Pengertian Software – Pengertian software bisa dipahami sebagai suatu data yang memang sengaja diprogram serta disimpan dalam sebuah komputer secara digital yang tidak tampak secara fisik. Software ini dalam istilah lain sering disebut dengan perangkat lunak. Melalui software inilah komputer bisa menjalankan maupun mengoperasikan sebuah perintah.

Software bisa juga diartikan sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras atau hardware. Selanjutnya hardware mampu mengenali software dari bahasa pemprograman yang berupa kode-kode yang disatukan.

Software bisa dikatakan memiliki peran yang cukup vital pada komputer. Sebab dengan adanya software maka hardware bisa dioperasikan atau dikontrol dengan baik. Software sendiri dibuat dengan menggunakan bahasa pemprograman yang diciptkan dan ditulis oleh seoran programmer yang kemudian dikompilasi oleh sebuah aplikasi bernama kompiler supaya bisa menjadi sebuah kode yang mampu dikenali hadware.

Sekilas mungkin Anda masih kurang begitu jelas terkait dengan definisi software itu sendiri. Supaya lebih jelas lagi, di bawah ini ada beberapa pengertian parangkat lunak atau software dari para ahli dibidangnya.


Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian Software

Agar supaya Anda lebih memahami pengertian software, berikut ini ada beberapa definisi software dari beberapa ahli dimana para ahli tersebut umumnya juga merangkap sebagai praktisi maupun peneliti di dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

Roger S. Pressman

Software didefinisikan sebagai sebuah perintah program dalam komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya bisa memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang dikehendaki oleh usernya.

Melwin Syafrizal Daulay

Software diartikan sebagai suatu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah ke sistem komputer. Selain itu software juga bisa dipahami sebagai perangkat yang menjembatani interaksi antara user dengan komputer yang menggunakan bahasa mesin.

ITL Education Solutions Ltd.

Sofware dipahami sebagai istilah umum untuk menunjukkan sebuah koleksi data komputer dan interaksi yang terorganisir. Artinya software memiliki tanggung jawab untuk mengelola, mengendalikan, dan mengintegrasikan komponen-komponen hardware. Alasannya tanpa adanya software, komputer hanyalah perangkat keras yang mati dan tidak bisa digunakan.

Wiwit Siswanto

Pengertian software menurut Wiwit Siswanto adalah sebuah nyawa dari komputer atau hardware. Alasannya tanda adanya software komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau hardware yang mati yang tidak bisa difungsikan.

Imam Prayogo Pujiono

Software didefinisikan sebagai sebuah program di dalam komputer yang dirancang dengan sedemikian rupa yang seandainya dioperasikan akan memberikan perintah ke komputer atau hardware atau software lain dalam rangka untuk menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, juga tuntutan tertentu seperti yang dikehendaki user.

Baca Juga: Pengertian Politik


Fungsi Software atau Perangkat Lunak

Pengertian Software

Secara umum, software atau perangkat lunak memiliki dua fungsi utama, diantaranya adalah:

  1. Berfungsi sebagai pemproses data, perintah, atau instruksi khusus. Artinya user bisa mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil kerja yang diinginkannya.
  2. Software juga berfungsi sebagai sarana interaksi yang mengkoneksikan user dengan perangkat kerasnya. Artinya tanpa adanya software ini, hardware atau perangkat keras tidak bisa difungsikan sebagaimana keinginan usernya.

Baca Juga: Pengertian Sistem


Jenis-Jenis Software Lengkap dengan Contohnya

Pengertian Software

Setelah memahami apa pengertian software, penting juga untuk mengerti jenis dan contoh software. Berdasarkan fungsinya, software bisa dibagi ke dalam empat jenis, yakni:

Operating System atau Sistem Operasi

Operating system atau sistem operasi merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pengendali semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh dari operatong system atau sistem operasi seperti Microsoft Windows, LINUX, UNIX, Macontosh, dan lain sebagainya.

Application Software atau Program Aplikasi

Application software atau program aplikasi bisa dipahami sebagai suatu program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemprograman tertentu untuk diaplikasikan pada bidang tertentu. Beberapa contoh dari application software atau program aplikasi yang sering digunakan seperti Micriosoft Office, Adobe Photoshope, Adobe Dreamweaver, Adobe Acrobat, Google Chrome, WinRAR, dan lain sebagainya.

Utility Software atau Program Bantu

Utility software atau program bantu ini bisa dipahami sebagai suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Beberapa contoh dari Utility software atau program bantu seperti Antivirus, Windows Media Player, Winamp, GOM Player, FLV Player, dan lain sebagainya.

Malware atau Program Perusak

Malware atau program perusak bisa dipahami sebagai suatu program komputer yang sengaja diciptakan dengan tujuan utama untuk mencari kelemahan dari software itu sendiri. Umumnya malware dibuat untuk membobol atau merusak suatu software maupun operating system. Beberapa contoh dari malware atau program perusak seperti Virus, Worm, Keyloger, Trojan, Spyware, adware, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal penting terkait dengan software. Semoga ulasan singkat mengenai pengertian software ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.

Pengertian Software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like