir lurus.

3. Mengumpan Bola Lambung (Chipping)

Teknik dasar futsal satu ini wajib diketahui oleh pemain futsal agar dapat mengecoh pemain lawan. Mengumpan bola lampung atau chipping ini adalah teknik pelambungan bola yang dilakukan naik ke atas sehingga mampu melewati pemain lawan. Berikut ini adalah caranya.

  • Tempatkan bola tepat di depan tubuh lalu posisikan kaki yang dijadikan tumpuan di sisi bola
  • tarik bola ke belakang kaki yang digunakan untuk menendang lalu ayunkan ke depan.
  • Posisikan ujung kaki di bawah bola ketika hendak menendang
  • Ayun dan angkat bola menuju arah yang ingin dituju

4. Menahan Bola (Controlling)

Sebagai pemain, tentunya haruslah selalu mengontrol bola kemanapun itu dan jangan sampai diambil oleh pemain lawan. Dengan menggunakan controlling yang tepat, seorang pemain dapat menguasai permainan dengan mudah. Berikut ini adalah caranya.

  • Fokuskan pandangan kearah datangnya bola, seimbangkan tubuh ketika bola sudah menghampiri
  • Jika bola datang dari arah bawah, maka gunakan telapak kaki untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh.
  • Jika bola datang dari lambungan atas, maka gunakan dada atau bahu lalu ditahan menggunakan telapak kaki.

5. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola adalah teknik dasar futsal yang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh pemain pemula. Cukup dengan fokuskan pandangan pada lawan dan sesuaikan gerakan kaki dengan arah kemana bola bergerak. Dribbling dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu menggunakan kaki dalam, punggung kaki, dan menggunakan kaki luar.

6. Menyundul Bola (Heading)

Menyundul bola juga termasuk dalam teknik dasar futsal maupun sepak bola. Teknik menyundul ini dapat digunakan ketika bola yang datang dalam keadaan melambung tinggi. Menyundul juga termasuk dalam teknik menahan bola. Karena ketika menyundul bola, tubuh harus langsung menyamai arah bola dan mengarahkannya dengan telapak kaki. 

7. Menembak (Shooting)

Menembak adalah teknik dasar dalam permainan futsal yang terakhir. Tentunya ini harus dilakukan oleh yang sudah ahli untuk dapat memaksimalkan tendangan kearah gawang. Seorang pemain harus dapat memperkirakan jarak tubuhnya dengan gawang yang akan dituju. Sehingga dapat menentukan seberapa kencang menembak bola kearah gawang.

Baca Juga: teknik dasar sepak bola


Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Bermain Futsal

Tentunya selain harus mengetahui teknik dasar dalam permainan futsal, terdapat juga hal-hal yang mesti diperhatikan ketika bermain futsal maupun menggunakan teknik dasar futsal. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam permainan futsal.

1. Kontrol Bola

Dalam mengontrol bola, pemain haruslah menggunakan cara yang nyaman untuk tubuhnya sendiri. bisa menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, maupun telapak kaki sebelah kanan depan. Mengontrol bola juga dapat gunakan sol sepatu. Pastikan pula sol sepatu itu nyaman karena teknik dengan cara ini adalah teknik yang umum dan harus dikuasai oleh setiap pemain.

2. Passing

Dalam passing, semua pemain berhak melakukannya dengan berbagai macam cara. Namun, beberapa pelatih menganjurkan untuk menggunakan cara passing dengan kaki bagian dalam. Cara ini dapat menghasilkan umpanan yang mengarah mendatar yang menyusur tanah sehingga memiliki akurasi paling baik dari yang lainnya.

3. Menyundul Bola

Dalam menyundul bola, pemain diharuskan membuka matanya dan pastikan sundulan menggunakan dahi. Selain itu, heading harus dengan keadaan leher yang mengencang dan gigi merapat. Hal ini dihimbau untuk mencegah cedera yang akan dialami oleh pemain.

4. Kecepatan

Dalam permainan futsal, kecepatan adalah yang utama. Pemain harus senantiasa mengontrol kecepatannya agar tepat dalam melakukan teknik-teknik futsal. Dengan kecepatan yang stabil, seorang pemain dapat mengontrol permainan serta melancarkan tekniknya dengan mudah.

5. Fisik

Tentunya fisik adalah hal yang paling wajib. Olahraga futsal harus dilakukan dalam keadaan tubuh yang bugar. Karena tanpa fisik yang bugar, maka pemain sulit mengontrol permainan dalam kecepatan tinggi. Usahakan pula melakukan pemanasan beberapa menit sebelum melakukan permainan agar terhindar dari cedera.

Itulah beberapa penjelasan mengenai teknik dasar futsal yang harus diketahui oleh semua orang. dalam permainan futsal, hal-hal yang disebutkan diatas tidak boleh dianggap remeh. Penting untuk mengetahui bahwa teknik dasar futsal bukanlah satu-satunya hal yang mesti diperhatikan. Seorang pemain harus dapat mengatur teknik, peraturan serta timing secara bersamaan. Agar futsal dapat berjalan secara kooperatif, sportif serta teratur.

Teknik Dasar Futsal 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *