Pengertian Kesehatan Adalah : Contoh, Jenis, Materi dan Menurut Ahli

2 min read

Pengertian Kesehatan – Pengertian kesehatan diartikan sebagai kondisi tubuh yang bugar dan tidak terserang penyakit apapun. Merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri oleh manusia karena dengan tubuh yang sehat maka akan ada banyak kebaikan yang dirasakan.

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit. Tetapi pada kenyataannya untuk mempunyai tubuh sehat tidak semudah yang dibayangkan. Karena itulah ada pepatah yang mengatakan “sehat itu mahal”. Namun tentu makna kesehatan yang luas ini tidak hanya sebatas kondisi tubuh yang fit saja.


Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang

 

Undang-undang yang dimaksud disini adalah UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan yang menjelaskan bahwa kesehatan ialah kondisi sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang menguatkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.


Pengertian Kesehatan Menurut WHO dan MUI

 

  • Menurut WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia, kesehatan adalah kondisi fisik, mental dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya sekadar tidak adanya penyakit atau kelemahan. Sementara dalam Piagam Ottawa dijelaskan bahwa kesehatan adalah sumber energi bagi kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan ialah sebuah konsep positif yang mengutamakan pada sumber pribadi, sosial dan keterampilan fisik.
  • Menurut MUI, pengertian kesehatan adalah suatu ketahanan jasmani, rohani dan sosial yang dipunyai manusia sebagai bentuk karunia dari Allah swt. yang harus disyukuri dengan cara menjalankan seluruh ajaran-Nya.

Baca Juga: Pengertian Kebugaran Jasmani


Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli

 

Jika sebelumnya telah dijelaskan pengertian atau definisi kesehatan menurut Undang-Undang dan WHO serta MUI. Ada beberapa pendapat mengenai definisi kesehatan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

White

Menjelaskan secara sederhana bahwa kesehatan merupakan suatu kondisi yang normal di mana seseorang pada saat diperiksa tidak memiliki keluhan ataupun gejala dan tanda penyakit apapun. Yang mana diidentifikasi secara medis ketika proses pemeriksaan berlangsung.

Neuman

Menurut pendapat Neuman, kesehatan diartikan sebagai bentuk keserasian atau keseimbangan antara fisik, psikis, sosial, spiritual, budaya dan biopsisko pada tiga skema penjagaan yang fleksible, normal dan resisten. Yang mana dapat disimpulkan jika pendapat ini juga mengarah pada makna sehat secara jiwa.

Perkins

Definisi kesehatan menurut Perkins adalah suatu keadaan yang seimbang dan dinamis antara fungsi dan bentuk tubuh serta faktor-faktor lain yang berkaitan dan mempengaruhi kedua elemen tersebut.

Paune

Menyatakan pengertian kesehatan ialah suatu kenormalan pada fungsi organ tubuh yang efektif dalam menjalankan seluruh fungsinya. Tanpa adanya rasa nyeri, kegagalan fungsi ataupun gangguan dalam melakukan aktivitas.

Moltmann

Berpendapat bahwa kesehatan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kecacatan, melainkan kesehatan adalah sebuah kekuatan guna bertahan terhadap penyakit dan kecacatan itu sendiri.

Grundman

Definisi kesehatan menurut penambahan Chr. Grundman adalah kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup yang berbeda-beda untuk menunjang kehidupan.

Baca Juga: Pengertian Bola Voli


Jenis-Jenis Kesehatan

 

Secara umum terdapat 2 jenis kesehatan, yakni sebagai berikut:

Kesehatan Fisik

Merupakan kesehatan jasmani atau tubuh yang dinilai berdasarkan kondisi fisik seseorang. Kesehatan ini sangat berkaitan erat dengan masalah-masalah yang berhubungan fisik seperti terbebas dari luka, cedera ataupun berbagai penyakit baik itu penyakit luar ataupun penyakit dalam.

Kesehatan Mental

Pengertian kesehatan mental adalah kesehatan yang dinilai dari kondisi psikis atau kejiwaan dari seseorang. Kesehatan ini sangat erat hubungannya dengan masalah stres dan masalah lain terkait dengan pikiran lainnya. Seseorang dengan mental yang sehat cenderung memiliki emosi stabil, keseimbangan psike dan tidak terlalu tertekan dengan persoalan yang dihadapi.


Usaha Menjaga Kesehatan

 

Menurut Kals dan Cobb, ada tiga jenis usaha untuk seseorang menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit. Tiga usaha tersebut adalah:

Health Behavior

Adalah aktivitas atau upaya yang dilakukan seseorang yang dipercaya mampu membangun kesehatannya dengan cara mencegah atau menangani gangguan penyakitnya. Yang mana syarat kegiatan ini adalah seseorang harus memahami dasar pemikiran dan manfaat dari aktivitas bahwa hal tersebut tersebut dapat memberi manfaat. Contohnya seperti konsumsi makanan bergizi dan membatasi makanan tidak sehat serta rutin memeriksa kesehatan fisik.

Ilness Behavior

Adalah aktivitas atau upaya yang dilakukan seseorang yang sedang sakit agar mendapatkan informasi, nasihat atau cara penyembuhannya agar kondisinya kembali sehat seperti sedia kala. Misalnya seperti ketika sakit perut atau demam, maka seseorang akan membutuhkan nasihat dari dokter, teman atau perawat dan obat yang harus dikonsumsi.

Stick Role Behavior

Adalah aktivitas atau upaya yang dilakukan seseorang untuk menjalani metode penyembuhan dari rasa sakit yang dideritanya. Usaha ini dialami oleh seseorang yang tarafnya lebih berat dari illness behavior. Di mana seseorang merasa sakit dan memang harus menjalani rawat inap sebab kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Itulah ulasan mengenai pengertian kesehatan beserta jenis dan usaha yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Seperti yang telah diketahui, mencegah lebih baik daripada mengobati sehingga sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga dan memeriksa kesehatan baik fisik maupun psikis.

Pengertian Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *