Pengertian Media Menurut Para Ahli – Secara harfiah atau etimologi, pengertian media berasal dari bahaya Latin medius yang secara harfiah memiliki arti perantara, yakni perantara sumber pesan (asource) dengan penerima pesan (a receiver). Artinya media bisa dipahami sebagai sarana atau perantara dalam menyampaikan informasi dari seseorang ke orang lain.

Sedangkan secara terminologi media bisa diartikan sebagai suatu alat perantara atau pengantar yang memiliki fungsi untuk menyalurkn pesan maupun informasi dari suatu sumber kepada penerima pesan.

Kemudian ada juga yang mendefinisikan media sebagai segala bentuk saluran yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi maupun pesan. Artinya medis bisa dipahami sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi.


Pengertian Media Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Sebenarnya pengertian media dari beberapa ahli satu dengan yang lainnya secara garis besar tidak jauh berbeda. Misalnya saja seperti:

Syaiful Bahri Djamarah

Berpendapat jika media bisa dipahami sebagai suatu alat yang bisa digunakan sebagai penyalur pesan untuk mencapai tujuan.

Ahmad Rohani

Media didefinisikan sebagai segala sesuatu yang bisa ditangkap oleh indera manusia yang berfungsi sebagai perantara, sarana, maupun alat untuk proses komunikasi.

Arif S. Sadirman

Media diartikan sebagai segala alat fisik yang bisa menyajikan pesan dan merangsang siswa untuk belajar.

Leslie J. Briggs

Pengertian media menurut Leslie J. Briggs adalah suatu alat yang secara fisik dimanfaatkan untuk menyampaikan isi materi.


Santoso S. Hamijaya

Mendefinisikan media sebagai segala bentuk perantara yang digunakan seseorang untuk menyampaikan sebuah pesan kepada penerimanya.

Baca Juga: Pengertian RIBA


Pengertian Media Berdasakan Jenisnya

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Secara umum, media dikelompokkon menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:

Media Visual

Media fisual merupakan media yang hanya bisa dilihat saja dan tidak mengandung unsur suara. Artinya media visual adalah media yang melibatkan indra penglihatan. Jadi media visual ini hanya bisa menyampaikan pesan melalui indra penglihatan saja atau hanya bisa dilihat melalui mata saja. Artinya indra lain seperti telinga tidak bisa difungsikan untuk media visual. Jenis-jenis media visual seperti:

  • ·      Media yang tidak diproyeksikan, contohnya seperti media realita, model, media dan grafis.
  • ·      Media proyeksi, contohnya seperti transparansi OHP dan film bingkai atau slide.

Media Audio

Media audio bisa dipahami sebagai media yang isi pesannya hanya dapat diterima melalui indera pendengaran saja. Pesan yang disampaikan melalui media audio ini berupa lambang-lambang auditif, baik yang verbal maupun non verbal.

Artinya pesan maupun informasi yang akan disampaikan dituangkan dalam bentuk lambang-lambang auditif yang bisa berupa kata-kata, musik, maupun sound effect.

Sederhananya media audio ini bisa diartikan sebagai media yang mengandung pesan dalam bentuk auditif (hanya bisa didengar) yang mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemamuan anak untuk membelajari isi tema. Contoh dari media audio seperti radio, kaset audio atau kaset pita magnetik, dan lain sebagainya.

Media Audio Visual

Media audio visual bisa diartikan sebagai media yang bisa dilihat sekaligus juga didengar. Pendapat lain mengatakan jika media audio visual merupakan kombinasi antara audio dan visual atau bisa disebut dengan media pandang-dengar. Contoh dari media audi visual seperti film bersuara, televisi, video, dan sound slide.

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi

Multimdia

Multimedia bisa dipahami sebagai suatu sarana atau media yang didalamnya terdapat perpaduan atau kombinasi dari berbagai bentuk elemen inforasi, seperti halnya tekas, animasi, graphics, dan video. Multimedia sendiri bisa dikategorikan menjadi dua macam, yaitu media linier dan multimedia interaktif.

Multimedia linier adalah multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang bisa dioperasikan oleh pengguna. Artinya media ini berjalan secara sekuensial (berurutan atau lurus), contohnya seperti TV dan film.

Sedangkan multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard, dan lain-lain) yang bisa dioperaikan oleh penggunanya, sehingga penggunanya bisa memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contoh dari multimedia interaktif ini seperti aplikasi game.

Media Realia

Media realia atau real thing bisa dikatakan sebagai alat bantu yang paling mudah dari segi penggunaannya. Sebab Anda tidak perlu membuat persiapan selain langsung menggunakannya. Yang dimaksud benda nyata sebagai media adalah alat penyampaian informasi yang berupa obyek atau benda yang sebenarnya atau asli dan tidak mengalami perubahan yang berarti.

Sebagai obyek atau benda nyata, realia merupakan alat bantu yang bisa memberikan pengalaman langsung kepada para penggunanya. Oleh sebab itu, realia ini banyak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai alat bantu untuk memperkenalkan subjek baru.

Bentuk realia sendiri sebenarnya sama dengan benda sebenarnya sehingga tidak mengalami perubahan sama sekali. Selain itu, realia sendiri mampu memberikan arti nyata kepada hal-hal yang sebelumnya hanya digambarkan secara abstrak dengan kata-kata maupun visual.

Itulah beberapa poin penting berkaitan dengan media. Sampai di sini pastinya Anda sudah memiliki gambaran yang cukup beragam terkait dengan pengertian media secara keseluruhan.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like