Pengertian PASAR Adalah : Menurut Para Ahli, Fungsi, dan Definisinya

2 min read

Pengertian Pasar – Apa itu pengertian pasar? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahahasa Indoenesia) pasar adalah tempat orang berjual beli. Arti lainnya menurut KBBI adalah kekuatan penawaran dan permintaan, pembeli yang ingin menukar uang dengan barang atau jasa dan tempat penjual yang ingin menukar barang atau jasa dengan uang.

Pasar tidak memiliki batasan georgrafis sehinga pengertian pasar tidak pernah merujuk pada sebuah lokasi tertentu. Lebih dari itu, kehadiran internet juga membuat definisi pasar saat ini menjadi semakin luas. Supaya lebih jelas lagi, definisi pasar dari para ahli di bawah ini mungkin bisa semakin memahamkan Anda.


Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

  1. William J. Stanton

Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang atau alat tukar lain yang digunakan untuk berbelanja, dan memiliki kemauan untuk membelanjakan uang atau alat tukar tersebut.

  1. Katler dan Amstrong

Pengertian pasar menurut Katler dan Amstong adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau jasa.

  1. Nystrom
  2. Nystrom mendefinisikan pasar sebagai tempat penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen menuju konsumen. Sederhananya pasar merupakan tempat transaksi barang dan jasa antara produsen dan konsumen.
  3. Philip dan Duncanadan

Pasar didefinisikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk menempatkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.


Fungsi Pasar Secara Umum

Fungsi Pasar Secara Umum

Secara umum, pasar memiliki 3 fungsi utama, yakni sebagai sarana distribusi, pembentuk harga dan tempat promosi.

Pasar sebagai Sarana Distribusi

Sebagai sarana distribusi, pasar memiliki fungsi untuk memperlancar proses penyaluran barang dan jasa dari tangan produsen ke konsumen.

Pasar sebagai Pembentuk Harga

Sebagai pembentuk harga, pasar mampu menetapkan harga dari suatu barang dan jasa sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.

Pasar sebagai Sarana Promosi

Sebagai sarana promosi, pasar bisa menjadi tempat bagi para produsen untuk memperkenalkan atau mempromosikan hasil produksinya. Dalam hal ini para produsen akan saling bersaing dalam merebut hati para konsumen dengan tujuan untuk meraup banyak keuntungan dari produk dan jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Pengertian Moral


Klasifikasi Pasar Secara Umum

Klasifikasi Pasar Secara Umum

Secara umum, pasar dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

Pasar Tradisional

Pengertian pasar tradisional adalah suatu pasar yang menjadi tempat tejadinya pertemuan antara para penjual dan pembeli yang di dalamnya terjadi proses jual beli secara langsung dan umumnya muncul proses tawar menawar harga terlebih dahulu.

Pasar Modern

Pada prinsipnya pasar modern sama dengan pasar tradisional, sebab pada hakikatnya keduanya adalah sama. Hanya saja, pada pasar modern penjual dan pembeli tidak harus bertransaksi secara langsung.

Baca Juga: Pengertian Remaja


Jenis-Jenis Pasar

Jenis-Jenis Pasar

Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatan

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya bisa diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:

  • Pasar Nyata

Pasar nyata ini menyediakan berbagai jenis barang yang umumnya memang diperjualbelikan, misalnya saja seperti pasar tradisional dan pasar swalayan.

  • Pasar Abstrak

Pasar abstrak tidak dipenuhi oleh pedagang dan pembeli yang tawar menawar secara langsung dan juga transaksi secara langsung, misalnya saja seperti pasar modal dan online shop.

Jenis Pasar Berdasarkan Cara Transaksinya

Jenis pasar ini dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Pasar Tradisional

Sebuah pasar dimana penjual dan pembeli bisa saling tawar menawar secara langsung. Barang yang dijual umumnya berupa barang kebutuhan pokok keseharian.

  • Pasar Modern

Pasar yang menyediakan berbagai macam barang yang diperjalbelikan dengan harga pas dan konsumen akan melayani dirinya sendiri. Contoh dari pasar modern adalah Mall atau pusat-pusat perbelanjaan yang ada di perkotaan.

  1. Jenis Pasar Berdasarkan Barangnya

Berdasarkan jenis barangnya, pasar dibedakan menjadi:

  • Pasar Barang Konsumsi

Pasar yang memperjualbelikan berbagai macam barang yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  • Pasar Sumber Daya Produksi

Yaitu suatu pasar yang menyediakan khusus jenis-jenis faktor-faktor produksi tertentu, misalnya mesin-mesin, tenaga ahli, dan lain sebagainya.

  1. Jenis Pasar Berdasarkan Wakunya

Berdasarkan waktunya, jenis pasar bisa dibedakan menjadi:

  • Pasar Harian

Pasar ini diadakan setiap hari dan umumnya menjual berbagai macam barang kebutuhan konsumsi sehari-hari.

  • Pasar Mingguan

Pasar ini hanya diadakan seminggu sekali, biasanya pasar ini terdapat di daerah yang penduduknya masih sangat jarang, contohnya pedesaan.

  • Pasar Bulanan

Pasar ini hanya diadakan sekali dalam sebulah, contohnya adalah pasar hewan.

  • Pasar Tahunan

Pasar ini hanya diadakan setahun sekali dan umumnya bersifat nasional, misalnya saja seperti Pekan Raya Jakarta dan Pameran Pembangunan.

  • Pasar Temporer

Pasar ini umumnya diselenggarakan dalam suatu waktu tertentu dan tidak rutin. Biasanya pasar diadakan dengan tujuan untuk merayakan suatu peristiwa tertentu seperti Bazaar.

Itulah beberapa hal yang cukup penting terkait dengan ulasan mengenai pasar. Semoga ulasan singkat mengenai pengertian pasar, fungsi, klasifikasi, dan jenis-jenis pasar di atas bisa menambah wawasan Anda.

Pengertian Pasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *