Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah : Contoh, Tujuan dan Manfaat

2 min read

Pengertian Kebugaran Jasmani – Pengertian kebugaran jasmani diartikan sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk menunjang keinginan tersebut, seseorang perlu melakukan serangkaian aktifitas. Dan serangkaian aktifitas fisik ini memegang peranan penting dalam kesehatan seseorang.

Pada dasarnya, manusia selalu bergerak. Berbagai gerakan dilakukan dengan berbagai alasan. Bahkan gerakan ini menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dilakukan oleh manusia.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang melakukan gerak tubuh. Diantaranya adalah untuk mempertahankan eksistensinya sebagai makhluk hidup, menjadi kebutuhan dasar serta menghindarkan dari sejumlah masalah kesehatan.

Pentingnya gerakan tubuh membuat seseorang terus mengupayakannya. Untuk menjaga kebugaran, ada beberapa unsur penting yang terdapat di dalamnya. Apa saja unsur yang dimaksud? Mari simak informasinya bersama dengan pengertian kebugaran jasmani di bawah ini.


Pengertian Kebugaran Jasmani Secara Umum

 

Kesehatan tubuh bisa mendukung aktifitas seseorang di tiap harinya. Aktifitas yang berjalan normal tentunya akan mendukung kualitas hidupnya. Dan inilah yang diharapkan oleh setiap manusia.

Bicara tentang pengertian kebugaran jasmani, cukup banyak pakar yang menjelaskannya. Salah satunya adalah Rusli Lutan. Beliau memandang kebugaran jasmani sebagai kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala macam kegiatan fisik di tiap harinya dengan memanfaatkan 3 unsur. Yakni kekuatan, fleksibilitas serta daya tahan.

Sementara menurut Joko Pekik Irianto, kebugaran jasmani dipahami sebagai kemampuan manusia dalam melakukan kegiatan harian dan memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan. Artinya, ada tenaga cadangan yang dipergunakan untuk menjalankan kegiatan olah tubuh.

Sedangkan Muhajir berpendapat bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik seseorang dalam melakukan adaptasi terhadap sejumlah kegiatan harian tanpa mengalami rasa capek. Ini berarti bahwa seseorang melakukan sebuah kegiatan di waktu luang untuk melatih tubuhnya sendiri. Tujuan utamanya jelas untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Dari pendapat para pakar di atas, jelas sekali apa yang dimaksud dari kebugaran jasmani. Sederhananya, hal itu merupakan serangkaian aktifitas di luar pekerjaan yang melibatkan gerak tubuh untuk menjaga kesehatan. Hal ini biasanya dilakukan di pagi hari atau di waktu luang.

Baca Juga: Pengertian Bola Voli


Unsur-Unsur Dalam Kebugaran Jasmani

 

Dalam mendukung kebugaran jasmani, ada beberapa unsur yang dilibatkan di dalamnya. Keseluruhan unsur ini memiliki peran penting dalam mengenali kemampuan seseorang. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Kecepatan

Unsur pertama dalam kebugaran jasmani adalah kecepatan/speed. Ini adalah kemampuan manusia dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang singkat. Semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerakan, maka semakin bagus kecepatan manusia.

Kecepatan ini bisa berupa kecepatan bergerak, bereaksi serta berlari. Keseluruhan kemampuan ini dipengaruhi oleh elastistisitas otot, fokus, teknik dan lain sebagainya. Dan ini semua bisa dilatih oleh seseorang.

Kekuatan

Unsur ini memaksimalkan kekuatan otot untuk menjalankan kegiatan fisik. Kekuatan ini bisa bertambah baik ketika terus dilatih. Kekuatan ini juga sangat penting untuk meminimalkan resiko cedera manakala melakukan aktifitas fisik.

Daya Tahan

Daya tahan ini merujuk pada kemampuan seseorang dalam mempertahankan kegiatan fisik dalam durasi yang lama. Seseorang yang telah terbiasa latihan fisik biasanya tidak akan mengalami rasa sakit ataupun lelah. Terkecuali latihan fisik ini ditingkatkan.

Keseimbangan

Dalam menjalankan kegiatan fisik, dibutuhkan kemampuan tubuh dalam mengendalikan organ tubuh dan syaraf. Fungsinya untuk membuat gerakan terkendali dengan baik.

Kemampuan ini juga perlu dilatih terus-menerus. Latihan intens setiap hari akan memperbaiki keseimbangan tubuh. Dan ini bisa dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran


Faktor Yang Berpengaruh Pada Kebugaran Jasmani

 

Kebugaran seseorang berbeda-beda. Tinggi rendahnya dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Jenis Kelamin

Kemampuan fisik seorang laki-laki dengan perempuan jelas berbeda. Kekuatannya dalam angkat beban juga sangat berbeda. Dan laki-laki dipandang memiliki kemampuan fisik yang jauh lebih baik.

Seorang laki-laki tidak cepat mengalami kelelahan. Terutama dalam urusan kegiatan fisik. Bahkan kekuatannya dalam mengangkat beban lebih besar ketimbang kaum wanita.

Usia Seseorang

Semakin bertambahnya usia, kebugaran seseorang akan mengalami penurunan. Hal ini sudah lazim terjadi. Tetapi orang yang sering melakukan kegiatan fisik jauh lebih baik ketimbang yang jarang melakukannya di tiap harinya.

Kebugaran jasmani seseorang akan terlihat maksimal di usia 25-30 tahunan. Sebelum dan setelah usia tersebut, seseorang akan mendapati kebugaran tubuhnya yang terus menurun. Biasanya dicontohkan dengan melemahnya kekuatan ataupun cepat merasa lelah.

Makanan/Gizi

Makanan yang dikonsumsi setiap hari memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Makanan bergizi bisa meningkatkan tenaga. Tapi harus dikonsumsi dengan proporsi yang tepat.

Sebagai upaya untuk mempertahankan kesehatan, wajib bagi seseorang untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Mulai dari menakar jumlah karbohidrat harian, protein dan zat lainnya.

Kesimpulannya, kesehatan tubuh ditentukan oleh seberapa baik seseorang dalam menjaganya. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan rajin melakukan aktifitas fisik setiap harinya. Kemampuan menjalankan kegiatan fisik harian dengan tujuan sehat ini merupakan pemahaman sederhana dari pengertian kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *