Pengertian Jaringan Komputer Adalah : Contoh, Manfaat, Jenis dan Tujuan

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer – Secara umum pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dua ataupun lebih komputer yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya melalui media tranmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi data, aplikasi, atau berbagi perangkat keras komputer.

Selain itu, istilah jaringan komputer ini bisa juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah teminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer ataupun lebih dan saling berhubungan. Lalu apa tujuan dibangunnya jaringan komputer semacam ini?

Tujuan utama dibangunnya jarungan komputer adalah supaya informasi atau data yang dibawa pengirim atau transmitter bisa sampai kepada penerima atau receiver dengan lebih tepat, cepat, dan akurat. Artinya dengan jaringan komputer, penggunanya bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya lebih mudah.

Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja, peran jaringan komputer sangat diperlukan ketika mengintegrasi data antar komputer-komputer clinet, sehinga pada akhirnya akan diperoleh sebuah data yang relevan.


Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Jaringan Komputer

1. Jafar Noor Yudianto

Pengertian jaringan komputer menurut Jafar Noor Yudianto adalah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain supaya bisa berbagi suatu sumber daya (CPU. printer), komunikasi (pesan instan, surel), dan supaya bisa mengakses informasi (peramban web).

2. Abdul Kadil

Abdul kadil mendefinisikan jaringan komputer sebagai hubungan antara dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih dan memiliki tujuan utama untuk melakukan pertukaran data.

3. Tanaenbaum

Tanaenbaum mendifinisikan jaringan komputer sebagai suatu kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam sebuh sistem yang memiliki aturan tertentu supaya mengatur semua anggotanya untuk mengerjakan kegiatan komunikasi.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi


Macam-Macam Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Setelah tahu pengertian jaringan komputer, penting juga untuk memahami jenis dan macam dari jaringan komputer itu sendiri. Umumnya jaringan komputer digolongkan menjadi 5 kategori, yaitu:

1. Berdasarkan jangkauan geografisnya

  • LAN

LAN atau Local Area Network merupakan jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal kantor, sekolah, restoran, dan lain sebagainya. Jaringan LAN umumnya luas areanya kurang lebih 1 km persegi.

  • MAN

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jaringan yang mencakup hingga suatu kota dengan dibekali transfer data yang cukup tinggi. Bisa dikatakan, jaringan MAN ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Kemudian untuk jangkauannya berkisar antara 10 hingga 50 km.

  • WAN

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara atau bahkan sebuah benua.

2. Berdasarkan distribusi sumber informasi atau data

  • Jaringan terpusat

Jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server. Komputer client memiliki tugas sebagai perantara dalam mengakses sumber data atau informasi yang berasal dari komputer server.

  • Jaringan terdistribusi

Jaringan terdistribusi ini merupakan perpaduan dari beberapa jaringan pusat sehinga dimungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung akan membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

3. Berdasarka media transmisi data yang digunakan

  • Wired network atau jaringan berkabel

Media transmisi yang umumnya digunakan dalam jaringan ini berupaka kabel. Kabel digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga bisa saling bertukar informasi/data atau terhubung dengan internet.

  • Wireless network atau jaringan nairkabel

Dalam jaringan nairkabel ini dibutuhkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Wireless adapter adalah salah satu media transmisi yang sering digunakan dalam wireless network ini.

4. Berdasarkan peranan dan hubungan setiap komputer pada saat memproses data

  • Jaringan client-server

Jaringan client-server terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Jaringan ini umumnya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.

  • Jaringan peer to peer

Dalam jaringan peer to peer ini, baik komputer server maupun komputer client memiliki kedudukan sama. Artinya komputer server bisa menjadi komputer client, sebaliknya komputer clinet juga bisa menjadi komputer server.

5. Berdasarkan topologi jaringan yang digunakan

Dalam jaringan komputer, topologi ini mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Artinya topologi ini merupakan bentuk atau struktur virtual jaringan. Namun bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat yang ada di jaringan tersebut. Salah satu contohnya, komputer di jaringan rumah bisa diatur dalam lingkaran di ruang keluarga.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Internet


Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Setelah membahas mengenai pengertian jaringan komputer lengkap dengan jenis-jenisnya, selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat dari jaringan komputer. Ada banyak sekali kegunaan jaringan komputer, seperti:

  1. Bisa mengakses file yang Anda miliki sekaligus orang lain yang sudah disebarluaskan melalui suatu jaringan, misalnya saja jaringan internet.
  2. Pengiriman data bisa dilakukan secara lebih cepat dan efisien.
  3. Komunikasi antar negara bisa dilakukan lebih mudah dan cepat. Pengguna juga bisa mengirim teks, gambar, audio, hingga video secara real time.
  4. Akses berita dan informasi secara real time menjadi sangat mudah dengan adanya jaringan komputer seperti ini.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dan kegunaan dari jaringan komputer. Apalagi di era berbasis digital seperti sekarang ini. Dan semoga ulasan singkat mengenai pengertian jaringan komputer ini bisa menambah sedikit wawasan keilmuan Anda.

Pengertian Jaringan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *