Pengertian Seni Adalah : Contoh, Tujuan Definisi dan Macam macamnya

Pengertian Seni

Pengertian Seni – Pengertian seni adalah polemik yang tidak pernah berhenti sepanjang waktu. Kondisi ini disebabkan seni merupakan bidang keilmuan sosial yang tidak memiliki patokan eksak. Namun yang jelas setiap manusia memiliki sisi kreatifitasnya sendiri-sendiri dengan hasil keterampilan dan rasa keindahan yang sering diistilahkan dengan karya seni.

Seni sudah menjadi salah satu bagian dalam perjalanan sejarah manusia dari masa prasejarah hingga saat ini. Keberadaan seni ini bisa dibilang sangat melekat di setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehinga tidak mungkin bisa terpisahkan. Dan arti seni sendiri bisa dikatakan sangat luas dalam ruang lingkup tertentu serta memiliki berbagai macam jenis.

Istilah seni sendiri berasal dari bahasa Sanskerta sani yang memiliki arti pemujaan, persembahan, dan palayanan yang sangat erat dengan upacara keagaam yang sering disebut dengan kesenian.

Pendapat lain mengatakan jika seni sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Genie yang memiliki arti Genius dalam bahasa latin, yakni kemampuan mengagumkan yang dibawa manusia sejak lahir atau yang sering dikenal dengan bakat. Sedangkan dalam bahasa Inggris, seni disebut dengan Art yang berarti Art Visual atau seni rupa.

Secara umum, Pengertian seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang didalamnya mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain. Artinya seni merupakan produk keindahan, yang mana manusia berusaha menciptakan sesuatu yang indah serta dapat membawa kesenangan.

Menurut Immanuel Kant, seni adalah sebah impian sebab rumus-rumus tidak mampu mengihtiarkan kenyataan. Lebih lanjut Ki Hajar Dewantara mendefinisikan seni sebagai sebuah hasil keindahan sehinga mampu mengerakkan perasaan indah seseorang yang melihatnya. Artinya, perbuatan manusia yang mampu mempengaruhi dan dapat menimbulkan perasaan indah adalah seni.


Para Ahli Punya Pengertian Seni Yang Berbeda

Pengertian Seni

1. Seni Musik

Aristoteles mendifinisikan seni musik sebagai curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari sebuah gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki sebuah irama.

2. Seni Rupa

Menurut Haukin, seni rupa adalah sebuah bagian eksprsi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda.

3. Seni Tari

Soedarsono mendefinisikan pengertian seni tari sebagai sebuah ekspresi jiwa manusia melalui gerakan-gerakan yang indah dan ritmis.

4. Seni Sastra

Plato mendefinisikan sastra sebagai hasil peniruan ataupun gambaran dari kenyataan (mimesis). Jadi sebuah karya sastra harus merupakan sebuah peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan.

5. Seni Teater

Menurut Seni Handayani dan Wildan, pengertian seni tetater adalah sebuah bentuk karangan yang bertumpu pada dua cabang kesenian, yaitu seni sastra dan seni pentas. Oleh sebab itu drama pun dibagi menjadi dua, drama dalam bentuk naskah tertulis dan drama yang dipentaskan.

Baca Juga: Pengertian Data


Macam-Macam Seni Yang Patut Anda Ketahui

Pengertian Seni

Jika melihat pengertian seni di atas, terkadang membuat Anda terjebak dalam sebuah asumsi yang tidak jelas. Sehingga pada akhirnya Anda akan merasa kesulitan untuk menilai apakah ini sebuah karya seni ataukah tidak. Untuk memudahkannya, sebenarnya seni dibedakan menjadi empat kelompok, diantaranya adalah:

1. Seni Musik

Seni musuk adalah sebuah karya seni yang menggunakan bunyi sebagai unsur utamanya. Namun di dalam musik terdapat juga berbagai unsur lain seperti halnya harmonisasi, melodi, dan notasi.

2. Seni Rupa

Sederhananya seni rupa ini merupakan sebuah karya seni yang bisa dinikmati melalui media penglihatan atau visual art. Seni rupa sendiri lebih fokus pada karya seni yang memiliki wujud dan juga rupa yang umumnya akan diekspresikan dalam bentuk sebuah patung, lukisan, gambar, kerajinan tangan, multimedia, dan lain sebagainya.

3. Seni Tari

Seni tari ini merupakan bentuk seni yang lebih memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Biasanya seorang koreografer atau pengarah tari akan menyampaikan pesan atau maksudnya melalui gerakan tarian.

Umumnya seni tari ini digabungkan dengan seni musik. Dengan demikian konsentrasi serta konsistensi gerakan tari akan menjadi lebih sempurna dalam hal penyampaian pesan dan perasaan.

4. Seni Sastra

Seni sastra sendiri merupakan bentuk seni yang seringnya dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Lewat seni sastra dalam kata-kata, seseorang dapat menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang lebih indah. Beberapa contoh dari seni sastra adalah puisi (suara) dan kaligrafi (tulisan).

5. Seni Teater

Seni teater bisa dikatakan sebagai seni yang memvisualisasikan imajinasi atau mengambarkan buah pikir seseorang. Umumnya hasil imajinasi tersebut berhubungan dengan prilaku mahluk hidup, baik secara individu ataupun kelompok.

Kemudian beberapa kemampuan dasar dalam seni tetater adalah kemampuan dalam menciptakan naskah, memahami sebuah karakter, dan mengekpresikan karakter yang ada di dalam naskah.

Itulah ulasan singkat terkait dengan pengertian dan jenis dari seni itu sendiri. Meskipun ulasannya bisa dikatakan cukup singkat, tapi pastinya Anda sekarang sudah cukup paham terkait dengan pengertian seni dan berbagai macam seni yang patut untuk diketahui.

Baca Juga: Pengertian Administrasi

Pengertian Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *