Prinsip Geografi – Geografi merupakan bidang studi yang mempelajari perihal bumi dan seisinya. Cakupan geografi cukup luas dari berbagai aspek kehidupan. Terdapat empat prinsip geografi yang digunakan dalam penelitian geografi.

Objek dari kajian geografi adalah bumi dan seisinya. Hal itulah yang menyebabkan banyak ilmuwan meneliti geografi. Ruang lingkup geografi cukup luas karena berkaitan dengan bumi. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai cabang ilmu di dalam geografi, seperti ekologi, paleogeografi, dan masih banyak lagi.


Pengertian Geografi

Prinsip Geografi

Bidang studi geografi mempelajari fenomena yang ada di bumi, baik fenomena fisik maupun fenomena alam. Geografi berasal dari gêo (“Bumi”), dan graphein (“tulisan” atau “menjelaskan”) yang berasal dari Yunani.

Secara umum, geografi merupakan bidang studi yang mempelajari fenomena alam, bumi dan seisinya. Namun untuk lebih memahami pengertian geografi secara menyeluruh perlu diketahui arti geografi menurut para ahli. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai geografi:

  • Ulman. Menurutnya, geografi merupakan interaksi langsung antar ruang yang terjadi di atas permukaan bumi.
  • Claudius Ptolomaneus. Ilmuwan ini berpendapat bahwa geografi merupakan permukaan bumi yang disajikan dalam sebuah peta.
  • Immanuel Kant. Pendapatnya mengatakan bahwa geografi merupakan segala benda dan objek yang berhubungan dengan bumi. Objek tersebut haruslah berada di dalam atau di permukaan bumi.
  • Frank Debenham. Menurut ilmuan hebat ini, geografi merupakan ilmu penafsiran mengenai hubungan dan interaksi manusia degan lingkungan fisik dan alam.
  • Bisri Mustofa. Salah satu ilmuwan dari Indonesia ini berpendapat bahwasanya merupakan studi yang menjabarkan tentang bumi dan isinya. Mulai dari makhluk hidup hingga lingkungan fisik yang ada di dalamnya.

Baca Juga: kondisi geografis indonesia 


Ruang Lingkup Geografi

Prinsip Geografi

Ruang lingkup dalam geografi dibagi menjadi tiga cakupan, yaitu secara fisik, sosial, dan regional. Setiap kategori memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu sebagai berikut:

1. Geografi Fisik

Segala peristiwa atau fenomena fisik yang terjadi di bumi merupakan bagian dari ruang lingkup geografi secara fisik. Berbagai hal yang berkaitan dengan bumi dan isinya merupakan jangkauan dari geografi fisik.

Fenomena yang dimaksud tidak hanya yang terjadi di atas permukaan bumi. Akan tetapi pada seluruh lingkungan bumi, baik atmosfer, antroposfer, hidrosfer, pedosfer, biosfer, dan litosfer. Contoh geografi yang terjadi di lingkungan fisik, yaitu proses terjadinya hujan, pergantian iklim dan cuaca, dan masih banyak lagi.

2. Geografi Sosial

Ruang lingkup geografi secara sosial lebih berfokus kepada kehidupan sosial manusia yang ada di dalam bumi. Selain itu, juga mempelajari interaksi yang dilakukan manusia terhadap lingkungan yang dihuninya. Adapun contoh ruang lingkup sosial dalam geografi adalah kepadatan penduduk, pengaruh lingkungan terhadap pola hidup penduduknya, dam masih banyak lagi.

3. Geografi Regional

Secara regional, geografi lebih berfokus kepada satu wilayah tertentu, seperti desa, kota, provinsi, dan lainnya. Segala aspek yang terjadi di satu wilayah tersebut merupakan cakupan dari geografi secara regional. Contoh ruang lingkup geografi regional adalah kepadatan penduduk, tingkat pertumbuhan penduduk pada suatu desa, dan masih banyak lagi.


Prinsip Geografi

Prinsip Geografi

Terdapat 4 prinsip geografi, yaitu distribusi, interelasi, deskripsi, dan korologi. Berikut penjelasan singkat beserta contohnya:

1. Prinsip Distribusi

Distribusi atau penyeberan merupakan prinsip utama dalam prinsip geografi. Prinsip ini biasanya digunakan untuk mengetahui fenomena atau peristiwa yang terjadi dan berkaitan dengan permukaan bumi. Baik secara tidak merata maupun secara tidak sama.

Fungsi utama prinsip ini adalah untuk mengetahui peristiwa atau fenomena yang akan datang dengan meneliti berbagai objek di dalam bumi. Distribusi dalam prinsip geografi juga bertugas dalam menelaah hubungan atar fenomena yang terjadi di dalam bumi. Contoh dari prinsip yang pertama ini adalah persebaran hewan dan tumbuhan di wilayah Indonesia.

2. Prinsip Interelasi

Interelasi atau keterkaitan merupakan prinsip geografi yang menelaah hubungan antara peristiwa geografi dalam ruang yang sama. Artinya geografi berfungsi untuk mengungkap dan menjelaskan mengenai hubungan suatu peristiwa dan keterkaitannya.

Pada prinsip geografi ini dibutuhkan hubungan sebab-akibat yang terjalin antara suatu peristiwa atau objek di dalam peristiwa tersebut. Contohnya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu akibat adanya pemanasan global.

3. Prinsip Deskripsi

Deskripsi atau penggambara dalam prinsip geografi bertugas untuk memberikan pemaparan secara terperinci perihal peristiwa atau fenomena yang terjadi di bumi. Karakteristik suatu fenomena akan digambarkan secara spesifik dalam prinsip ini. Hal ini dapat mempermudah dalam penyelesaian masalah atas fenomena yang terjadi. Contoh dari prinsip ini adalah grafik persebaran penduduk di Indonesia.

4. Prinsip Korologi

Prinsip terakhir dalam prinsip geografi adalah korologi atau gabungan. Fungsi dari prinsip ini adalah memberikan pemaparan serta penjabaran mengenai suatu fenomen atau gejala alam maupun fisik dengan menggabungkan ketiga prinsip sebelumnya.

Pada prinsip cakupannya lebih luas dan lengkap karena bekerja menggunakan ketiga prinsip sebelumnya. Penggunaan prinsip ini bisanya terjadi pada geografi modern. Adapun contohnya adalah penelitian perihal cuaca yang dilakukan dengan perbedaan antara cuaca di setiap wilayah, pengaruh kelebatan hutan terhadap cuaca, serta dampak yang ditimbulkan dari perubahan cuaca.

Baca Juga: sumber daya alam yang dapat diperbaharui


Aspek Geografi

Prinsip Geografi

Dalam mengkaji masalah geografi tentu perlu diketahui berbagai aspek di dalamnya. Berikut adalah penjelasan singkat terkait aspek-aspek dalam geografi:

1. Aspek Fisik

Aspek fisik pada geografi menelaah secara keseluruhan fenomena geosfer yang berkaitan langsung dengan kehidupan manusia. Segala macam fenomena yang mempengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia menjadi objek yang diteliti dalam aspek ini. Apek fisik sendiri terbagai menjadi tiga macam, yaitu:

  • Aspek Topografi, merupakan penguraian yang terperinci tentang suatu wilayah. Cakupan yang diteliti dalam aspek ini adalah mengenai kondisi suatu daerah secara menyeluruh.
  • Aspek Biotik, yakni berkaitan dengan makhluk hidup, baik yang mikro maupun yang makro. Artinya dalam aspek ini mengkaji seluruh fenomena yang berkaitan dengan makhluk hidup, seperti tumbuhan, binatang, dan manusia.
  • Aspek Non-Biotik, merupakan aspek yang berlawanan dengan aspek biotik. Pada aspek ini yang dikaji adalah fenomena yang berkaitan dengan benda mati, seperti tanah, air, udara, dan iklim.

2. Aspek Sosial

Apabila dalam aspek fisik berkaitan dengan peristiwa yang yang mempengaruhi kehidupan manusia, makan dalam aspek sosial yang dikaji adalah segala yang berkaitan atau berhubungan langsung dengan manusia. Pada aspek ini ditelaah mengenai keterkaitan manusia dengan fenomena fisik yang meliputinya, seperti kehidupan sosial dan budaya. Adapun aspek sosial dibagi menjadi beberapa bagian seperti berikut ini.

  • Aspek Sosial. Secara umum objek kajian dalam aspek ini adalah fenomena yang terjadi dan berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakatnya.
  • Aspek Ekonomi. Pada aspek ini erat kaitannya dengan tata kehidupan perekonomian suatu daerah, seperti perdagangan dan perindustrian.
  • Aspek Budaya. Kehidupan sosial budaya pada suatu kelompok masyarakat menjadi objek kajian pada aspek ini.
  • Aspek Politik. Segala urusan yang berkaitan dengan pemerintahan pada suatu negara atau suatu wilayah merupakan aspek soial-politik dalam geografis.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai pengertian geografi, ruang lingkup geografi, prinsip geografi, dan aspek-aspek yang mendukung dalam penelitian geografi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penelitian geografi dibutuhkan pemahaman mengenai seluruh kandungan geografi.

Prinsip Geografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like