Teknik Dasar Bulu Tangkis : Peraturan dan Teknik Harus Dikuasai Pemain

teknik dasar bulu tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis – Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu jenis olahraga dari banyaknya cabang olahraga yang memiliki sangat banyak sekali peminat dan tersebar di seluruh dunia. Ada beberapa teknik dasar bulu tangkis yang harus dikuasai para pemain. Dan juga perlu diketahui bahwa, permainan ini menjadikan 2 peralatan utama untuk memulai permainannya.

Permainan bulu tangkis ini ternyata memiliki 5 tipe pertandingan, yaitu tipe pertandingan tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan yang terakhir  yaitu ganda campuran.

Baca Juga: teknik dasar tenis meja 


Pengertian Dan Sejarah Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Secara harfiah, kata bulu tangkis ini berasal dari 2 kata, kata pertama yaitu “bulu” diambil dari wujud shuttlecock yang berasal dari sebuah bulu angsa, kemudian kata kedua yaitu “tangkis” diambil dari kata dasar yaitu menangkis. Dimana jika disimpulkan dari permainan ini adalah gerakan menangkis shuttlecock atau bulu.

Sangat banyak sekali berbagai pendapat yang muncul perihal asal mulanya permainan bulu tangkis ini. Pendapat yang pertama yaitu, ada orang yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari perkembangan di salah satu negara yaitu Mesir kuno pada 2000 tahun yang lalu.

Lalu ada juga orang yang berpendapat bahwa permainan ini berasal dari India dan mulai berkembang di daratan Tiongkok. Namun yang terakhir ada juga orang yang berpendapat dan mengatakan bahwa berkembangnya permainan ini telah ada pada abad pertengahan di Inggris.

Baca Juga: teknik dasar bola basket


Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Dalam sebuah permainan olahraga pastinya memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai para pemain. Dan untuk permainan bulu tangkis, ternyata teknik dasar ini digunakan sebagai modal dasar ataupun modal awal yang akan membuat seorang pemain menjadi pemain bulu tangkis yang profesional. Dan dibawah ini Teknik-teknik dasar bulu tangkis beserta penjelasannya:

1. Teknik Memegang Raket (Grip)

Teknik pertama ini merupakan teknik yang wajib dikuasai dan juga sangat mendasar yaitu teknik atau cara memegang raket. Penguasaan teknik ini merupakan faktor utama yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang akan dihasilkan. Dalam teknik pegangan bulu tangkis ini, ada 4 macam teknik yang bisa dipilih dan juga digunakan sesuai kebutuhan. Dibawah ini beberapa teknik memegang raket ataupun Grip :

American Grip

Untuk melakukan teknik memukul Amerika atau disebut juga American Grip, memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat berjalan dengan baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan tangan memegang bagian dari ujung raket. Lalu tempatkan ibu jari dan juga jari telunjuk menempel pada bagian handle raket. Tipe pegangan ini sangat efektif jika para pemain akan melakukan gerakan smash, apalagi jika pemain berada di posisi depan net.

Tidak hanya itu, ternyata tipe memegang raket yang satu memang telah banyak diunggulkan oleh para pemain bulu tangkis jika akan memukul bola, bola tersebut berada di atas. Dan juga, dengan melakukan Teknik ini para pemain akan lebih mudah untuk mengoper bola ke rekannya.

Forehand Grip

Selain American Grip ada juga teknik Forehand Grip yang sangat umum digunakan dan juga merupakan teknik yang paling populer. Jika ingin memainkan permainan ini dengan baik juga sempurna, maka cobalah bermain dengan menggunakan teknik ini. Ada beberapa tips untuk menggunakan teknik ini, yang pertama adalah peganglah raket dengan posisi yang miring.

Kemudian, pastikanlah posisi ibu jari beserta telunjuk menempel pada bagian pegangan yang kurang luas. Dan juga perlu diingat bahwa, jika melakukan pegangan ini disarankan untuk tidak mengubah-ubah cara memegangnya.

Backhand Grip

Cara untuk melakukan teknik ini adalah, peganglah raket dengan posisi yang miring. Kemudian pada saat memegang raket, posisikan jari-jari tangan pada bagian depan. Dalam melakukan teknik pegangan ini, ada salah satu keuntungan ketika akan memukul kok, arah kok yang telah dipukul tidak bisa diduga oleh tim lawan.

Selain tidak bisa diduga atau sulit untuk diduga, kok yang dipukul dengan menggunakan teknik ini juga akan melesat secara cepat dan juga kencang. Hal tersebut akan membuat tim lawan merasa kesulitan untuk membalas pukulan secara tepat.

Combination Grip

Teknik yang terakhir untuk pegangan raket adalah combination Grip, dimana gerak ini pasti telah banyak diketahui oleh orang. Dimana semua teknik akan digabungkan pada teknik yang terakhir ini atau Combinatiomn Grip. Dalam memakai pegangan ini, pemain akan secara mudah untuk melakukan handle dan juga untuk menyesuaikan arah kok dari tim lawan.

2. Footwork

Untuk teknik dasar bulu tangkis yang kedua adalah Footwork atau sering disebut juga Gerakan Kaki. Gerakan Kaki inilah membutuhkan salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh para pemain bulu tangkis, keahlian yang harus dimiliki ini adalah kelincahan. Seorang pemain bulu tangkis dituntut untuk selalu lincah dalam melakukan pergerakan kaki, karena tidak hanya tangan yang harus memukul secara lincah.

3. Teknik Memukul

Setelah para pemain berhasil menguasai teknik memegang raket, teknik selanjutnya yang harus atau wajib dikuasai pada permainan bulu tangkis adalah Teknik memukul. Teknik memukul yang biasanya digunakan oleh para pemain profesional atau tidak adalah Teknik Forehand. Teknik yang satu ini ternyata dilakukan dengan cara tubuh yang diayunkan dari arah belakang dengan selanjutnya bergerak menuju arah depan raket.

Cara melakukannya secara rinci yaitu dengan cara memegang raket dengan teknik Forehand Grip. Kemudian buatlah posisi dengan kaki menyilang dengan kaki kanan di belakang, dan kaki kiri berada di depan. Lalu miringkanlah badan ke sebelah kanan, kemudian pukul kok dengan dengan keras sambil dibarengi bahu yang bergerak ke depan. Lalu cara yang terakhir membiarkan tangan bergerak terus sampai ke bawah.

4. Sikap Dan Posisi Tubuh

Teknik dasar bulu tangkis yang selanjutnya adalah sikap dan posisi tubuh yang tergolong pada konsep keseimbangan. Ternyata keseimbangan merupakan unsur yang tidak kalah penting dengan unsur kelincahan dalam permainan bulu tangkis. Banyak orang yang menyebutkan bahwa keseimbangan ini tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan permainan ini. Namun bagi pemain profesional keseimbangan merupakan salah satu unsur yang sangat penting.

Agar dapat menghasilkan keseimbangan yang baik, maka lakukanlah dengan cara memposisikan badan yang bertumpu pada kedua kaki. Lalu tekuklah atau bengkokkan kedua lutut, dan kemudian berdiri tegak dengan menggunakan ujung kaki. Bukalah kedua kaki selebar bahu dengan posisi yang sejajar, dengan salah satu tangan yang memegang dan tangan yang lain diam. Hal ini bertujuan agar salah satu tangan yang memegang raket dapat bergerak dengan bebas.

5. Posisi Badan Ketika Memukul

Banyak orang yang menyepelekan posisi badan ketika akan memukul kok, namun ternyata posisi badan akan sangat berpengaruh pada saat akan memukul. Apalagi hal ini akan berpengaruh dengan kualitas pukulan yang dihasilkan nantinya. Sehingga hal ini tidak boleh disepelekan oleh para pemain bulu tangkis.

Dan itulah teknik dasar bulu tangkis yang harus dikuasai para pemain. Teknik-teknik dasar ini dianggap sepele, namun ternyata sangat penting agar dapat memenangkan pertandingan ini.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *