Pengertian Renang – Renang merupakan suatu gerakan badan yang dilakukan di dalam air, baik oleh manusia maupun hewan. Renang termasuk salah satu cabang olahraga aquatik yang populer dan banyak diminati.

Olahraga ini seringkali diperlombakan oleh para atlet renang dengan beragam gaya. Namun tidak hanya atlet saja, renang juga bisa dilakukan oleh siapapun dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.


Pengertian Renang

Pengertian Renang

Secara umum, renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengangkat) seluruh bagian tubuh ke atas air yang umumnya dilakukan tanpa bantuan perlengkapan. Sementara menurut beberapa sumber, definisi renang adalah sebagai berikut:

  • KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian renang adalah gerakan badan, mengapung, melintas, menyelam di air dengan menggunakan tangan, kaki, sirip, ekor dan sebagainya.

  • Muhajir

Renang ialah suatu olahraga yang menyehatkan tubuh, sebab hampir semua otot tubuh bergerak saat berenang. Seluruh otot akan berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang dapat terus meningkat.

  • Budiningsih

Menurut Budiningsih, renang ialah sebuah olahraga air yang dilakukan dengan menggerakkan seluruh badan di air. Umumnya dalam olahraga renang ini, kaki dan tangan akan digunakan untuk menyeimbangkan badan sehingga dapat mengapung di atas permukaan air.

  • Erlangga

Renang adalah olahraga air yang sangat menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi tubuh manusia. Seperti menguatkan otot tubuh, jantung, paru-paru serta membangkitkan perasaan berani pada diri seseorang.

  • Kasiyo Dwijowinoto

Merupakan suatu cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua tingkatan umur. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan bayi berumur beberapa bulan juga sudah dapat diajarkan untuk renang.

  • Abdoelah

Pengertian renang sebagai suatu jenis olahraga atau permainan yang dilakukan di air, baik air tawar, air asin atau laut.

  • Badruzaman

Secara umum, arti renang menurut Badruzaman adalah suatu cara dilakukan orang atau binatang untuk menggerakkan tubuhnya di air. Sedangkan secara lebih rinci, renang ialah upaya mengapungkan atau mengangkat tubuh ke atas permukaan air.

Baca Juga: Pengertian Akhlak


Macam-Macam Gaya Renang

Pengertian Renang

Adapun macam-macam gaya renang dibagi menjadi empat, yaitu

1. Gaya Bebas

Sesuai dengan namanya, gaya ini tidak terikat dengan teknik dasar atau aturan tertentu. Dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan kedua tangan bergantian ke arah depan dengan gerakan mengayuh. Sementara kedua kaki digerakkan secara bergantian ke atas dan bawah atau naik turun. Untuk mengambil nafas, perenang dapat menoleh ke kanan atau kiri saat lengan digerakkan ke luar dari permukaan air.

2. Gaya Punggung

Gaya ini memposisikan punggung ke arah permukaan air dengan posisi wajah di atas permukaan air. Gerakan lengan dan kaki untuk renang gaya ini sama dengan gaya bebas, hanya saja posisi tubuh terlentang di permukaan air. Dengan gaya punggung ini perenang tidak perlu khawatir menata pernapasan. Namun ia hanya dapat melihat ke atas tanpa dapat melihat ke depan.

3. Gaya Dada

Gaya ini disebut juga gaya katak karena gerakannya mirip katak saat berenang. Gaya dada memposisikan tubuh yang stabil dan kepala bisa berada di luar air dalam waktu cukup lama. Posisi tubuh selalu tegap dengan tangan dan kaki berada di dalam air bergerak seolah membelah air. Sementara kepala bergerak naik turun dari dalam ke permukaan air.

4. Gaya Kupu-Kupu

Dikenal juga dengan gaya lumba-lumba, gaya ini merupakan pengembangan dari gaya dada. Posisi badan menghadap ke arah permukaan air dengan kedua lengan secara bersamaan mengepak seperti gerakan sayap kupu-kupu untuk mengayuh ke arah depan. Gaya ini membutuhkan tenaga yang besar dan koordinasi gerak yang baik sehingga lebih sulit dari gaya renang lainnya.

Baca Juga: Pengertian Belajar


Manfaat Renang

Pengertian Renang

Renang kerap dikatakan sebagai olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, setelah mengetahui pengertian renang dan macam-macam gayanya, ketahui juga manfaat-manfaat renang berikut ini:

  • Mencegah Obesitas

Jenis olahraga ini dapat membakar banyak kalori dalam tubuh sehingga berat badan menjadi lebih terkontrol. Sangat baik dilakukan oleh Anda yang ingin mencegah obesitas atau membentuk tubuh yang ideal.

  • Meninggikan Badan

Sudah tidak menjadi rahasia lagi, renang memang menjadi salah satu tips yang sangat penting bagi Anda yang ingin meninggikan badan. Cara ini sudah banyak diikuti dan terbukti tinggi badan dapat lebih optimal dengan berenang.

  • Menghilangkan Stres

Berenang dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih tenang dan rileks serta energi dalam tubuh menjadi meningkat. Sehingga suasana hati dapat diperbaiki dan beban stres yang dirasakan dapat berkurang dan menghilang.

  • Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Orang yang rutin melakukan olahraga renang akan mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Kesehatan jantung terjaga, kekuatan otot dan tulang meningkat serta stres yang berkurang akan membuat tubuh terlihat semakin bugar.

  • Baik Untuk Kehamilan

Gerakan dalam renang dapat memperkuat otot perut dan bahu sehingga baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Nyeri sendi dan gejala tidak enak badan lain terkait dengan kehamilan bisa diredakan dengan rutin berenang.

Itulah informasi mengenai pengertian renang, macam-macam gaya dan manfaat yang bisa didapat dari olahraga renang. Kegiatan berenang ini sendiri bisa Anda jadikan rutinitas harian atau hanya sebagai pengisi waktu luang.

Pengertian Renang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like