Pengertian Sistem Operasi Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Manfaat

Pengertian Sistem Operasi – Pengertian sistem operasi bisa dipahami sebagai suatu perangkat lunak atau software yang berperan mengatur atau mengontrol kerja dari perangkat keras atau hardware. Namun tidak hanya itu saja, sistem operasi juga berfungsi untuk menjalankan aplikasi atau software yang ada di dalam suatu sistem komputer.

Artinya sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi tertentu bisa berjalan. Oleh sebab itu sistem operasi juga dikenal dengan istilah essential component, maksudnya adalah komputer dan sistemnya hanya bisa berkerja dengan adanya sistem operasi ini, kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting.


Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Operasi

Banyak sekali pengertian sistem operasi menurut para ahli, diantaranya seperti:

Suyanto

Mendefinisikan sistem operasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen software yang memiliki fungsi sebagai pengontrol seluruh kegiatan dalam komputer.

Iim Rusyams

Mendefiniskan sistem operasi sebagai perangkat lunak atau software yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras atau hardware dan juga operasi-operasi dasar sistem termasuk menjalankan program aplikasi.

Abas A. Pangera

Mendefiniskan pengertian sistem operasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen kerja yang memuat metode kerja yang dipakai untuk memanfaatkan mesin sehinga bisa bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: Pengertian Bola Basket


Fungsi Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Menjalankan operasi dasar

Sistem ini dinilai sebagai komponen paling penting yang mendasari kerja perangkat lunak atau software lainnya.

Mengatur kerja hardware dan software

Artinya sistem operasi berfungsi untuk mengontrol fungsi perengkat keras maupun perangkat lunak. Mulai dari memori, aplikasi, hard disk, CPU, dan lain sebagainya.

Wadah program atau aplikasi

Analoginya sistem operasi merupakan suatu lantai dimana barang-barang diletakkan supaya barang itu bisa digunakan.

Menyajikan tampilan

Tampilan yang biasa Anda lihat pada layar komputer maupun smartphone sebenarnya adalah hasil dari pengolahan sistem operasi. Artinya sistem operasi mampu memudahkan aplikasi-aplikasi berjalan, sekaligus juga menampilkannya pada monitor layar atau menerjemahkan bahasa pemrograman yang bersumber dari CPU.

Mengoordinasi kerja perangkat kumputer

Sistem operasi juga berfungsi untuk mengoordinasi berbagai hal yang ada di dalam komputer, khususnya menyusun program-program yang bersifat kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Intinya sistem operasi akan memudahkan sebuah aplikasi sehinga dapat bekerja dengan lebih efisien.

Mengawasi dan melindungi jalannnya suatu fungsi program

Sistem operasi mampu memberikan hak kepada para penggunanya untuk mengakses komputer, menjalankan suatu program, hingga mengendalikan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut.

Tidak hanya itu saja, sistem operasi juga memberikan hak kepada para penggunanya untuk mengakses sistem atau program. Sistem operasi juga dapat mengawasi segala hal yang dilakukan oleh para penggunanya dalam mengakses sistem program yang ada di dalam komputer.

Baca Juga: Pengertian Software


Macam-Macam Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Ada cukup banyak sistem operasi yang sering Anda temui. Selain itu ada sistem operasi yang sebenarnya merupakan pecahan dari sistem operasi lain. Di bawah ini adalah contoh beberapa sistem operasi yang cukup populer di dunia.

1.    Microsoft Windows

Windows bisa dikatakan sebagai sistem operasi paling populer di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan sebagain besar PC maupun Laptop di Indonesia menggunakan sistem operasi buatan Bill Gates ini.

2.    Linux

Sistem operasi Linux ini berjenis open source. Artinya bisa dimodifikasi dan didistribusikan kembali oleh siapa saja secara bebas. Selain itu umumnya bisa diunduh secara gratis, tidak seperti Windows yang harus membeli lisensinya terlebih dahulu.

3.    Android

Pada awalnya sistem operasi Android ini berbasis Linux yang khusus dirancang untuk dioperasikan pada perangkat mobile berlayar sentuh, misalnya pada smatrphone atau komputer tablet.

4.    iOS

iOS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Aplle untuk iPhone maupun iPod Touche. Selain itu, iOS ini juga dikembangkan untuk perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Namun tidak seperti Android yang bisa dipakai oleh berbagai vendor smatrphone, iOS hanya bisa dioperasikan pada perangkat-perangkat buatan Apple saja.

5.    Mac OS

Sistem operasi yang satu ini merupakan buatan dari perusahaan mendiang Stave Jobs, Apple. Sistem operasi ini secara khusus diciptakan untuk komputer Macintosh atau istilah lain sering disebut dengan Mac.

6.    Windows Phone

Selain Androiid, ada sistem operasi lain untuk ponsel, yaitu Windows Phone. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini merupakan pengganti dari platform Windows Mobile. Windows Phone pertama kali dirilis untuk global pada Oktober 2010 dan di Asia pada awal 2011.

Itulah beberapa point penting terkait dengan sistem operasi. Sebenarnya yang perlu digaris bawahi dari pengertian sistem operasi ini adalah baik software maupun hardware tidak akan berfungsi dengan semestinya tanpa adanya sistem operasi yang menggerakkannya.

Pengertian Sistem Operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *