Pengertian Pariwisata Adalah : Contoh, Tujuan dan Menurut Para Ahli

Pengertian Pariwisata – Pengertian pariwisata sering diartikan sebagai perjalanan liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Namun istilah “pariwisata” sendiri sebenarnya mempunyai arti yang luas sehingga memunculkan berbagai macam pendapat.

Berasal dari dua kata dalam bahasa Sansekerta yakni pari yang berarti bersama atau berkeliling dan wisata yang berarti perjalanan. Pariwisata berarti melakukan kegiatan perjalanan berkeliling dari satu tempat ke tempat lain yang menjadi objek atau tempat tujuan wisata dengan sebuah perencanaan sebelumnya.


Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli

Pengertian Pariwisata

Menurut pendapat beberapa ahli definisi pariwisata adalah sebagai berikut:

Koen Meyers

Kegiatan perjalanan yang dilakukan sementara waktu dari tempat tinggal awal ke daerah tujuan. Dengan alasan bukan untuk menetap atau mencari nafkah tetapi hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau tujuan-tujuan lainnya.

Kodhyat

Pengertian pariwisata adalah perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain yang bersifat sementara. Dilakukan perorangan atau kelompok sebagai usaha untuk mencari keseimbangan dan kebahagiaan dengan lingkungan dalam dimensi sosial, budaya, alam serta ilmu.

Bukart dan Medlik

Menyatakan pariwisata sebagai sebuah tranformasi orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek. Yang mana menuju tujuan-tujuan di luar tempat mereka hidup dan bekerja.

Richard Sihite

Salah satu bentuk aktivitas travelling atau perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek atau hanya sementara waktu.

Sinaga

Suatu perjalanan terencana yang dilakukan oleh individu atau kelompok dari suatu tempat ke tempat lain dengan tujuan hanya untuk memperoleh suatu bentuk kepuasan dan kesenangan.

Baca Juga: Pengertian Konstitusi


Pengertian Pariwisata Menurut Beberapa Sumber

Pengertian Pariwisata

Berdasarkan beberapa sumber, pariwisata adalah sebagai berikut:

KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indoneis atau KBBI, pariwisata adalah kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi; turisme; pelancongan.

Wikipedia

Menyatakan bahwa pariwisata ialah sebuah perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.

UU No. 10 Tahun 2009

Pengertian pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung dengan berbagai fasilitas dan layanan. Yang mana disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

World Tourism Organization

WTO atau World Tourism Organization menyatakan pariwisata sebagai kegiatan manusia yang melakukan perjalanan dan tinggal di daerah tujuan di luar lingkungan kesehariannya.


Jenis-Jenis Pariwisata

Pengertian Pariwisata

Pariwisata dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu:

Pariwisata Lokal

Pariwisata yang ruang lingkupnya relatif sempit dan terbatas pada tempat-tempat tertentu dalam suatu daerah. Misalnya seperti pariwisata di kota Bandung, Jogjakarta, Malang dan kota-kota lainnya.

Pariwisata Regional

Pariwisata yang berkembang di suatu daerah yang ruang lingkupnya lebih luas jika dibanding pariwisata lokal. Misalnya seperti pariwisata di banyak tempat yang terletak di Jawa Barat, Bali, Sumatera Utara dan lain-lain.

Pariwisata Nasional

Pariwisata yang ruang lingkupnya mencakup suatu negara dengan pengunjung yang biasanya terdiri dari wisatawan dalam dan luar negeri. Misalnya seperti pariwisata di tempat-tempat yang ada di Indonesia.

Pariwisata Regional-Internasional

Pariwisata yang ruang lingkupnya mencapai sebuah wilayah internasional yang terbatas. Namun melewati batas-batas lebih dari dua atau tiga negara dalam satu wilayah tersebut. Misal seperti pariwisata kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, Timur Tengah, Eropa Barat dan lain-lain.

Pariwisata Internasional

Pariwisata yang ruang lingkupnya mencakup negara-negara di dunia, terutama pada pariwisata nasional dan regional-internasional. Jadi pengertian pariwisata internasional adalah pariwisata di semua negara yang ada di dunia.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan


Unsur-Unsur Pariwisata

Pengertian Pariwisata

Adapun unsur-unsur pariwisata adalah sebagai berikut:

Biro Perjalanan

Badan usaha yang melayani semua proses perjalanan pariwisata mulai dari keberangkatan hingga pulang. Yang mana agar wisatawan memperoleh kenyamanan selama perjalanan pariwisata.

Akomodasi

Merupakan tempat tinggal sementara atau tempat menginap, biasanya berupa hotel, motel, perkemahan dan lain-lain. Fasilitas yang disediakan di tempat ini umumnya beragam guna memenuhi berbagai kebutuhan.

Transportasi

Penyedia jasa angkutan atau transportasi untuk pariwisata baik melalui darat, laut maupun udara yang dikelola oleh swasta ataupun pemerintah.

Jasa Boga dan Restoran

Fasilitas pada saat berwisata yang menyangkut bidang makanan dan minuman. Jasa ini terbilang sangat menguntungkan dalam industri pariwisata sebab setiap wisatawan pasti memerlukan makanan dan minuman.

Money Changer

Adalah tempat untuk menukarkan mata uang asing dengan mata uang lokal seperti rupiah, sehingga wisatawan mancanegara tidak harus pergi ke bank untuk melakukan penukaran uang.

Atraksi Wisata

Pertunjukan yang diadakan di tempat-tempat wisata, misal seperti musik, tarian dan lain-lain. Baik secara tradisional maupun modern dengan menunjukkan keunggulan daerah wisata setempat.

Oleh-Oleh

Wisatawan biasanya selalu membeli oleh-oleh atau cindera mata dari daerah tempat wisata untuk dibawa pulang. Oleh-oleh ini bisa berupa kerajinan tangan, pernak-pernik, jajanan khas daerah setempat atau yang lainnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian pariwisata beserta jenis dan unsur-unsurnya. Untuk tujuannya sendiri, secara garis besar pariwisata bertujuan untuk menghabiskan waktu luang, berlibur, bersenang-senang atau menjalankan suatu tugas.

Pengertian Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *