Pengertian Konsep Adalah : Contoh, Fungsi dan Teori Pembahasan

Pengertian Konsep  – Pengertian konsep merupakan sebuah gagasan yang menjelaskan sebuah peristiwa ataupun benda agar mudah dipahami. Konsep sendiri mampu mewakili sejumlah obyek yang memiliki ciri-ciri yang sama. Oleh karenanya, konsep merupakan bentuk sederhana dari penjelasan mengenai langkah-langkah atau memahami sesuatu hal.

Setiap sesuatu memiliki konsep sendiri-sendiri. Peristiwa atau kejadian khusus sebenarnya bisa dipahami dari awal. Kejadian tersebut akan terjadi sesuai dengan rencana/rancangan awal.

Rancangan ini biasanya akan dilakukan oleh seseorang untuk mengatur sebuah kejadian sesuai keinginannya. Meskipun kadang hasilnya tidak sempurna. Karena hal itu bergantung pada kejelian untuk memasukkan ide kedalamnya.

Untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan konsep, kami akan tunjukkan beberapa pendapat ahli mengenai pengertian konsep. Kami juga akan membagikan informasi mengenai unsur beserta karakteristiknya. Informasinya bisa dilihat satu persatu di bawah ini.


Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Pengertian Konsep

Istilah konsep didapatkan dari bahasa latin Conceptum. Artinya adalah sesuatu yang dipahami. Ini berarti bahwa konsep merupakan gambaran tentang sesuatu yang bisa memberikan pemahaman bagi siapa saja yang memandangnya.

Dalam memberikan pemahaman pada orang lain, seseorang bisa menuangkan ide/gagasannya ke dalam sesuatu. Ide ini dituangkan sebagai representasi atas penjelasan suatu kejadian atau peristiwa. Tentunya ide ini memuat informasi yang akan dipahami oleh orang lain.

Ada beberapa ahli yang menjelaskan tentang pengertian konsep. Pendapat ahli ini setidaknya bisa memberikan pemahaman tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan konsep. Salah satunya datang dari Bahri (2008).

Bahri berpendapat bahwa konsep merupakan satuan arti yang mewakili sejumlah obyek dengan ciri yang sama. Satuan arti ini berupa kata. Kata-kata yang ditempatkan mampu diterjemahkan oleh orang lain. Artinya, orang tahu apa yang diinginkan oleh pengonsep mengenai obyek yang dijelaskan.

Biasanya obyek-obyek akan ditempatkan pada kategori atau golongan-golongan tertentu. Kemudian orang yang memiliki konsep akan mulai menjelaskannya dengan sebuah abstraksi sederhana. Tujuannya yakni membuat gambaran sederhana tentang suatu obyek agar mudah dikenali.

Sementara menurut Soedjadi (2004), pengertian konsep ialah sebuah ide abstrak yang digunakan untuk mengklasifikasikan/menggolongkan sesuatu yang dinyatakan dengan sebuah istilah atau rangkaian kata. Kurang lebih, istilah yang diciptakan untuk menjelaskan suatu obyek atau peristiwa.

Begitupula dengan Woodruf. Beliau menjelaskan konsep sebagai gagasan yang bermakna dan relatif sempurna. Gagasan ini memberikan pengertian tentang suatu obyek yang dijelaskan. Dan pengertian yang dituangkan dalam gagasan berasal dari pengalaman dalam memahami obyek tertentu.

Baca Juga: Pengertian Investasi


Unsur-Unsur Dalam Konsep

Pengertian Konsep

Ada beberapa unsur yang membentuk sebuah konsep. Seluruh unsur terlibat sepenuhnya untuk membuat konsep yang utuh. Diantara unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut ini.

Yang pertama adalah nama. Nama menjadi sebuah istilah dari suatu benda yang dijelaskan. Biasanya nama ini mewakili kata tunggal yang menjelaskan sebuah gagasan. Jadi, satu kata yang digunakan bisa menjelaskan maksud atau makna yang lebih luas dari sesuatu.

Yang kedua adalah contoh. Dalam membuat konsep, contoh diperlukan untuk menganalisis serta membandingkan suatu obyek sesuai karakteristiknya. Ini bisa saja membandingkan contoh-contoh positif dan negatif dari suatu benda.

Yang ketiga adalah karakteristik pokok. Unsur ini akan menjelaskan apakah yang dilakukan sudah masuk dalam konsep atau tidak. Biasanya akan dibuat sebuah percontohan.

Yang keempat adalah rentang karakteristik. Maksudnya adalah konsep ini memiliki hubungan dengan konsep lainnya. Hanya saja memiliki batasan tersendiri. Contohnya adalah sub kategori merupakan bagian terkecil dari sebuah konsep.

Baca Juga: Pengertian Renang


Karakteristik Konsep

Pengertian Konsep

Konsep memiliki karakteristik atau ciri yang bisa dikenali oleh orang lain. Dikatakan suatu peristiwa telah dikonsep jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.

Memiliki Sifat Abstrak

Maksudnya adalah gagasan yang dituangkan merupakan gambaran mental tentang suatu kegiatan atau benda. Seseorang hanya bisa membayangkan seperti apa benda atau kegiatan itu melalui ide yang dipaparkan.

Menjelaskan Benda Dengan Karakteristik Tertentu

Konsep dipahami sebagai ide yang dituangkan dalam sebuah kata yang merepresentasikan benda atau peristiwa. Kata/istilah ini diciptakan untuk menjelaskan benda-benda berdasarkan karakteristik dan kualitasnya. Jadi, istilah ini akan terus dipermanenkan sehingga orang lain tidak salah memahaminya.

Memiliki Sifat Personal

Konsep dibuat oleh orang-orang yang memandang sesuatu secara subjektif. Pandangan ini didapatkan dari pengalamannya sendiri. Oleh karenanya, kadang seseorang akan membuat istilah untuk menamai sesuatu yang dilihatnya.

Karena sifatnya personal, bisa saja konsep yang dibuat akan disalahpahami oleh orang lain. Terkecuali bila orang lain bertanya mengenai apa yang diinginkan oleh orang yang memiliki konsep secara terperinci.

Konsep Hanya Bisa Diketahui Dari Pengalaman Belajar

Untuk memahami sekaligus membuat konsep, seseorang perlu belajar sambil mencari pengalaman tentang suatu hal. Dengan belajar, seseorang akan tahu apa yang dimaksud dengan simbol/lambang bahasa yang digunakan oleh pembuat konsep.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan di sini. Sederhananya, pengertian konsep tak lain merupakan sebuah ide yang dituangkan dalam sebuah lambang bahasa untuk merepresentasikan sebuah kejadian/peristiwa ataupun benda melalui pengalaman belajar.

Pengertian Konsep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *