Pengertian Media Sosial Adalah : Contoh, Jenis, Fungsi dan Karakteristik

Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial –  Hampir setiap hari Anda pasti tidak akan lepas dari yang namanya media sosial. Namun tahukah Anda apa pengertian media sosial?

Situs media online mulai dari Blog, Youtube, Facebook, Twitter, Whatsapp hingga Instagram menjadi media sosial terpopuler saat ini. Di mana kita bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan mengirim pesan, berbagi foto, audio dan video hingga melakukan video call.


Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Media Sosial

Secara umum, media sosial adalah media online atau daring yang digunakan sebagai sarana interaksi sosial dengan menggunakan internet. Sementara menurut pendapat beberapa ahli, definisi media sosial adalah sebagai berikut:

Philip Kotler dan Kevin Keller

Keduanya beranggapan media sosial sebagai sarana bagi konsumen untuk saling berbagi informasi teks, gambar, video dan audio. Baik dengan satu sama lain dan dengan perusahaan atau sebaliknya.

Antony Mayfield

Pengertian media sosial adalah tentang menjadi manusia, di mana penggunanya mudah berpartisipasi, berbagi ide, bekerjasama, bertukar pikiran, menemukan teman dan pasangan bahkan hingga membangun sebuah komunitas.

Terry

Merupakan suatu media komunikasi di mana penggunanya dapat mengisi konten secara bersama. Memakai kecanggihan teknologi penyiaran berbasis internet yang berbeda dari media penyiaran tradisional ataupun media cetak.

Christ Garrett

Berpendapat jika media sosial adalah alat, jasa dan komunikasi yang mendukung atau memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain. Yang mana sama-sama memiliki kepentingan satu sama lain.

Michael Cross

Menurutnya media sosial merupakan sebuah istilah yang menggambarkan berbagai macam teknologi yang digunakan dalam mengaitkan orang-orang pada suatu kolaborasi, saling berbagai atau bertukar informasi dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Definisi media sosial adalah sekelompok aplikasi dengan basis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0. Yang mana memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran user generated content.

Marjorie Clayman

Ialah alat pemasaran baru yang memungkinkan pelanggan dan calon pelanggan dapat diketahui dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

Chrish Brogan

Pengertian media sosial menurutnya adalah sebuah perangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru. Yang mana memungkinkan terjadinya berbagai interaksi yang tidak tersedia bagi orang awam sebelumnya.

Lisa Buyer

Mengemukakan pendapat bahwa media sosial merupakan suatu bentuk hubungan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif saat ini.

Baca Juga: Pengertian Konflik


Karakteristik Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Media sosial dapat diketahui dengan mengenali ciri-ciri yang dimilikinya. Berikut ini beberapa karakteristik yang terdapat pada media sosial:

Partisipasi Pengguna

Media sosial mendorong setiap penggunanya untuk ikut berpartisipasi dan memberikan umpan balik terhadap suatu pesan atau konten yang dibagikan. Di mana ini dapat menyamarkan batas antara media dan audience.

Keterbukaan

Pengguna media sosial mendapat kesempatan untuk memberikan komentar, berbagi konten, melakukan voting, dan lain-lain.

Adanya Perbincangan

Kebanyakan media sosial memungkinkan penggunanya melakukan interaksi terhadap suatu konten. Baik dalam bentuk reaksi ataupun perbincangan antar pengguna secara dua arah. Di mana penerima pesan bebas menentukan kapan akan melakukan interaksi terhadap pesan yang diterima.

Keterhubungan

Para pengguna media sosial dapat terhubung satu sama lain melalui fasilitas tautan dan sumber informasi lainnya pada media sosial. Proses pengiriman pesan dan konten ke media sosial yang dinilai lebih cepat daripada media lain membuat banyak informasi terhubung didalamnya.


Jenis-Jenis Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Menurut Kaplan dan Haenlein, jenis media sosial ada 6 yaitu:

Proyek Kolaborasi

Pengertian media sosial jenis ini adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengubah, menambah atau menghapus suatu konten yang ada di website ini.

Blog dan Microblog

Pengguna bebas mengekspresikan sesuatu di blog ini baik tentang pengalaman, perasaan ataupun kritik terhadap kebijakan pemerintah, contohnya Twitter.

Konten

Pengguna situs ini dapat saling berbagi konten-konten media misalnya gambar, video, ebook dan lain-lain, contohnya Youtube.

Situs Jejaring Sosial

Aplikasi yang mengizinkan para penggunanya untuk terhubung dengan cara membuat informasi pribadi seperti foto sehingga dapat terhubung dengan pengguna lain, contohnya Facebook.

Virtual Game World

Dunia maya atau virtual mereplikasikan lingkungan 3D di mana pengguna bisa datang dalam bentuk yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain layaknya di dunia nyata, contohnya Game Online.

Virtual Social World

Dunia virtual di mana penggunanya merasa hidup di dunia maya, berinteraksi dengan orang lain sama seperti virtual game world. Namun virtual sosial world lebih luas dan lebih mengarah ke kehidupan, contohnya Second Life.

Baca Juga: Pengertian Konsep


Fungsi Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Fungsi media sosial secara umum antara lain:

  • Memperluas interaksi sosial dengan menggunakan teknologi internet dan web.
  • Adanya komunikasi dialogis antara banyak audiens.
  • Mentranformasi praktik komunikasi di mana manusia yang dulunya pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.
  • Membangun personal branding.
  • Sebagai media komunikasi antara pengusaha dan calon konsumen dari para pengguna media sosial.

Pengertian media sosial sangatlah luas, oleh karena itu muncul berbagai macam pendapat. Namun untuk tujuannya sendiri, media sosial digunakan sebagai media penghubung antara satu sama lain.

Pengertian Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *