Pengertian Managemen Adalah : Contoh, Tunjuan, Manfaat dan Definisi

Pengertian Manajemen – Tentu Pengertian manajemen menurut para ahli satu dengan lainnya terkadang berbeda. Apalagi jika sudah berbicara mengenai pengertian manajemen berdasarkan jenis-jenisnya, sudah pasti perbedaannya akan sangat signifikan.


Pengertian manajemen Menurut Bahasa

Pengertian manajemen

Secara sederhana, manajemen memiliki arti mengatur. manajemen merupakan unsur yang sangat penting. Sebuah perusahaan atau organisasi akan berjalan dengan baik apabila manajemen di dalamnya juga teratur dan kondusif. manajemen sendiri memiliki kegiatan-kegiatan meliputi memimpin, mengatu, mengelola, mengendalikan, dan mengembangkan.

manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota perusahaan atau organisasi dan pengunaan sumber daya perusahaan atau organisasi guna mencapai tujuan yang sudah ditetapan.

Pada dasarnya, manajemen sudah ada sejak manusia ada di dunia ini. Hal ini ruang lingkup manajemen bukan hanya mencakup pengertian mengatur perusahaan atau organisasai saja. Mengatur diri sendiri dan mengatur hubungan antara dua orang juga termasuk manajemen.

Sebagai contohnya adalah peran ibu rumah tangga. Dalam mengurus rumah tanga, ibu mengelola dan mengatur berbagai kebutuhan keluarga, mulai dari kebutuhan ekonomi hingga kebutuhan lainnya. Ibu sebagai seorang manajer mengatur pemasukan dan pengeluaran kebutuhan ekonomi keluarga setiap harinya.

Pengertian manajemen menurut para ahli seperti Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Artinya seorang manajer memiliki tugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Pertanyaannya kemudian adalah mengapa menegemen diperlukan? Ada setidaknya tiga alasan utama kenapa manajemen sangat duperlukan.

Pertama, manajemen diperlukan supaya tujuan pribadi dan organisasi bisa tercapai sesuai dengan target.

Kedua, menegemen diperlukan untuk manjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran, dan kegiatan, yang bisa saling bertentangan diantara pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam sebuah organisasi.

Ketiga, manajemen diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi.

Baca Juga: Pengertian Bank


Para Ahli Punya Pengertian manajemen Yang Berbeda

Pengertian manajemen

1. manajemen Produksi

Irham Fahmi mendefinisikan menagemen produksi sebagai sebuah ilmu manajemen yang membahas secara menyeluruh bagaimana pihak manajemen produksi perusahaan menggunakan ilmu dan seni yang dimilikinya dengan mengarahkan serta mengatur orang-orang untuk mencapai hasil produksi yang sudah ditargetkan.

2. MSDM (manajemene Sumber Daya Manusia)

Hanry Simamora mendefinisikan MSDM sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian remeunerasi, sampai dengan pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

3. manajemen Pemasaran

Sofjan Assauri mendefinisikan manajemen pemasaran adalah kegiatan analisis, perancanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program yang sudah disusun dalam pembentukan, pembangunan, dan pemeliharaan laba dari hasil transaksi/pertukaran melalui sasaran pasar dalam upaya untuk mencapai tujuan jangka panjang sebuah perusahaan.

4. manajemen Keuangan

L. Massie mendefinisikan menegemen keuangan sebagai aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan dana yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional yang efektif dan efisien.

5. manajemen Informasi

Danu Wira Pangestu mendefinisikan manajemen informasi atau Sistim Informasi manajemen (SIM) sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah sebuah data untuk dijadikan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

6. manajemen Strategi

Thomas Wheelen mendefinisikan menagemen strategi sebagai serangkaian keputusan managerial dan berbagai kegiatan yang menentikan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Beberapa kegiatan tersebut seperti perumusan atau perencanaan strategi, pelaksanaan atau implementasi strategi, dan evaluasi.

7. manajemen Operasional

James Evans dan David Collier mendefinisikan manajemen operasional sebagai ilmu dan seni untuk memastikan barang dan jasa diciptakan dan berhasil dikirim ke pelanggan.

Baca Juga: Pengertian Seni


Apa Fungsi manajemen?

Pengertian manajemen

Setelah mengetahu seperti apa pengertian manajemen menurut para ahli di bidangnya masing-masing, kini saatnya Anda untuk mengetahui apa itu fungsi manajemen?

1. manajemen sebagai Ilmu (Science)

Sebagai ilmu, manajemen selalu berusaha secara sistematis agar supaya memahami bagaimana dan mengapa manusia harus bekerja bersama supaya bisa mencapai tujuan dan membuat sebuah sistem kerjasama tersebut bisa bermanfaat bagi kepentingan kemanusiaan.

2. manajemen sebagai Seni (Art)

manajemen merupakan sebuah seni untuk tercapainya sebuah hasil yang optimal dengan usaha yang minimal atau standar. Selain itu agar supaya tercapai sebuah kebahagiaan dan kesejahteraan yang optimal untuk pemimpin maupun pekerja serta memberikan sebuah layanan yang sangat baik untuk masyarakat.

3. manajemen sebagai Profesi

manajemen sebagai profesi merupakan suatu bidang pekerjaan atau kegiatan yang dikerjakan oleh banyak oang yang memiliki keterampilan dan keahlian sebagai seorang pemimpin, manajer, atau leader pada sebuah organisasi atau perusahaan tertentu.

4. Manajemen sebagai Proses

manajemen merupakan sebuah proses khas yang terdiri dari sebuah tindakan yang terencana, diorganisasikan, dilaksanakan, dan dikendalikan, yang mana pada masing-masing bidang tersebut menggunakan ilmu pengetahuan dan skill yang diikuti secara urut dalam upaya untuk mencapai sasaran dan tujuan yang sudah ditetapkan.

Sebenarnya jika Anda memahami secara lebih mendalam lagi terkait dengan pengertian manajemen menurut para ahli di atas, dari pendapat satu ahli dengan ahli lainnya terdapat benang merah berkaitan dengan fungsi manajemen itu sendiri.

Dan ketika berbicara mengenai manajemen, selain mengetahui apa pengertian mangemen menurut para ahli, mengatahui apa saja sebenarnya fungsi manajemen bisa dijdikan pijakan sebelum memahami konsep manajemen secara utuh.

Pengertian manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *