Pengertian Remaja Adalah : Contoh, Ciri, Karakteristik dan Tahapan

2 min read

Pengertian Remaja – Secara umum, pengertian remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa yang terjadi saat seorang mulai menginjak usia belasan tahun. Yang mana pada masa remaja, seorang tidak bisa lagi disebut anak-anak tapi tidak bisa juga disebut sudah dewasa.

Di masa peralihan ini, perubahan-perubahan pada diri manusia akan terlihat baik dalam tampilan fisik maupun pola pikir dan perilakunya.


Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Masa remaja atau yang disebut juga masa puber merupakan masa dimana pertumbuhan dan perkembangan manusia terjadi sangat pesat. Umumnya kondisi ini dimulai pada usia antara 11 atau 12 tahun sampai dengan 20 tahun. Adapun menurut beberapa ahli, definisi remaja diartikan sebagai berikut:

Calon

Menurut Calon, remaja adalah masa dimana menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan. Karena remaja belum mendapatkan status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.

Siti Sundari

Pengertian remaja adalah peralihan dari masa anak-anak dengan masa dewasa yang mana terjadi perkembangan pada semua aspek atau fungsi untuk memasuki masa dewasa. Berlangsung antara umur 12 tahun sampai 21 tahun pada perempuan dan 13 tahun sampai 22 tahun pada laki-laki.

Singgih D. Gunarso

Permulaan remaja ditandai oleh adanya perubahan-perubahan pada fisik yang mendahului kematangan seksual. Kurang lebih bersamaan dengan itu, proses perkembangan psikis remaja juga dimulai. Mereka akan melepaskan ikatan dari orang tuanya kemudian tampak perubahan kepribadian yang terwujud dalam cara untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat.

Monks dkk

Menurut Monks dkk, remaja sebenarnya tidak memiliki tempat yang jelas. Sebab sudah tidak termasuk dalam golongan anak tetapi juga belum dapat diterima sepenuhnya masuk ke golongan dewasa.

Sri Rumini

Masa remaja ditandai dengan adanya perkembangan fisik yang terbilang pesat diantara tahapan perkembangan manusia. Selain fisik, remaja juga mengalami perubahan psikologis yang mana mereka akan sadar dengan dirinya sendiri sehingga tidak mau diperlakukan seperti anak-anak lagi.

Zakiah Darajat

Berpendapat bahwa remaja “adolescene” berarti masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa. Yang mana meliputi perubahan biologis, kognitif dan sosial-emosional.

Jersild

Merupakan masa di mana banyak terjadi perubahan yang kerap menimbulkan kebingungan atau goncangan pada jiwa remaja.

WHO

Menurut WHO (World Health Organization), pengertian remaja ialah suatu masa di mana individu mengalami perkembangan-perkembangan dan pola identifikasi dari anak-anak menjadi dewasa.

Baca Juga: Pengertian Zakat


Tahap-Tahap Remaja

Tahap-Tahap Remaja

Masa remaja dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu:

Masa Pra Remaja

Berkisar diantara usia 12-14 tahun, masa pra remaja adalah periode sekitar kurang lebih 2 tahun sebelum pemasakan seksual yang sesungguhnya terjadi. Tetapi perkembangan fisiologi yang berhubungan dengan pemasakan kelenjar endoktrin sudah terjadi.

Masa Remaja Awal

Berkisar diantara usia 14-17 tahun, tahapan ini adalah periode rentang perkembangan di mana alat-alat seksual sudah mencapai kematangan dan mampu untuk melakukan reproduksi.

Masa Remaja Akhir

Berkisar diantara usia 17-21 tahun, tahap remaja akhir berarti tumbuh menjadi dewasa. Mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan juga fisik.

Baca Juga: Pengertian Kepemimpinan


Ciri-Ciri Remaja

Ciri-Ciri Remaja

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pengertian remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Di mana terdapat beberapa perubahan atau ciri-ciri yang terjadi dalam masa remaja, diantaranya yaitu:

Pertumbuhan Fisik

Pada masa remaja, tampilan fisik mengalami perubahan-perubahan yang terjadi dengan cepat. Bahkan lebih cepat dari masa anak-anak dan masa dewasa.

Perkembangan Seksual

Perubahan atau ciri yang satu ini kerap menimbulkan masalah pada masa remaja. Sebab perkembangan seksual terkadang menjadi penyebab timbulnya perkelahian, bunuh diri dan tindakan buruk lainnya.

Cara Berfikir

Pada masa remaja, cara berfikirnya causatif yakni menyangkut hubungan sebab-akibat. Seperti ketika orang dewasa melarangnya melakukan sesuatu, Ia tidak akan langsung menurutinya seperti saat masa anak-anak. Karena remaja akan mulai mempertanyakan mengapa Ia tidak boleh melakukan hal itu. Yang mana ini dapat memunculkan adanya pertentangan dengan orang dewasa.

Peningkatan Emosi

Keadaan emosi pada masa remaja masih labil sehingga cenderung lebih meluap-luap. Terkadang Ia bisa merasa sangat sedih dan di lain waktu Ia bisa sangat marah. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi hormon remaja.

Mulai Tertarik dengan Lawan Jenis

Perubahan dalam hal yang menarik bagi diri remaja, di mana dalam kehidupan sosial mereka merasa lebih tertarik pada lawan jenisnya. Hal ini diwujudkan dengan keinginan mereka untuk mulai berkencan.

Menarik Perhatian Lingkungan

Remaja akan mulai mencari cara untuk mendapat perhatian dari lingkungannya. Mereka berusaha memperoleh status dan peran seperti melalui kegiatan yang dilakukan oleh remaja di lingkungan sekitarnya.

Terikat dengan Kelompok

Kehidupan sosial remaja cenderung tertarik pada kelompok sebayanya dan menganggap kelompoknya menjadi nomor satu sementara orang tua tidak jarang ditempatkan di posisi kedua.

Pengertian remaja sering dikatakan juga sebagai masa untuk mencari jati diri, di mana ini akan membentuk kepribadian saat telah dewasa. Sebab fisik dan psikis remaja akan semakin matang hingga sampai masa dewasa nanti.

Pengertian Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *