Pengertian Teknologi Adalah : Contoh, Manfaat, Sejarah & Jenis jenis

2 min read

Pengertian Teknologi

Pengertian Teknologi – Anda semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata ‘teknologi’. Akan tetapi, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah apakah Anda sudah tahu pengertian teknologi itu sendiri?

Pada awalnya makna teknologi sendiri hanya terbatas pada benda-benda berwujud seperti halnya peralatan-peralatan atau mesin. Kemudian berkembang pada metode, ilmu atau gagasan. Kata teknologi sebenarnya berasal dari perpaduan dua kata, techne dan logos.

Dalam bahasa Yunani techne memiliki arti keterampilan, sedangkan logos berarti ilmu. Jadi secara bahasa teknologi memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang keterampilan. Penggunaan istilah teknologi diadopsi dari bahasa Inggris ‘technology’ sejak abad ke-20 yang bersamaan juga dengan berakhirnya Revolusi Industri kedua.

Yang perlu Anda pahami sebenarnya adalah teknologi ini tidak hanya terbatas pada perangkat canggih saja, seperti halnya smartphone, komputer, laptop, atau aplikasi, namun juga bisa berupa peralatan sederhana seperti halnya alat makan atau pertukangan. Intinya, alat yang diciptakan untuk membantu memudahkan kehidupan manusia masuk dalam kategori teknologi.


Pengertian Teknologi Menurut Ahli Di Bidang yang Berbeda

Pengertian Teknologi Menurut Ahli Di Bidang yang Berbeda

1. Teknologi Informasi

Menurut Haag dan Keen teknologi informasi adalah seperangkat alat yang bisa membantu manusia bekerja dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Teknologi Komunikasi

Menurut Bernard Barelson & Garry A. Steiner, pengertian teknologi komunikasi adalah proses transmisi informasi, emosi, gagasan, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, angka, gambar, grafis, dan lain sebagainya.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi adalah teknologi yang membantu manusia untuk berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat.

4. Teknologi Pendidikan

Menurut Nasution, pengertian teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan, dan penilaian dari sistem-sistem, teknik, dan alat bantu yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran yang mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi komputer.

6. Teknologi Konstruksi

Pengertian teknologi konstruksi adalah teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan.

Baca Juga: Pengertian Cerpen


Lompatan Besar Dalam Perkembangan Teknologi

Lompatan Besar Dalam Perkembangan Teknologi

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Lompatan besar teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi adalah proses yang lebih mudah, cepat, dan murah. Jika dulu Anda melakukan komunikasi jarak jauh dengan mengunakan surat, telepon rumah, dan telegram, kini Anda bisa melakukannya dengan lebih cepat lagi melalui smartphone, aplikasi chatting, media sosial, dan lain sebagainya.

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Salah satu contoh paling nyata lompatan besar perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi dan bisnis adalah internet banking dan mesin ATM (Automated Teller Machine) yang memudahkan proses transaksi pembayaran.

Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat prose delivery menjadi semakin mudah dan cepat dengan adanya berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi mobile.

3. Bidang Pendidikan

E-learning system adalah salah satu contoh lompatan terbesar teknologi dalam bidang pendidikan. Dengan munculnya sistem pembelajaran terbaru seperti ini, peserta didik tidak perlu lagi datang ke sekolah, namun cukup dengan membuka website atau aplikasi dan mengakses materi pembelajaran secara online.

4. Bidang Transportasi

Keberadaan moda transportasi yang semakin lengkap saat ini, apalagi ditambah dengan pemanfaatkan internet sebagai media penghubungnya, membuat proses perjalanan manusia kini menjadi semakin mudah dan cepat.

5. Bidang Medis

Perkembangan teknologi juga sangat dirasakan di bidang medis dimana dengan adanya penemuan berbagai metode, obat-obatan, peralatan, dan mesin terbaru membuat para dokter dan perawat semakin mudah melakukan perkerjaannya.

Baca Juga: Pengertian Pasar Modal


Prediksi Teknologi Masa Depan

Prediksi Teknologi Masa Depan

Menurut pakar Artificial Intellegence, Profesor Toby Walsh, kemajuan teknologi pada tahun 2050 akan mengubah bagaimana cara manusia berpindah tempat, menjaga kesehatan, dan menghibur diri.

Di bawah ini adalah 5 prdiksi kemajuan teknologi tahun 2050 berdaarkan analisis Walsh:

1. Manusia dilarang berkendara

Pengembangan kendaraan otonom sedang dilakukan saat ini. Dan kendaraan yang bisa berjalan sendiri tersebut diklaim akan sempurna pada tahun 2050 yang akan berjung pada larangan manusia mengemudi.

2. Marylin Monroe akan hidup lagi

Industri Hollywood dan game komputer akan jadi satu. Film akan membawa Anda ke dunia hyper-realita. Sehinga pada akhirnya para pembuat film, realitas virtual, dan game komputer akan jadi satu ke dalam industri hiburan.

3. Komputer jadi bos

Wlash memprediksi komputer akan jadi bos, yang nantinya akan memutuskan memecat dan mempekerjakan seseorang. Komputer juga yang akan memberikan izin liburan, jadwal pekerjaan sehari-hari, hinga kenaikan pangkat.

4. Pemeriksaan kesehatan setiap hari

Teknologi penunjang kesehatan akan semakin canggih. Manusia akan mengenakan jam tangan yang memantau denyut nadi, tekanan darah, sampai dengan waktu tidur dan olahraga.

5. Berbicara dengan kamar

Semua barang rumah tangga akan terkoneksi dengan internet. Apapun bendanya, akan bekerja untuk Anda, mengenali pola suara Anda untuk autentifikasi permintaan mengakses kalender pribadi Anda.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa pengertian teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari keterampilan dalam menciptakan sebuah alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan juga pekerjaan Anda sehari-hari.

Pengertian Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *