Teknik Dasar Bola Basket : Peraturan dan Penjelasan Cara Melakukannya

teknik dasar bola basket

Teknik Dasar Bola Basket – Bola basket adalah permainan bola yang berkebalikan dengan futsal atau sepak bola. Jika sepak bola atau futsal bermain dengan menggunakan kaki, maka bola basket bermain dengan menggunakan tangan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik dasar bola basket serta cara melakukannya.  

Baca Juga: teknik dasar bulutangkis


Beberapa Macam Teknik Dasar Bola Basket Beserta Penjelasannya

Teknik Dasar Bola Basket

Ada 9 teknik yang menjadi teknik dasar dalam permainan bola basket. Dalam teknik tersebut, terdapat beberapa teknik yang lumayan susah dan biasanya para pemain akan menghadapi pelatihan terlebih dahulu. Berikut ini penjelasannya.

1. Cara Memegang Bola

Tentunya seorang atlet atau pemain basket harus mengetahui cara memegang bola basket yang baik. Dalam memegang bola basket haruslah benar agar dapat terkontrol dan bola tidak lepas dari tangan. Karena jika dalam memegangnya disepelekan, maka atlet dapat terkena cedera ringan maupun serius. Adapun cara memegangnya sebagai berikut.

  • Pegang erat bola basket dalam genggaman kedua tangan. Usahakan kedua telapak tangan terbuka lebar seperti memegang mangkok besar.
  • Posisikan juga kedua telapak tangan harus berada di bagian sebelah kanan dan juga kiri bola serta letakkan telapak tangan agak sedikit di belakang.
  • Rentangkan semua jari-jari tangan dan lekatkan di bagian tengah sisi kanan dan kiri bola.
  • Buka lebar kedua kaki dan posisikan salah satunya agak ke depan lalu condongkan badan sedikit dan rilekskan lutut sebelum mendribble.

2. Passing Dan Catching (Melempar dan Menangkap)

Passing sendiri terdapat 5 cara yaitu melempar dari dada (chest pass), melempar dari atas kepala (overhead pass), melempar bola dengan memantulkan bola ke lantai (bounce pass), melempar bola dari atas atau belakang kepala (baseball pass),  melempar bola dari belakang tubuh dengan memantulkan bola ke lantai (behind back pass).

Karena dalam permainan bola basket, pergerakannya diutamakan menggunakan tangan maka teknik ini adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam memainkan permainan ini. Usahakan raih bola basket dengan telapak tangan yang jarinya direnggangkan sehingga jari dan tangan terbuka lebar.

Ketika bola basket suda berada ditangan, sebaiknya renggangkan jari selebar mungkin untuk menggenggam di setiap sisi bola. Setelah itu tarik bola ke arah belakang dan mendekat ke badan.

3. Dribbling (Menggiring Bola)

Menurut seorang pengamat basket, menggiring bola merupakan teknik dasar bola basket dimana gerakannya membawa bola selama bermain bola basket. Menggiring bola juga bisa dilakukan menggunakan satu tangan atau dua tangan yang dilakukan secara bergantian sambil agak sedikit berlari atau lari yang lebih cepat.

Menggiring dapat dilakukan secara bergantian menggunakan kedua tangan atau pun dengan satu tangan serta dalam keadaan berlari cepat ataupun setengah berlari.

Berikut ini adalah cara menggiring bola yang benar.

  • Memantulkan bola di atas lantai, kemudian kontrol bola yang ada pada genggaman tangan untuk menjaga supaya bola tetap berada pada satu titik.
  • Ketika bola dipantulkan, diharuskan tangan mengikuti arah bola lalu segeralah menempelkan tangan pada bola kembali.
  • Usahakan siku tangan harus lurus sementara pergelangan tangan dilenturkan ketika menggiring bola.
  • Tubuh tidak boleh tegak melainkan harus dengan keadaan setengah membungkuk agar lebih mudah menggiring bola.
  • Tegakkan kepala lurus menghadap kanan untuk melihat lawan di depan mata.
  • Memanfaatkan kedua tangan dalam menggiring bola agar bola tak mudah direbut oleh pemain lawan.

Dalam melakukan dribbling, seorang pemain hanya boleh mendribble setelah memantulkan bola dengan tiga langkah pergerakan. Jika tidak melakukan hal ini maka akan dianggap melanggar sehingga bola akan pindah ke pengawasan tim lawan.

4. Pivot

Pivot merupakan teknik dasar bola basket yang pergerakannya bertujuan untuk  menyelamatkan bola dari jangkauan lawan. Selain itu pivot juga mempunyai teknik gerakan memutar kaki dengan menggunakan satu kaki. Sedangkan kaki yang satunya digunakan untuk bertumpu agar seimbang. Dalam pelaksanaannya, pivot dilakukan bersamaan dengan menggiring, melempar serta menembak.

5. Shooting (Menembak)

Shooting merupakan teknik dasar dalam sebuah permainan bola basket paling inti karena menembak dalam bola basket seperti finalnya permainan. Tim akan menang jika shooting tepat sasaran dan dapat masuk ke dalam ring basket lawan. Shooting bisa dilakukan menggunakan satu tangan atau pun menggunakan kedua tangan.

Lalu pusatkan pandangan ke arah ring dan sesuaikan dengan gerakan shooting yang akan dilakukan. Perhitungan hasil shooting ini akan bersifat acak antara 1,2, dan 3.

6. Lay Up

Lay up merupakan teknik dasar bola basket yang memiliki satu gerakan yang mewakili rangkaian gerakan untuk memasukkan bola ke dalam ring lawan. Teknik lay up dapat dilakukan di kanan dan kiri sisi ring basket. Lay up juga dapat disebut sebagai gerakan tembakan dari jarak dekat atau juga disebut tembakan melayang.

7. Rebound

Rebound merupakan teknik dasar bola basket yang berupa gerakan mengambil bola yang gagal masuk kedalam ring. Gerakan rebound ini dapat dilakukan oleh pemain satu tim maupun tim lawan. Rebound dibedakan menjadi dua cara, yaitu.

  • Ofensif rebound atau disebut juga shoot ulang bola yang tidak berhasil dimasukkan ke dalam oleh salah satu pemain pada satu tim.
  • Defensive rebound atau bisa disebut juga merebut bola yang tidak berhasil dimasukkan ke dalam ring oleh tim lawan.

 8. Slam Dunk

Teknik dasar bola basket berikutnya adalah memasukkan bola ke dalam ring atau keranjang dengan tubuh yang melayang. Gerakan ini merupakan refleksi dari gerakan shooting secara teknisnya. Namun tidak semua pemain dapat melakukan slam dunk dengan sempurna hingga menghasilkan poin. 

Terdapat ketentuan bagi pemain yang ingin melakukan teknik ini yaitu memiliki proporsi tubuh dengan minimal tinggi 180 cm untuk lompatan tinggi yang sempurna.

9. Screen 

Teknik dasar bola basket yang terakhir adalah screen. Teknik ini adalah gerakan dari seorang pemain yang bertugas sebagai penyerang untuk dapat membebaskan pemain lainnya yang masih satu tim yang sedang diawasi atau dijaga oleh tim lawan. Screen dilakukan dengan menutup arah pergerakan tim lawan dengan membuka ruang pergerakan untuk teman satu tim. Lalu memberi jalan dengan melewati belakang pemain yang melakukan screen.

Baca Juga: teknik dasar tenis meja


Manfaat Bermain Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket

Tentu saja bermain bola basket dapat memberikan manfaat pada tubuh. Terutama pada sistem imun manusia. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan permainan bola basket.

  • Membakar kalori. Bermain basket dapat membakar kalori. Ini dibuktikan ketika pemain basket melakukan satu jam permainan basket, maka kalori yang dibakar bisa mencapai 630-750 kalori. Tentu saja apabila ini dilakukan secara rutin dapat memberikan manfaat bagi yang ingin diet.
  • Membangun keseimbangan tubuh dan melatih koordinasi. Dengan melakukan berbagai macam gerakan di dalam basket, dapat melatih koordinasi antara fokus dan gerakan sehingga dapat lebih tepat dalam melakukan koordinasi. Selain itu basket juga dapat membangun keseimbangan tubuh karena beberapa gerakan yang dilakukan secara bersinkronan.
  • Menambah daya imunitas tubuh. Bermain bola basket dapat meningkatkan system imun. Karena dalam bermain basket juga dimasukkan beberapa gerakan seperti lari, melompat yang berguna untuk mempercepat aliran darah. Aliran darah yang cepat dapat berguna untuk menambah daya imunitas pada tubuh.
  • Meningkatkan konsentrasi dan disiplin. Dengan bermain basket, kefokusan yang diutamakan dalam permainan ini dapat meningkatkan konsentrasi. Serta juga dapat meningkatkan disiplin karena dalam bermain basket haruslah sesuai dengan peraturan dan harus senantiasa bekerjasama dalam tim. 

Itulah beberapa teknik dasar bola basket beserta penjelasannya yang wajib diketahui oleh para pemain atau atlet basket. Tentunya teknik-teknik seperti Rebound, Slam Dunk dan Screen tidak langsung dapat dilakukan oleh pemain karena harus melewati pelatihan terlebih dahulu. Maka dari itu, pemain inti basket akan dapat bermain dengan baik.

Teknik Dasar Bola Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *