Pengertian Pembelajaran – Menurut UU Nomor 30 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pengertian pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran juga bisa dipahami sebagai proses untuk membantu peserta didik supaya bisa belajar dengan baik.

Atau sederhananya pembelajaran bisa dipahami sebagai usaha sadar dari seorang pendidik untuk membut peserta didik belajar, yakni terjadi perubahan tingkah laku pada diri peserta didik.


Pengertian Pembelajaran Menurut Pakar Pendidikan

Pengertian Pembelajaran

Agar supaya anda tidak salah dalam memahami pengertian pembelajaran, simak pendapat dan penjelasan dari beberapa pakar pendidikan di bawah ini:

Gagne

Pembelajaran bisa dipahami sebagai seperangkat peristiwa-peristiwa eksternal yang sengaja dirancang untuk mendukung proses belajar yang bersifat internal.

Oemar Hamalik

Pembelajaran bisa dipahami sebagai kombinasi yang tertata, meliputi segala unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan, prosedur yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Syaiful Sagala

Pembelajaran dipahami sebagai proses membelajarkan siswa dengan mengunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.

Munif Chatib

Munif Chatib mendefinisikan pembelajaran sebagai proses tansfer ilmu dua arah, yaitu antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

Dimyati dan Mudjiono

Memahami bahwa pembelajaran merupakan kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruktural, agar siswa belajar aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.

Baca Juga: Pengertian Hipotesis


4 Hal Penting dalam Pembelajaran

Pengertian Pembelajaran

Dari pengertian pembelajaran di atas, sebenarnya bisa diambil kesimpulan terkait dengan apa saja hal-hal pokok dalam pembelajaran, hal-hal pokok tersebut meliputi:

Tentukan Indikator Pembelajaran

Indikator pembelajaran harus memperhatikan kemampuan daya serap peserta didik, kebutuhan yang diperlukan untuk mencapai indikator tersebut, hinga bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi peserta didik sehingga indikator bisa dicapai.

Media Pembelajaran

Penggunaan media pembelajaran haruslah yang mampu membuat pembelajaran menjadi lebih efektif, menarik, dan mudah digunakan. Selain itu media yang digunakan harus sesuai dengan tingkat usia dan yang disenangi oleh peserta didik.

Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran tidak hanya terpaku pada pemberian materi saja, namun termasuk juga nilai-nilai kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.

Penilaian

Penilaian tidak hanya terpaku pada angka-angka saja. Penilaian harus mencakup keseluruhan, misalnya seperti keberhasilan pembelajaran, peningkatan pengertahuan, perubahan sikap, dan penguasaan keterampilan.

Baca Juga: Pengertian Energi


Pengertian dan Kunci Pembelajaran Efektif

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran efektif bisa dipahamai sebagai pembelajaran dimana peserta didik memperoleh keterampilan-keterampilan yang lebih spesifik, pengetahuan, dan sikap. Intinya pembelajaran tersebut dikatakan efektif jika terjadi perubahan-perubahan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor para peserta didik.

Pendapat lain mengatakan jika pengertian pembelajaran efektif adalah sebuah proses perubahan seseorang dalam tingkah laku dari hasil pembelajaran yang didapatkan dari pengalaman dirinya dan dari lingkungan yang membawa pengaruh, makna, dan manfaat tertentu.

Dalam pembelajaran efektif, terdapat beberapa aspek kunci yang harus diperhatikan, yakni:

Kejelasan atau Clarity

Seorang pendidik yang akan memberikan informasi secara jelas berarti harus menyajikan informasi tersebut dengan cara yang mampu membuat peserta didik mudah memahaminya.

Untuk memberikan penjelasan kepada peserta didik, seorang pendidik perlu menggunakan pola bahasa dan ungkapan yang tidak membuat bingung mereka. Artinya hubungan antara kejelasan kognitif dan prestasi peserta didik lebih kuat jika dibandingkan dengan hubungan antara kejelasan verbal dengan prestasi peserta didik.

Variasi atau Variety

Variasi guru atau dalam istilah lain dikenal dengan nama variabilitasi ini merupakan istilah yang digunakana untuk menjelaskan perubahan-perubahan yang sengaja diciptakan oleh pendidik untuk menyajikan materi belajar.

Orientasi Tugas atau Teks Orientation

Salah satu karakteristik utama dari pembelajaran langsung adalah pengorganisasian dan penstrukturan lingkugan belajar secara baik di dalam aktivitas pendidik dan peserta didik agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Dalam hal ini orientasi tugas yang dilakukan oleh pendidik terkait dengan:

  • Membantu peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang spesifik.
  • Mendorong peserta didik untuk belajar mengenali informasi yang lebih relevan.
  • Membuka pemikiran peserta didik, misalnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
  • Memacu peserta didik untuk berfikir dengan bebas.
  • Bertanggung jawab terhadap keberhasilan kognitif siswa.

Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran atau Engagement in Learning

Keberhasilan belajar sangat dipengaruhi oleh waktu yang dihabiskan peserta didik untuk mengerjakan tugas-tugas akademik yang sesuai. Pendidik yang efektif menghabiskan waktu mereka dengan cara yang berbeda dari pendidik yang tidak efektif.

Pendidik yang efektif menghabiskan waktu kurang dari 15% di dalam interaksi pembelajaran dan 35% lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk memonitoring kegiatan-kegiatan peserta didik. Kesimpulannya adalah penggunaan waktu yang sesuai oleh pendidik bisa memaksimalkan waktu peserta didik.

Pencapaian Kesuksesan Peserta Didik yang Tinggi atau Student Succes Rate

Pembelajaran yang sukes mampu mendorong prestasi para peserta didik. Artinya lembaga pendidikan mustahil akan menghasilkan lulusan yang bermutu jika tidak melalui proses pembelajaran yang bermutu juga.

Demikianlah beberapa poin penting terkait dengan pembelajaran. Semoga ulasan singkat mengenai pengertian pembelajaran di atas bisa membantu Anda dalam mendesain proses pembelajaran yang tepat untuk anak didik Anda.

Pengertian Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like