Pengertian Motivasi – Pengertian motivasi dipahami sebagai sebuah dorongan dari dalam diri manusia. Seseorang akan melakukan sesuatu ketika terdorong untuk melakukannya. Sebaliknya seseorang tidak akan pernah mengambil tindakan bila tidak ada rangsangan untuk mengerjakan sesuatu.

Keinginan dan kebutuhan seseorang berbeda-beda. Ada motif tersendiri yang membuat seseorang ingin mewujudkannya. Sederhananya, hasil yang dicapai merupakan wujud dari sebab-sebab yang dikerjakan sebelumnya.

Masalahnya, seseorang kadang mengalami masalah kehilangan dorongan dari dalam dirinya. Seseorang akan berhenti untuk mengerjakan sesuatu. Akibatnya, seseorang tidak mampu merealisasikan keinginannya.

Faktanya, seseorang bisa mencapai keinginannya jika ada kemauan. Untuk mencapainya, dibutuhkan energi dari dalam diri yang mendorong seseorang untuk melangkah. Dorongan inilah yang disebut dengan motivasi.


Pengertian Motivasi Dari Berbagai Perspektif

Pengertian Motivasi

Bicara mengenai pengertian motivasi, para ahli mengemukakan banyak pendapat tentangnya. Pendapat ini sebenarnya merujuk pada hal yang sama. Yakni membangkitkan semangat dalam diri seseorang untuk mau mengambil sebuah keputusan.

Cukup banyak para ahli yang menjelaskan tentang apa itu motivasi. Salah satunya adalah Weiner. Beliau mengatakan kalau motivasi adalah sebuah kondisi internal seseorang yang membuat seseorang bangkit untuk bertindak. Artinya, ada ketertarikan sendiri untuk melakukan suatu kegiatan sehingga kegiatan itu dilakukan dengan senang hati.

Sementara menurut Uno, motivasi diartikan sebagai dorongan internal maupun eksternal yang ditandai dengan adanya bakat atau minat. Bahkan adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan, mencapai tujuan ataupun cita-cita.

Dari sini bisa dipahami bahwa pengertian motivasi tidak lain sebagai sebuah dorongan yang muncul dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu yang dinilai sangat menarik. Seseorang akan memandang sesuatu sangat bermakna sehingga dirinya mengambil tindakan untuk mewujudkannya.

Pada prakteknya, motivasi ini bisa didapatkan dari luar. Orang-orang dengan keahlian khusus mampu memberikan suggesti bagi orang lain. Kata-kata yang ditanamkan di dalam diri seseorang membuatnya mau melakukan sesuatu.

Kata-kata bijak yang terucap akan direnungkan dengan baik-baik. Perenungan ini akan membuat seseorang sadar akan sesuatu yang sifatnya penting untuk kehidupannya. Akhirnya, seseorang akan mengambil tindakan demi mencapai tujuan berharga tersebut.

Baca Juga: Pengertian WEB


Beberapa Faktor Motivasi Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Motivasi

Dari pengertian motivasi di atas, Anda tentunya sudah mengetahui bahwa motivasi itu sangat penting untuk kesuksesan seseorang. Orang yang termotivasi akan bangkit dari keterpurukan. Bahkan, berani untuk menghadapi tantangan dalam kehidupannya.

Nah, motivasi ini bisa datang sendiri dari dalam diri tanpa pengaruh orang lain. Ada pula yang datang dari pengaruh orang lain. Contohnya adalah berasal dari motivator-motivator yang ada di sekitar Anda.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi semangat seseorang. Faktor inilah yang mendorong seseorang untuk terus bertahan dan melangkah kedepan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Adanya Tujuan Yang Jelas

Salah satu hal yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu adalah sebuah tujuan. Apa yang dicita-citakan tentunya dipandang sebagai sesuatu yang sangat menarik. Kemudian seseorang secara otomatis akan berusaha untuk merealisasikannya.

Tujuan ini bisa apa saja. Bagi pelajar, salah satu tujuan utamanya adalah bisa berprestasi di dunia pendidikan. Kemudian yang tak kalah penting adalah memperoleh ilmu pengetahuan yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menjalani kehidupannya ketika dewasa nanti.

Begitupun bagi pekerja, tujuan utamanya adalah bisa meraih prestasi di dunia kerja. Dengan prestasi ini, seseorang akan memperoleh upah yang lebih baik. Tentunya upah besar yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: Pengertian Managemen

2. Adanya Tantangan

Selain tujuan, alasan orang termotivasi untuk melakukan sesuatu adalah adanya tantangan. Tantangan akan mengaktifkan self defence seseorang. Akibatnya, seseorang akan berusaha sekeras mungkin untuk menghadapinya.

Orang akan memandang sebuah prestasi dan lebih berharga jika mampu menghadapi tantangan yang ada. Tantangan ini bisa apa saja. Tergantung pada kondisi yang dijalani saat ini.

Bagi pelaku bisnis, orang-orang akan tertantang untuk bisa menaikkan bisnisnya di dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Hambatan yang muncul hanya dijadikan sebagai pelecut semangat. Apalagi jika melihat banyak pebisnis yang sama mampu sukses dengan usaha yang dibangunnya.

3. Adanya Kesempatan Untuk Maju

Seseorang yang melihat kesempatan dalam kehidupannya akan berani untuk melangkah. Paling tidak, seseorang mulai berani mengambil keputusan untuk mengambil kesempatan itu. Tentunya keputusan yang diambil diharapkan bisa membawa pada perubahan hidupnya dalam waktu dekat.

Kondisi ini akan berbeda jika seseorang tidak melihat adanya kesempatan tersebut. Seseorang hanya akan diam dan tidak memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu. Akibatnya, kehidupannya masih seperti sebelumnya.

4. Adanya Tanggung Jawab

Seseorang yang menyadari besarnya tanggung jawab pastinya akan melakukan banyak hal. Orang tersebut akan merealisasikannya. Karena ini akan berpengaruh pada nilai tambah seseorang. Minimal, orang akan menjaga harga dirinya.

Intinya, motivasi adalah sebuah dorongan kuat yang bisa muncul dengan sendirinya ataupun dari pengaruh luar untuk menggapai tujuan tertentu. Semakin orang termotivasi,

Pengertian Motivasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like