Peran Indonesia dalam ASEAN dari Berbagai Bidang Kehidupan

peran indonesia dalam asean

Peran Indonesia Dalam ASEAN – Peran Indonesia dalam ASEAN bisa dibilang cukuplah penting. Indonesia bahkan merupakan salah satu pendiri ASEAN dengan Adam Malik sebagai wakilnya pada masa itu. Tak hanya itu, ada banyak sekali peran penting Indonesia dalam ASEAN yang akan dibahas satu persatu di bawah ini.


Apa Itu ASEAN?

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Sebelum itu, pengenalan kepada ASEAN sangatlah perlu untuk mendapat informasi seputar himpunan persatuan bangsa-bangsa di Asia Tenggara ini. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan perkumpulan yang awalnya terdiri dari 5 negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand pada 8 Agustus 1967.

ASEAN sendiri dibentuk dengan keinginan kuat untuk menciptakan satu kedamaian, keamanan, kestabilan, dan kesejahteraan di dalam kawasan Asia Tenggara. Alasan ini diperkuat karena adanya konflik perebutan ideologi antar negara di tahun 60- an yang dikhawatirkan akan semakin memanas tanpa adanya solusi.

Baca Juga: norma kesusilaan


Arti Dari Bendera ASEAN

Peran Indonesia Dalam ASEAN

(gambar disini)

Setiap gambar dan warna di bendera ASEAN ini memiliki arti masing-masing. Dari luar, terdapat warna biru di bagian luar lingkaran yang melambangkan hal-hal yang stabil dan damai. Setelah itu, ada gambar lingkaran yang menjadi pemisah antara warna merah di dalam dan warna biru diluar. Lingkaran ini melambangkan kesatuan ASEAN.

Selanjutnya ada warna merah di dalam lingkaran yang dapat diartikan sebagai dinamis dan semangat. Lalu yang terakhir terdapat simbol ikatan padi di bagian tengah bendera yang berarti keterikatan para anggota ASEAN dalam persahabatan dan kesetiaan. Hal ini juga termasuk dalam salah satu harapan utama para pendiri ASEAN.

Baca Juga: Isi Teks Proklamasi


11 Peran Indonesia Dalam ASEAN

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Mulai dari menjadi pelopor pendirinya hingga menjadi negara pemberi gagasan mengenai pentingnya HAM, berikut adalah 11 peran Indonesia dalam ASEAN :

1. Pelopor Berdirinya ASEAN

Indonesia merupakan salah satu dari lima pelopor berdirinya ASEAN bersamaan dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan Malaysia. Dalam hal ini, Indonesia sendiri diwakilkan oleh Adam Malik sebagai wakil Indonesia bersamaan dengan 4 wakil lainnya untuk membahas kedamaian Asia Tenggara di bidang Ekonomi, Politik, Sosial, budaya, dan keamanan.

2. Perantara Perundingan Damai

Pada tahun 1960 an, terjadilah perang saudara di daerah Kamboja yang kerusuhannya hingga masuk kedalam perbatasan daerah Muangthai. Akibatnya banyak sekali warga di dua daerah tersebut yang mengungsi ke negara lain. Oleh karena itu, Indonesia ditunjuk sebagai penengah dan pemberi solusi dari masalah kedua negara ini.

3. Pemberi Fasilitas Kepada Pengungsi

Perlu diketahui bahwa daerah Asia Tenggara ini merupakan daerah yang rawan terhadap bencana alam. Oleh sebab itu, peran Indonesia dalam ASEAN kali ini yaitu memberikan fasilitas kepada para pengungsi yang menjadi korban bencana alam.

Tak hanya itu, ada juga bencana sosial yang tak luput terjadi di Kawasan Asia Tenggara ini. Para penduduk minoritas mulai mengungsi ke negara lain setelah mendapat perlakuan yang tidak baik dari negaranya sendiri. Dalam hal ini, Indonesia bahkan menyediakan satu pulau yang dipergunakan untuk tempat tinggal sementara para pengungsi yakni Pulau Galang.

4. Membentuk Komunitas Keamanan

Indonesia juga turut serta dalam pembentukan komunitas keamanan. Hal ini bertujuan agar dapat menanggulangi setiap kejahatan atau kriminalitas yang terjadi di daerah Asia Tenggara baik dalam bidang militer maupun militer (terorisme, separatisme, rampok, kejahatan lalu lintas, dll).

5. Penyelenggara KTT ASEAN Pertama

KTT atau bisa di artikan sebagai Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN merupakan pertemuan para anggota ASEAN yang membahas tentang satu masalah daerah Asia Tenggara yang harus ditemui solusinya.

Pada kesempatan kali ini, Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara KTT pertama kali. Tak tanggung-tanggung, Pulau Bali yang sangat terkenal dengan keindahan alam pantai dan juga destinasi wisatanya pernah menjadi pulau pertama sebagai tempat penyelenggara KTT.

6. Ikut Aktif Dalam Menjalin Hubungan ASEAN Dengan Negara Maju

Negara maju pastinya sudah berada di atas negara berkembang dalam segala aspek. Peran Indonesia dalam ASEAN kali ini adalah ikut melakukan kerjasama kepada para negara maju yakni Jepang, Cina atau Tiongkok untuk mendapat sebuah benefit (keuntungan) yang berguna bagi kesejahteraan warga di wilayah ASEAN.

7. Gerakan Pembebasan Moro Di Filipina

Puluhan tahun yang lalu, masyarakat muslim Moro sempat mendapatkan perlakuan yang tidak enak dari negaranya sendiri. Beruntungnya, Indonesia ikut dalam pembebasan muslim Moro. Hal ini dilakukan atas dasar kemanusiaan dan tidak memihak pada blok manapun serta aktif dalam perdamaian dunia.

8. Pemimpin ASEAN

Perlu untuk diketahui, kepemimpinan dalam ASEAN akan digilir dari negara satu ke negara lainnya. Hal ni bertujuan agar setiap negara mendapat kesempatan untuk memimpin jalannya ASEAN.

Indonesia sendiri menjadi pemimpin ASEAN pada tahun 2004 dengan masa kepemimpinan Bapak Soeharto (masa orde baru). Negara ini juga ikut memperkenalkan doktrin ketahanan nasional pada pertemuan ASEAN ke-5 dengan Singapura sebagai tuan rumahnya. Hal ini bertujuan untuk mempertegas tujuan ASEAN.

9. Berpartisipasi Dalam Acara SEA Games

South East Asia Games merupakan ajang perlombaan dalam bidang olahraga di Kawasan Asia Tenggara. SEA Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1959 dengan Thailand sebagai tuan rumah pertamanya.

Indonesia sendiri juga pernah beberapa kali menjadi tuan rumah SEA Games. Pada tahun 1962, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah ajang perlombaan SEA Games setelah Hanoi mengundurkan diri. Pada tahun 2018 Indonesia juga ikut menjadi tempat penyelanggara SEA Games dan memberikan penampilan yang meriah.

10. Pemberi Gagasan Mengenai Pentingnya HAM

Hak Asasi Manusia atau bisa disebut HAM merupakan suatu hak yang telah ada pada diri manusia sejak lahir. Hak ini tidak akan lepas dari manusia dan akan terus melekat pada dirinya. Manusia juga diharuskan untuk terus menyuarakan HAM mereka. Hal ini bertujuan agar setiap warga mendapat perlakuan adil dan manusiawi di setiap negaranya.

Peran Indonesia dalam ASEAN kali ini adalah menjadi negara yang menyuarakan tentang eksistensi HAM di wilayah Asia Tenggara. Indonesia sendiri merupakan negara dengan masyarakat multikultural, sehingga Indonesia mengajak para anggota ASEAN lainnya untuk tidak menyepelekan HAM.

Indonesia juga ikut menyuarakan pada setiap warga di wilayah Asia Tenggara agar terus menaati peraturan dengan patuh dan menyesuaikan diri kepada norma-norma yang berlandaskan pada HAM agar semuanya mendapatkan haknya masing-masing

11. Kerjasama Antar Negara ASEAN Di Bidang Akademis

Sudah sepatutnya suatu negara menginginkan negaranya terisi dengan warga-warga yang memiliki kemampuan akademis yang cemerlang agar dapat terus memajukan negara. Kali ini Indonesia berkesempatan untuk menjalin kerjasama kepada negara ASEAN lainnya dalam bidang Akademis.

Sudah banyak universitas dan sekolah-sekolah di Kawasan Asia Tenggara yang menjalin kerjasama satu sama lain. Singapura, Thailand, dan Malaysia merupakan negara dengan banyak penyedia beasiswa atau scholarship bagi negara ASEAN. Banyak juga program pertukaran pelajar yang diharapkan dapat mempelajari budaya baru di Asia Tenggara.

Itu tadi 11 peran Indonesia dalam ASEAN yang sangat perlu untuk dipelajari bagi setiap warga terutama para remaja yang kelak diyakini akan menjadi penerus bangsa-bangsanya. Sangat diharapkan kepada para penerus bangsa untuk dapat terus memajukan bangsa Indonesia dan menjadi bagian ASEAN yang terpercaya dan terhormat.

Peran Indonesia Dalam ASEAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *