Persebaran Flora di Indonesia – Flora adalah istilah untuk menyebutkan segala jenis tumbuhan yang hidup di bumi. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai persebaran flora di Indonesia, artinya di sini akan membahas jenis-jenis tanaman apa saja yang hidup di Indonesia dan di bagian mana.

Indonesia adalah negara yang cukup luas terbentang dari ujung pulau We hingga pulau Rote. Diapit oleh dua benua dan dua samudra menjadikan Indonesia memiliki karakteristik flora yang sangat beragam.


Faktor-Faktor Perbedaan Persebaran Flora Di Indonesia

Persebaran Flora di Indonesia

Dalam ilmu biologi mahluk dapat hidup sangat bergantung dengan keadaan lingkungannya. Sehingga keanekaragaman flora di Indonesia sangat bergantung keadaan alamnya di mana mereka tinggal. Hal itu mempengaruhi perbedaan flora di daerah-daerah di Indonesia.

1. Asal-usul Daratan di Indonesia

Secara geologi persebaran flora di Indonesia ada kemiripan dengan dataran Asia, serta ada yang mirip dengan Australia. Ini disebabkan karena dahulunya dataran pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa tergabung dalam dataran lempeng Asia. Sedangkan dataran pada Papua merupakan bagian dari lempeng Australia. Sedangkan Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara merupakan dataran peralihan.

Dataran Sumatra, Kalimantan dan Jawa sering diistilahkan dengan dataran Sunda. Sedangkan Papua disebut dengan dataran Sahul. Lalu Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara disebut dataran peralihan.

2. Perbedaan Iklim

Penyebab lain dari perbedaan jenis persebaran flora Indonesia adalah faktor iklim. Faktor ini meliputi rata-data suhu, angin, rata-rata curah hujan, serta kelembaban udara. Walaupun secara umum memiliki iklim tropis tetapi di wilayah-wilayah memiliki perbedaan curah hujan.

Dari sana perbedaan jenis tumbuhan muncul, karena ada tumbuhan yang membutuhkan air yang banyak sehingga ia tumbuh di daerah dengan curah hujan tinggi. Ada yang sebaliknya membutuhkan tempat yang kering. Ada yang tumbuh tidak terlalu membutuhkan sinar matahari yang banyak, tetapi ada yang sebaliknya.

Baca Juga: siklus hidrologi


Persebaran Flora di Indonesia Menurut Kondisi Geografis

Persebaran Flora di Indonesia

Flora di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan keadaan geografisnya atau biomanya. Keadaan geografis yang dimaksud adalah perpaduan iklim dan kondisi daerah sehingga menghasilkan suatu ekosistem yang khas di daerah tersebut. Dalam ilmu biologi disebut dengan bioma. Berikut adalah pembagiannya.

1. Hutan Mangrove

Hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang dan surut air laut. Khasnya adalah adanya akar nafas yang keluar dari permukaan air. Hutan ini banyak ditemui di wilayah pantai timur Sumatra dan daerah pantai Kalimantan Tengah, dan Papua. Sayangnya banyak hutan Mangrove yang hilang karena kebutuhan lahan daripada manusia.

2. Hutan Lumut (Tundra)

Hutan lumut atau tundra biasanya ada di pegunungan yang tinggi, yang mana biasanya tertutup kabut. Permukaan yang tinggi dan kabut yang basah membuat udara begitu lembap dan suhunya dingin. Kenampakan daripada tundra adalah pepohonan yang ditumbuhi lumut di permukaannya. Banak ditemukan di Jawa, Kalimantan, Papua, Sumatra, Sulawesi.

3. Hutan Rawa

Banyak ditemui di wilayah Kalimantan Barat dan Tengah. Hutan dengan rawa air tawar bayak menghasilkan kayu yang baik, biasanya kayu ramin, selain itu tanahnya dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

4. Hutan Musim

Hutan musim biasanya disebut juga dengan hutan homogen, karena tumbuhnya terdiri dari sejenis pohon dan sangat dipengaruhi musim. Pada saat musim kemarau daun-daun akan meranggas. Contoh hutan Musim seperti hutan pinus, hutan cemara, hutan jati.  Banyak di Jawa Tengah, dan Jawa Timur sampai Nusa Tenggara.

5. Hutan Hujan Tropis

Disebut  hutan rimba dan hutan heterogen. Pohon-pohonnya sangat lebat, pohon-pohonnya terdapat varian jenis pohon, Dengan ukuran yang tinggi-tinggi. Dapat banyak ditemukan di Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua.

6. Stepa

Stepa merupakan padang rumput. Curah hujan telah habis di bagian barat seperti Sumatra dan Jawa Barat, sehingga memunculkan stepa di wilayah yang lebih ke timur seperti Nusa Tenggara dan pulau Timor. Sedikitnya curah hujan sehingga hanya mampu menumbuhkan jenis rumput.

7. Sabana

Padang rumput luas yang diselingi baik pepohonan ataupun semak-semak. Musim kemarau di sabana cenderung panjang dan panas. Sering terdapat di  Nusa Tenggara, Madura, juga dataran tinggi Gayo (Aceh).

Baca Juga: penyebab banjir


Persebaran Flora di Indonesia Menurut Wilayah

Persebaran Flora di Indonesia

Berdasarkan faktor-faktor itu maka wilayah flora di Indonesia bisa dibagi menjadi empat wilayah, antara lain (1) Wilayah Dataran Sunda yang dilewati Khatulistiwa (Sumatra dan Kalimantan); (2) Wilayah dataran Sunda yang sisi selatan tidak dilalui khatulistiwa. (3) Dataran Peralihan atau wallace; (4) Dataran Papua. Berikut uraian singkatnya :

1.  Flora Wilayah Sumatra-Kalimantan

Wilayah Sumatra dan Kalimantan memiliki kesamaan dengan flora di benua Asia. Wilayah ini juga memiliki curah hujan yang tinggi serta kelembaban yang juga tinggi menyebabkan wilayah Sumatra dan Kalimantan dipenuhi oleh hutan hujan tropis.

Curah hujan yang tinggi mengakibatkan hujan sering turun, sehingga hutannya akan hijau sepanjang tahun.  Jenis tumbuhannya sangat eterogen, alias beragam. Kayu-kayu di hutannya juga sangat banyak, jika dalam kondisi lestari akan banyak pohon-pohon tinggi yang mencapai 60 meter.  Di sekitar pantai-pantai Sumatra dan Kalimantan banyak didapati kawasan mangrove.

Di Sumatra menjadi tempat tinggal asli dari tanaman seperti kayu besi, pinus, meranti, kamper, beringin, kayu manis. Sedangkan di Kalimantan juga menjadi tempat tumbuh asli tanaman-tanaman seperti rotan, pinus, kamper, ramin, bakau, jelutung.

2. Flora Wilayah Jawa-Bali

Flora di Jawa sampai Bali hampir sama dengan Sumatra dan Kalimantan yang masuk dalam wilayah barat termasuk lempeng Asia. Kebanyakan menjadi bioma hutan hujan tropis. Namun semakin mengarah ke timur semakin menurun curah hujannya.  Dengan demikian semakin ke timur akan semakin banyak didapati wilayah sabana tropis seperti di Madura dan Bali.

Ciri khas persebaran flora Indonesia di wilayah Jawa-Bali antara lain beringin, mahoni, jati meranti, anggrek, pinang, dan bugenvil. Ada pula hutan homogen seperti hutan pinus, jati dan cemara.

3. Flora Wilayah Papua

Persebaran Flora di Indonesia di bagian timur khususnya pulau Papua dan sekitarnya memiliki kesamaan dengan flora di Australia. Tetapi karena juga dilewati oleh garis khatulistiwa dan juga curah hujan yang tinggi maka di sini maka tetap didominasi oleh hutan hujan tropis. Namun ketinggian pohon daripada hutan di sini lebih rendah dari yang berada Sumatra dan Kalimantan.

Di Papua terdapat banyak tumbuhan jenis conifera seperti agatis alba serta obi. Banyak terdapat semak belukar dan pepohonan yang jarang. Di wilayah yang termasuk dataran rendah terdapat tanaman nipah, bakau dan sagu. Selain itu terdapat beberapa jenis flora yang sangat khas seperti  pohon rasamala dan eucalyptus.

4. Flora Wilayah Peralihan

Persebaran flora di Indonesia wilayah Tengah atau peralihan ada di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Pulau Timor. Secara umum terdapat banyak hutan-hutan yang seragam, alias hutan yang didominasi satu tumbuhan saja.

Apabila dibahas spesifik maka didapati wilayah Nusa Tenggara dan Timor dikenal dengan tingkat kelembaban udara yang rendah. Sehingga Floranya merupakan vegetasi sabana dan stepa tropis.

Di Sulawesi terdapat hutan pegunungan. Sedangkan di Maluku terkenal dnegan hutan campuran dan jenis  jenis rempah-rempah, seperti Cengkeh, kenari, lontar, kayu manis, kenari, pala, kayu eboni, dan kayu cendana.

Penjelasan di atas menunjukan persebaran flora di Indonesia sangat bervariasi. Ini disebabkan karena posisi Indonesia yang strategis diantara benua. Dengan mengetahuinya semoga dapat menjadi pendorong untuk menjaga kelestariannya.

Persebaran Flora di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like