Pengertian Media Pembelajaran Adalah: Contoh, Manfaat dan Tujuan

Pengertian Media Pembelajaran Secara sederhana, pengertian media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Artinya segala sesuatu yang bisa digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, kemampuan, dan keterampilan peserta didik sehinga bisa mendorong terjadinya proses belajar pada peserta didik.

Dari definisi dia atas bisa dipahami jika apapun bisa dijadikan sebagai media pembelajaran, asalkan sesuatu tersebut bisa digunakan untuk menyampikan materi pembelajaran ke peserta didik. Artinya jangan sampai Anda membatasi media pembelajaran hanya sebatas yang berhubungan dengan teknologi saja.


Definisi Media Pembelajaran Menurut Para Pakar Pendidikan

Pengertian Media Pembelajaran

Agar supaya lebih jelas dalam memahami apa pengertian media pembelajaran, simak beberapa pendapat dari para pakar pendidikan mengenai definisi pendidikan.

Gagne

Gagne memahami media pembajalaran sebagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang bisa merangsang mereka untuk belajar.

Briggs

Briggs mengartikan media pembelajaran sebagai sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti halnya buku, film, video, slide, dan lain sebagainya.

Schramm

Mendefinisikan media pembelajaran sebagai teknologi pembawa pesan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Arif Sadiman

Adalah segala hal yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan.

Oemar Hamalik

Pengertian media pembelajaran adalah alat, teknik, dan metode yang digunakan untuk mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didik.

Baca Juga: Pengertian Implementasi


Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Menurut Taksonomi Leshin, dkk. jenis-jenis media pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Media berbasis manusia

Adalah media yang digunakan untuk mengirim dan mengkomunikasikan peran maupun informasi.

  1. Media berbasis cetakan

Yang paling umum dikenal dari media pembelajaran yang satu ini adalah buku teks, jurnal, majalah, buku penuntun, buku kerja atau latihan, dan lain sebagainya.

  1. Media berbasis visual

Yaitu media yang hanya bisa dilihat, contohnya seperti gambar, foto, poster, grafik, kartun, dan lain sebagainya.

  1. Media berbasis audiovisual

Adalah media yang bisa didengar sekaligus dilihat, contohnya seperti video, sound slide, film, televisi, dan lain sebagainya.

  1. Media berbasis komputer

Beberapa contoh kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media berbasis komputer seperti CAI (Computer Assisted Instructional) dan CMI (Computer Managed Instructional).

Baca Juga: Pengertian Bisnis


Kriteria Memilih Media Pembelajaran Efektif

Pengertian Media Pembelajaran

Setelah tahu apa itu pengertian media pembelajaran dan jenis-jenisnya, pertanyaan yang akan timbul selanjutnya adalah bagaimana cara memilih media pembelajaran yang paling efektif?

Sesuai dengan tujuan

Pada saat memilih media pembelajaran, pilihlah berdasarkan tujuan instruksionalnya. Artinya media pembelajaran tersebut harus megacu setidaknya dua dari tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tepatnya mendukung materi yang bersifat fakta, konsep, prinsip, dan generalisasi.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah tidak semua materi bisa disajikan secara gamblang melalui media pembelajaran. Sebab terkadang harus disajikan dalam konsep atau simbol baru kemudian disertakan penjelasan.

Dan yang paling penting adalah media pembelajaran yang hendak dipilih harus diselaraskan menurut kemampuan dan kebutuhan siswa dalam memahami isi materi yang akan disampaikan.

Praktis, luwes, dan bertahan

Ingat betul bawa media pembelajaran yang dipilih tidak harus yang mahal dan berbasis teknologi. Sebab pemanfaatan lingkungan dan sesuatu yang sederhanan tapi tepat guna justru lebih efektif dibandingkan dengan media pembalajaran yang mahal dan rumit.

Oleh sebab itu simpel dan mudah dalam penggunaannya, harga terjangkau, bertahan lama, serta bisa digunakan terus menerus patut menjadi bahan pertimbangan utama pada saat ingin memilih media pembelajaran yang efektif.

Mampu dan terampil mengunakannya

Apapun media yang ingin Anda pilih, usahakan Anda mampu dan terampil menggunakannya. Sebab nilai dan manfaat dari media pembelajaran sangat ditentukan oleh sejauhmana Anda bisa memanfaatkan media pembelajaran tersebut.

Pengelompokan sasaran

Kemampuan siswa dalam menyerap sebuah materi pembelajaran berbeda-beda atau heterogen. Artinya antara kelompok satu dengan yang lainnya ada perbedaan yang perlu disikapi oleh seorang pendidik. Maka dari itu pemilihan media pembelajaran tidak bisa disama ratakan.

Meskipun perlu diakui juga bahawa untuk media pembelajaran tertentu yang bersifat universal masih memungkinkan untuk digunakan. Tapi untuk yang lebih khusus sebaiknya masing-masing kelompok belajar harus dipertimbangakan pada saat memilih media pembelajarannya.

Mutu teknis

Pemilihan media pembelajaran harus memenuhi persyaratan teknis tertentu. Artinya seorang pendidik tidak bisa asal begitu saja menentukan media meskipun sudah memenuhi kriteria sebelumnya.

Intinya setiap produk yang dijadikan sebagai media pembelajaran pastinya memiliki standar tertentu supaya produk tersebut layak digunakan. Artinya jika produk tesebut belum memiliki stadar khusus, seorang pendidik harus mampu menentukan standar untuk produk tersebut supaya bisa diguakan sebagai media pembelajaran.

Pada intinya apapun yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran ke peserta didik bisa dikatakan sebagai media pembelajaran. Hal ini jika melihat beberapa pengertian media pembelajaran baik secara umum maupun dari para pakar pendidikan di atas.

Pengertian Media Pembelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *