Teknik Dasar Bulutangkis Beserta Gambar dan Penjelasan untuk Pemula

teknik dasar bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis – Berolahraga adalah kegiatan fisik yang banyak digemari. Selain sehat, olahraga juga bisa menjadi wahana refreshing bagi penggiatnya.

Banyak jenis olahraga, mulai dari olahraga mahal sampai olahraga yang tak perlu biaya apa pun. Seperti contohnya bulutangkis, olahraga satu ini sangat bermanfaat jika teknik dasar bulutangkis diketahui.


Sejarah Bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang memerlukan kekuatan tangan dan fokus yang baik. Olahraga yang mulai dikenal sekitar 2000 tahun yang lalu di Mesir Kuno ini ternyata juga ramai disebut di Republik Rakyat Tiongkok dan juga India.

Dahulu kala, permainan ini menggunakan dayung sebagai raket. Seiring berkembangnya zaman, bulutangkis mulai banyak didapatkan di negara-negara lain. Sementara untuk olahraga bulutangkis sendiri mulai diperkenalkan pada abad ke-19 dan dimainkan secara persaingan. Karena mulai banyak diperlombakan, sehingga beragam teknik dasar bulutangkis mulai dipercontohkan.

Baca Juga: teknik dasar renang


Teknik Dasar Bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis

Dalam memainkan suatu permainan, teknik sangatlah diperlukan untuk menunjang keselamatan dan keberhasilan. Berlaku juga pada permainan bulutangkis yang memerlukan kecermatan dan juga ketangkasan pemain. Dibawah ini beberapa teknik dasar bulutangkis yang wajib diketahui sebelum bermain :

1. Teknik Memegang Raket

Hal pertama dan paling utama yang harus diketahui sebelum bermain bulutangkis adalah cara memegang raket. Hal ini mungkin dianggap kecil dan sepele, tapi sangat menentukan keberhasilan pemainnya.

Dalam bermain bulutangkis sendiri, ada dua teknik memegang raket yaitu forehand dan backhand. Teknik forehand adalah cara memegang dengan posisi ibu jari dan telunjuk seperti mengepal, posisi tangan harus selalu rileks dan berbentuk “v”. Sedangkan backhand, tekniknya hampir sama hanya saja genggaman pada raket harus lebih kedalam. Kekuatan pergelangan sangatlah dibutuhkan.

2. Gerakan Kaki

Ternyata tak hanya tangan saja yang butuh perhatian lebih, kaki juga membutuhkan perhatian agar permainan juga menjadi bagus. Gerakan kaki harus diperhatikan dalam bermain, seperti cara melangkah, cara kaki berdiri atau menapak sangat berpengaruh pada hasil pukulan kok nantinya.

Faktor yang harus diperhatikan terkait dengan gerakan kaki adalah harus berdiri dan bersikap dengan posisi yang tepat. Tetap melakukan gerakan kedepan atau belakang sambil menunggu kok dipikul oleh lawan. Senantiasa memperhatikan jalan dan langkah kaki supaya tidak terjatuh.

3. Teknik Melakukan Servis

Teknik dasar bulutangkis yang selanjutnya adalah pada saat melakukan servis. Hal ini sangatlah penting dalam memenangkan permainan. Tak hanya cara memegang raket saja yang memiliki beberapa teknik, melakukan servis pun terdiri dari 3 cara.

Cara pertama yaitu backhand service, cara ini menggunakan tenaga dan ayunan yang sedang, kaki dan tangan pun harus seirama. Cara kedua yaitu, forehand tinggi, teknik ini menggunakan tenaga yang besar ketika melakukan servis. Lalu cara yang terakhir adalah forehend pendek, menggunakan tenaga yang sedikit.

4. Posisi Badan

Posisi badan juga termasuk kedalam hal penting yang harus selalu diperhatikan dalam bermain. Pemain harus selalu menjaga keseimbangan tubuhnya dengan cara menahan berat badanya sedemikian rupa.

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan badan dalam bermain adalah dengan menekuk lutut, atau dapat juga juga dengan membuka kedua kaki menjadi selebar bahu. Dengan sikap badan yang seperti itu akan membuat pemain leluasa bergerak di lapangan.

5. Teknik Memukul

Teknik dasar bulutangkis selanjutnya adalah cara memukul. Bagian ini merupakan inti dari permainan bulutangkis, ada banyak variasi cara memukul yaitu netting, drive, dan overhead.

Cara memukul netting adalah cara pukul kok dengan cara mendekatkan pukulan ke arah net lawan dengan cara hati-hati. Cara memukul selanjutnya adalah drive, yaitu pukulan dengan cara mendatar dan cepat. Terakhir overhead yaitu memukul kok ketika posisinya ada di atas kepala.

6. Posisi Badan Saat Melakukan Pukulan

Selain posisi badan pada saat menunggu kok lawan, posisi bada saat memukul juga sangat penting diperhatikan. Hal ini sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil pukulan yang maksimal. Titik paling penting yang perlu diperhatikan adalah bahu, harus seimbang penggunaannya.

Lakukan streching juga ketika ingin memulai permainan, ini untuk meminamilisir adanya cedera ringan dan pegal-pegal. Melakukan gerakan ringan pada saat permainan juga cukup membantu untuk meregangkan otot-otot bada untuk menjadi rileks kembali.

7. Teknik Mengembalikan Servis

Setelah melakukan pukulan sempurna seorang pemain juga harus mengetahui cara mengembalikan servis yang baik. Untuk teknik pengembalian servis ini sendiri ada beberapa teknik, contohnya adalah netting dan dropshot.

Netting adalah cara mengembalikan servis lawan dengan cara memukul dekat dengan net lawan. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembalian servis ini adalah dengan tidak melakukan smash. Melakukan smash ketika mengembalikan servis lawan akan mudah ditangkis oleh pemain lawan.

8. Teknik Overhead

Teknik dasar bulutangkis yang selanjutnya harus diketahui adalah overhead. Overhead sendiri digunakan pada keadaan di mana kok melambung di belakang pemain, maka yang harus dilakukan adalah memukul dengan cara forehand.

Overhead ini membutuhkan tenaga lebih kuat. Diperlukan banyak latihan fisik agar tidak kaget ketika mendapatkan serangan tadi, dan teknik overhead dilakukan untuk melumpuhkan pergerakan lawan main.

9. Teknik Dropshot

Dropshot adalah salah satu teknik pengembalian servis dengan tenaga pelan sehingga kok jatuh tidak jauh dari net. Ini bertujuan untuk mengelabui lawan sehingga lawan tidak bisa membalas pukulan.

Cara ini termasuk ampuh untuk mengecoh lawan main. Pemain bisa mengecoh lawan dengan melompat tinggi seakan-akan ingin melakukan pukulan keras, padahal nyatanya melakukan dropshot.

10. Teknik Smash

Berbanding terbalik dengan teknik dropshot, teknik smash menghasilkan pukulan yang keras dan melambung jauh. Teknik ini juga ampuh untuk melumpuhkan pergerakan lawan. Lakukan lompatan tinggi dan pukul kok dengan tenaga kuat.

Untuk melakukan teknik ini, pemain haru melakukan banyak aktivitas fisik agar melatih otot-otot agar terbiasa melakukan pukulan jauh dan bisa mencetak skor untuk memenangkan permainan.

Baca Juga: teknik dasar bola voli


Pelanggaran Yang Biasa Terjadi Dalam Permainan Bulutangkis

Teknik Dasar Bulutangkis

Cara bermain yang baik dan benar, dalam bulutangkis juga perlu sekali untuk mengetahui bentuk kesalahan yang bisa mengurangi poin pemain. Kesalahan itu dapat berupa, kok yang melewati net, kok menyentuh badan pemukul, dan pemain yang menyentuh net, tiang penyangga dengan raketnya akan mendapatkan pengurangan poin.

Kesalahan selanjutnya yang biasa terjadi dalam permainan adalah ketika melakukan servis. Bentuk kesalahannya yaitu ketika pelaku servis tidak menempatkan kakinya pada tempat servis yang sudah disediakan di lapangan. Sehingga juga mengurangi poin pemukul kok.

Sikap mengejutkan secara tiba-tiba dengan melakukan gerakan tambahan sehingga dapat memecah konsentrasi lawan juga termasuk kedalam pelanggaran dalam permainan ini. Hal ini dianggap tidak etis dan tergolong tidak sportif dalam bertanding. Sengaja mengenai badan lawan dengan kok ketika servis juga termasuk kedalam pelanggaran yang dapat mengurangi poin.

Demikianlah tadi beberapa teknik dasar bulutangkis yang harus diketahui sebelum bermain. Teknik berlaku untuk pemula ataupun yang sudah profesional. Semua teknik di atas bisa dikuasai dengan cara terus berlatih dan bermain bersungguh-sungguh agar kemampuan semakin terasah.

Teknik Dasar Bulutangkis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *