Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui – Jika dilihat dari segi pelestariannya, sumber daya alam atau SDA dibedakan menjadi dua macam. Kedua macam sumber daya tersebut ialah SDA dapat diperbaharui dan SDA tidak dapat diperbaharui. Adapun pembahasan kali ini yakni tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Yuk disimak!


Pengertian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Cara Pelestarian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

SDA dapat diperbaharui yaitu sumber daya alam yang tetap ada meskipun dipergunakan secara secara terus-menerus tidak akan pernah tumpas. Hal tersebut dikarenakan adanya usaha dalam melestarikannya.

Namun, hal tersebut bergantung pada manusia selaku subjeknya. Jika dalam penggunaannya disertai sikap bijaksana, maka sumber daya alam pun tidak akan punah dan akan tetap terjaga kelestariannya. Lain halnya jika manusia menggunakannya tanpa sikap bijaksana, melainkan secara semena-mena, maka sumber daya alam tersebut pun perlahan akan habis dan musnah.

Baca Juga: siklus batuan


Jenis-Jenis Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Cara Pelestarian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui sangatlah banyak jenisnya. Bisa dilihat dari karakteristiknya yang bisa tumbuh dan berkembang, seperti halnya flora dan fauna. Flora yakni berbagai macam tumbuhan, jika dipanen maka bisa ditanami kembali lalu akan tumbuh tanaman baru, begitu pun dengan fauna. Berikut ini beberapa jenis lainnya :

1. Tumbuhan

Pertama, tumbuhan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena dapat tumbuh dan berkembang. Makhluk hidup yang satu ini amatlah penting dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tumbuhan bisa melakukan proses fotosintesis yakni kemampuan menghasilkan oksigen dengan memanfaatkan energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri yang nantinya akan mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

Manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia sangatlah banyak, tidak hanya sebagai makanan pokok, ada juga yang dimanfaatkan sebagai sayuran, buah-buahan, obat-obatan, pakaian, perabot, dan sebagainya. Oleh karena itu, keberadaannya haruslah dijaga dan hendaknya dimanfaatkan secara bijaksana sehingga tumbuhan tetap lestari.

2. Hewan

Jenis sumber daya alam selanjutnya yakni hewan. Hewan atau binatang memberikan manfaat bagi manusia, baik dari dagingnya, susu, telur, kulit, bulu, hingga tenaganya pun dapat dimanfaatkan. Jika dilihat dari segi tempat hidupnya, hewan terbagi dua yakni hewan darat dan hewan laut.

Hewan darat yakni hewan yang hidupnya di darat yang merupakan salah satu sumber protein bagi manusia. Selain itu, hewan darat dapat membantu pekerjaan manusia baik dalam pertanian atau pun transportasi. Misalnya, kuda dapat dijadikan alat transportasi yakni delman. Hewan laut adalah hewan yang habitatnya berada di perairan laut. Tidak kalah dengan hewan darat, yang hidup di air pun bisa dijadikan sebagai sumber protein bagi manusia.

3. Tanah

Dikatakan sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena tanah terbentuk dari sisa makhluk hidup yang mati, baik itu tumbuhan, hewan atau pun manusia.  Manfaatnya amatlah besar dalam kehidupan manusia. Selain dijadikan tempat menanam berbagai macam tumbuhan, yang paling penting adalah letak tempat tinggal manusia.

Berbagai tumbuhan membutuhkan tanah yang subur, lingkungan sekitar manusia pun membutuhkan tanah yang subur guna menciptakan suasana yang menyejukkan. Oleh karena itu, semuanya bergantung pada kesuburan tanah, dan hal itu bergantung pada bagaimana manusia mengelola dan memanfaatkannya.

4. Air

Air disebut-sebut sebagai kebutuhan utama makhluk hidup yang ada di bumi ini. Dalam kehidupan sehari-hari, air dimanfaatkan dalam kebutuhan rumah tangga, penambangan, pertanian, industri, sumber energi (PLTA) dan sebagainya. Ketersediaannya di permukaan bumi sangatlah banyak. Namun hal tersebut tetap bergantung pada manusia dalam memanfaatkannya.

Jika sudah tercemar, air tidak bisa lagi digunakan sebagai kebutuhan hidup. Hal ini dikarenakan ulah manusia yang membuang sampah atau pun limbah industri secara sembarangan. Sehingga air pun tercemar dan jika digunakan dalam kebutuhan hidup dapat mengakibatkan penyakit atau racun bagi tubuh. Oleh karena itu, pintar-pintarlah bersikap bijaksana dalam memanfaatkannya.

5. Angin

Angin merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena keberadaannya selalu ada. Sumber daya alam yang satu ini dapat menghasilkan energi tanpa adanya residu/ endapan yang akan menjadi polusi bagi lingkungan. Angin juga dapat dibilang sebagai sumber kekuatan alam dengan jumlah yang tidak terbatas serta ramah lingkungan. Angin dapat dimanfaatkan menjadi turbin angin yang akan menjadi sumber energi alternatif.

6. Hutan

Selanjutnya ada sumber daya alam hutan. Sebagai tempat yang menjaga kesuburan tanah serta keindahan alam, hutan hendaknya dijaga dengan baik. Banyak manfaat yang didapatkan dari hutan, mulai dari penghasil kayu, sebagai tempat hidupnya beberapa satwa hingga tempat resapan air.

7. Matahari

Sang surya yang mendatangkan terang dan panas pada bumi di siang hari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena memiliki jumlah yang tidak terbatas dan ramah lingkungan. Sifatnya yang panas/ hangat kerap dimanfaatkan sebagai sumber kekuatan dalam menghidupkan pemanas air atau pun ruangan.

Contoh Lain:

  1. Logam mulia (Emas, perak, diamond, platinum)
  2. Besi
  3. Tembaga
  4. Perunggu
  5. Nikel
  6. Gas alam
  7. Gypsum
  8. Batu
  9. Marmer
  10. Minyak bumi (bensin, solar, aspal, paraffin, minyak tanah dan lainnya)
  11. Intan
  12. Batu granit
  13. Asbes
  14. Belerang
  15. Karbon
  16. Nuklir
  17. Fosfat, dan masih banyak lagi lainnya

Baca Juga: lapisan kulit


Cara Pelestarian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Cara Pelestarian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang telah disebutkan sebelumnya hendaknya dijaga. Diharapkan manusia menghindari tindakan-tindakan tidak cerdas yang akan merusaknya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaganya lebih lestari, di antara hal yang dapat dilakukan diantaranya sebagai berikut.

Cara Pelestarian Tumbuhan

Sumber daya alam yang satu ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu kelestariannya harus tetap terjaga. Bagaimana caranya?

Dalam melestarikan tumbuhan dapat dilakukan dengan cara penggunaannya secara hemat, melakukan budi daya tumbuhan yang intensif, mulai dari penyediaan benih, pemeliharaan, pemupukan, pemanenan, serta pengolahannya. Selain itu, harus ada keseimbangan antara permintaan pengguna dan penghasil tumbuhan.

Cara Pelestarian Hewan

Selanjutnya cara pelestarian hewan yang sama pentingnya dalam kehidupan manusia. Adapun cara yang dapat dilakukan agar hewan terjaga dari kepunahan, yakni dengan cara menangkar sebagai upaya mengembangbiakkan hewan, memanfaatkannya dengan bijaksana, mencegah penangkapan/pemburuan yang akan mengakibatkan kepunahan, mendirikan suaka margasatwa, serta mengembangkan pola peternakan yang baik untuk jenis hewan yang bisa dikonsumsi manusia.

Cara Pelestarian Tanah

Apakah tanah perlu dilestarikan? Tentu, karena tanah merupakan tempat hidup tumbuhan dan hewan. Oleh sebab itu, tanah yang tandus dan gersang tidak dapat dijadikan tempat hidup makhluk hidup. Lingkungan yang subur akan membuat makhluk hidup tetap hidup dan  lingkungan yang subur terdapat pada daerah yang kelestarian tanahnya terjaga.

Agar kelestarian tanah tetap terjaga perlu dilakukan berbagai cara, di antaranya dengan cara penghijauan, rotasi tanaman agar tidak terbatas pada satu jenis tanaman tertentu saja, memberikan pupuk agar mineral dalam tanah tidak habis, melakukan irigasi/ pengairan, serta menghindari erosi dengan cara reboisasi, perbaikan saluran air dan pembuatan terasering.

Cara Pelestarian Air

Meskipun air sebagai salah satu sumber daya alam yang ketersediaannya paling banyak, akan tetapi harus diperhatikan secara baik. Sebagai gambaran, musim kemarau yang panjang kerap membuat manusia kekurangan air. Hal ini dikarenakan peredaran air di alam kurang diperhatikan.

Oleh karena itu, hendaknya ada perhatian khusus dalam melestarikan air, yakni dengan cara reboisasi dan penghijauan, pembuatan bendungan/waduk di daerah aliran sungai guna menampung air yang digunakan untuk memenuhi persediaan air, pembuatan hutan lindung, perlindungan daerah serapan air serta menghindari terjadinya pencemaran air.

Cara Pelestarian Hutan

Selanjutnya, sumber daya alam yang dapat diperbaharui lainnya adalah hutan. Sebagai tempat resapan air, penghasil kayu, serta menjaga kesuburan tanah, hutan hendaknya dijaga dengan baik agar tetap lestari.

Upaya yang dapat dilakukan dalam melestarikan hutan yakni dengan cara tidak melakukan penebangan pohon dengan semena-mena, mencegah terjadinya kebakaran hutan, mencegah peladang liar yang berpindah-pindah, mengadakan reboisasi, serta mengganti tanaman tua dengan tanaman muda.

Demikianlah uraian mengenai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Meskipun keberadaannya tidak terbatas, semuanya bergantung pada kebijaksanaan manusia dalam memanfaatkannya. Jadi, tetap berpikir cerdas dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like