Teknik Dasar Bola Voli : Cara Melakukan Beserta Penjelasan Singkat

teknik dasar bola voli

Teknik Dasar Bola Voli – Bola voli adalah permainan olahraga yang dapat dimainkan atau dijalankan oleh dua regu yang bertanding. Setiap kelompok pemain olahraga bola voli terdiri dari enam orang anggota.

Ada pula variasi permainan bola voli pantai yang tiap regunya terdiri dari 2 orang anggota. Dalam memainkan olahraga ini, perlu mengetahui teknik dasar bola voli agar bisa bermain maksimal.

Permainan olahraga bola voli dalam skala internasional dinaungi oleh Federation Interntionale de Volleyball (FIVB). Untuk di Indonesia, olahraga ini dipayungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).


Sejarah dan Asal Mula Bola Voli

Bola Voli

Olahraga permainan bola voli ditemukan pertama kali oleh seorang dari negeri paman Sam bernama William George Morgan di tahun 1895. Bertempat di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat, permainan bola voli mulanya dikenal sebagai mintonette. Awalnya, permainan mintonette diperuntukkan bagi anggota YMCA  (Young Men’s Christian Association) dewasa. Hal tersebut dikarenakan penemu olahraga ini adalah seorang instruktur pendidikan jasmani (olahraga) di YMCA.

William terinspirasi dari James Naismith, penemu olahraga bola basket. Mintonette merupakan olahraga yang terbentuk dari gabungan bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.  Dari kombinasi olahraga tersebut, William kemudian mendapatkan ide mengenai teknik dasar bola voli lalu mencetuskan olahraga baru berupa mintonette.

Mintonette, sebagai nama yang mulanya digagas William, baru diganti menjadi bola voli pada tahun  1896. Mintonette yang berganti nama menjadi bola voli (volley ball) terjadi saat adanya pertandingan resmi pertama. Pertandingan tersebut digelar pada acara International YMCA Training School di tahun 1896. Olahraga mintonette yang sebelumnya hanya dimainkan oleh anggota dewasa Young Men’s Christian Association, menjadi semakin populer dan akhirnya mendunia.

Baca Juga: teknik dasar lempar lembing


Sejarah Perkembangan Olahraga Bola Voli di Indonesia

Bola Voli

Di Indonesia, olahraga permainan bola voli dibawa oleh Belanda pada masa kolonial. Tahun 1928, bola voli mulai diperkenalkan pada masyarakat Indonesia oleh Belanda. Namun pada masa kolonial tersebut, olahraga bola voli awalnya hanya dimainkan oleh para Belanda dan bangsawan saja. Kemudian olahraga bola voli diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dari pendidikan jasmani yang mana gurunya berasal dari orang Belanda.

Permainan olahraga bola voli kemudian menjadi lebih populer karena sering dimainkan oleh para tentara. Lalu, terjadi perkembangan secara pesat pada permainan bola voli di Indonesia. Muncul berbagai klub olahraga bola voli di berbagai daerah kota besar di Indonesia. Dari perkembangan tersebut, kemudian pada 22 Januari 1955 terbentuklah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).


Aturan Beserta Tata Cara Bermain Bola Voli

Bola Voli

Olahraga permainan bola voli dapat dimainkan pada lapangan indoor maupun outdoor. Ukuran lapangan sesuai dengan aturan resmi yaitu 18 kali 9 meter. Setiap regu dibatasi oleh net setinggi 2,24 meter pada pemain putri dan 2,43 meter pada pemain putra.

Bermain bola voli tentu ada caranya tersendiri. Setiap pemain juga memiliki perannya masing-masing. Ada empat peran dalam permainan bola voli yang penting diketahui oleh setiap pemain. Setiap regu permainan bola voli, terdapat beberapa peran yaitu tosser, spiker, libero maupun defender. Tentunya teknik dasar bola voli perlu dipahami oleh semua pemain agar bisa menguasai jalannya pertandingan.

Tosser adalah seorang pemain yang bertugas untuk melakukan umpan bola voli kepada teman-teman satu kelompoknya. Selain itu, tugas tosser yang tak kalah penting yaitu mengatur jalannya permainan. Kemudian, ada spiker yang memiliki tugas untuk memukul bola (smash) untuk dijatuhkan di area pertahanan lawan.

Sedangkan libero adalah pemain yang tugasnya melakukan pertahanan. Libero diberi kebebasan keluar masuk area permainan, tapi tidak diizinkan melakukan smash bola ke seberang net. Lalu, defender adalah pemain yang melakukan pertahanan dari adanya serangan lawan.

Pemain bola voli dituntut untuk berpikir strategis dan cepat dalam mengaplikasikan teknik dasar bola voli. Utamanya bagi tosser yang menjadi otak dalam permainan karena menjadi pengatur strategi. Tosser dituntut untuk bisa membuat keputusan cepat atas bola yang didapatnya, dalam waktu sepersekian detik sebelum bola dijatuhkan ke lapangan sepanjang jalannya pertandingan.

Setiap pertandingan voli, dibagi menjadi 3 babak. Satu babak permainan disebut mencapai set ketika salah satu kelompok mencapai skor 25. Skor dapat diraih ketika pemain dapat memasukkan bola ke area lawan. Skor juga bisa didapat ketika lawan melakukan servis dengan tidak tepat. Maka dari itu, teknik dasar bola voli bagi tosser yaitu harus melakukan servis dengan melewati net dan masuk ke area kelompok lawan.

Baca Juga: teknik dasar lari jarak pendek


Macam-Macam Teknik Dasar Bola Voli

Bola Voli

Teknik dasar bola voli terdiri dari servis, passing, smash dan blocking. Masing-masing teknik tersebut penting untuk dikuasai oleh para pemain agar dapat bertanding maksimal. Berikut ulasannya :

A. Servis

Servis merupakan salah satu teknik dasar bola voli. Gerakannya yaitu memukulkan bola ke area lawan sebagai pertanda serangan pertama bagi suatu regu. Teknik gerakan servis terdiri dari servis atas, servis samping dan servis bawah.

Teknik Gerakan Servis Atas

Melakukan servis atas yaitu dengan melambungkan bola voli ke atas dengan ketinggian yang ideal. Kemudian pemain memukul bola tersebut menggunakan telapak tangan saat bola tepat berada di atas kepala.

Teknik untuk Servis Samping

Gerakan servis samping adalah melambungkan bola pada ketinggian seperlunya, lalu bola dipukul menyamping sambil memutar tubuh.

Gerakan Teknik Servis Bawah

Untuk melakukan servis bawah, awalnya bola tidak dipukul. Bola diletakkan di tangan statis. Kemudian tangan satunya yang tidak memegang bola, bersiap mengayunkan tangan dari bawah untuk memukul bola dari belakang tubuh.

B. Teknik Dasar Passing

Teknik dasar bola voli selanjutnya yaitu passing, di mana pemain mengarahkan bola kepada teman satu regunya. Tujuan passing adalah untuk menyusun strategi menyerang lawan. Ada dua macam teknik, yaitu passing atas dan passing bawah.

Gerakan Dasar Passing Atas

Tangan yang memukulkan bola dari arah atas merupakan ciri dari gerakan passing atas. Kedua tangan diangkat ke atas membentuk segitiga. Posisi badan agak jongkok dan lutut ditekuk sedikit. Kemudian bola diarahkan ke teman satu regu.

Teknik Dasar Melakukan Passing Bawah

Teknik selanjutnya yaitu passing bawah, di mana pemain  memukulkan bola dengan mengayunkan kedua tangan yang jari-jarinya telah dirapatkan dari arah bawah. Sama seperti passing atas, posisi badan agak jongkok dan lutut sedikit ditekuk.

C. Smash

Smash adalah teknik dasar bola voli untuk menyerang lawan dengan memukul bola sekeras mungkin ke area lawan. Harapannya, dengan smash dapat menghasilkan skor jika bola berhasil mendarat di area permainan lawan.

D. Blocking (Membendung)

Blocking adalah teknik dasar bola voli yang merupakan usaha membendung serangan dari lawan. Tujuan dari blocking ini agar lawan tidak mencetak skor dari smashnya. Blocking terdiri dari dua macam teknik yaitu Block tunggal dan block ganda.

Block tunggal adalah usaha membendung bola dari lawan yang dilakukan oleh satu pemain. Sedangkan block ganda yaitu sebuah usaha yang dilakukan pemain untuk membendung serangan bola dari lawan yang dilakukan. Blocking ganda dapat dilakukan oleh dua pemain bahkan lebih. Perlu adanya kerja sama dan keseragaman langkah kaki agar bisa melakukan teknik blocking ganda.

Begitulah pengetahuan umum, sejarah, maupun teknik dasar bola voli. Bermain bola voli tidak hanya diperuntukkan bagi atlet profesional saja. Orang-orang awam pada umumnya juga diperkenankan bermain voli untuk sarana olahraga yang bersifat kebugaran dan rekreasi. Selain itu, karena bola voli adalah permainan beregu, olahraga ini dapat meningkatkan kerja sama dan kekompakan tim.

Teknik Dasar Bola Voli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *