Pengertian Islam Adalah : Ajaran, Arti, Pengenalan dan Pengetahuan

Pengertian Islam – Pengertian islam menurut kebanyakan orang ialah agama yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat baginya. Di mana agama Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia dengan jumlah pengikut lebih dari 1,5 miliar.

Islam adalah agama yang mengimani satu tuhan yaitu Allah SWT dengan kitab sucinya yang bernama Al-Quran. Merupakan salah satu agama dari enam agama yang dianut di Indonesia selain Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Bagi para pemeluknya, Islam memiliki peran sangat penting dalam menjalankan kehidupan.


Pengertian Islam Secara Harfiyah

Pengertian Islam

Secara harfiyah, Islam berarti damai, selamat, taat dan bersih. Kata “Islam” terdiri dari tiga huruf, yaitu S (sin), L (lam), M (mim) yang mengandung makna dasar “selamat” (salama). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Islam adalah agama yang menebarkan dan membawa keselamatan hidup di dunia dan di akhirat nanti.

Baca Juga: Pengertian Motivasi


Pengertian Islam Menurut Istilah

Pengertian Islam

Islam berarti patuh atau tunduk kepada ajaran dan perintah Allah seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad. Dengan kata lain, pengertian Islam adalah ketundukan seorang hamba pada wahyu Allah yang diturunkan kepada Muhammad sebagai rosul utusannya. Guna dijadikan pedoman hidup serta hukum dan aturan yang akan dapat membimbing manusia ke jalan lurus menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.


Pengertian Islam Menurut Bahasa

Pengertian Islam

Menurut bahasa, Islam berasal dari kata “aslama” (patuh, taat atau berserah diri) yang berakar dari kata “salama” (selamat). Kata Islam sendiri adalah bentuk mashdar dari kata “aslama” ini. Apabila dilihat dari aspek bahasanya yang dihubungkan dengan asal katanya, Islam mempunyai beberapa pengertian, diantaranya yaitu:

  1. Berasal dari kata “salm” yang artinya damai

Menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang sangat menjunjung tinggi perdamaian dan selalu membawa umatnya kepada kedamaian.

  1. Berasal dari kata “aslama” yang artinya berserah diri

Menunjukkan bahwa pemeluk Islam adalah seorang yang ikhlas menyerahkan jiwa dan raganya kepada Allah. Yang ditandai dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

  1. Berasal dari kata istaslama-mustaslimun yang artinya penyerahan total kepada Allah

Makna ini merupakan penguat untuk makna pada poin kedua. Di mana bentuk-bentuk penyerahan diri secara total ialah seperti dalam tingkah laku, pemikiran, perasaan, kehidupan sosial dan lain sebagainya.

  1. Berasal dari kata “saliim” yang artinya bersih dan suci

Menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang bersih dan suci, menjadikan para pemeluknya memiliki kebersihan diri dan kesucian jiwa yang akan membawa pada kebahagiaan dunia dan akhirat yang hakiki.

  1. Berasal dari kata “salam” yang artinya selamat dan sentosa

Menunjukkan bahwa pengertian Islam ialah agama yang membawa keselamatan dan kesejahteraan kepada semua umat manusia.


Fungsi Agama Islam

Pada dasarnya, Islam diajarkan dengan tujuan untuk menyelamatkan manusia dari hal-hal buruk dan penderitaan hidup di dunia dan di akhirat. Di mana agama Islam memiliki fungsi bagi jalannya kehidupan manusia, diantaranya yaitu:

Pembimbing dalam Hidup

Kepribadian seseorang adalah pengendali utama dalam kehidupan manusia. Yang mana kepribadian ini mencakup segala unsur keyakinan dan pengalaman pendidikan yang diperoleh sejak kecil. Jika dalam pertumbuhannya Islam selalu dijadikan pedoman maka akan terbentuk kepribadian yang harmonis. Sehingga akan dapat lebih mampu menghadapi kehidupan dengan tenang.

Pengendali Moral

Dalam ajaran Islam, pelajaran moral atau akhlak sangat diperhatikan di mana setiap hubungan antar manusia dan interaksinya turut dijelaskan. Mulai dari tentang cara berpakaian, berperilaku, bertutur kata, aktivitas sosial lainnya dan segala aturan berkaitan dengan tatanan moral.

Penolong dalam Kesulitan

Selaras dengan pengertian Islam sebagai agama yang membawa keselamatan. Orang yang berpegang teguh pada Islam akan menerima kesulitan atau cobaan dalam hidup dengan sabar dan ikhlas. Yakin bahwa Allah memberikan cobaan sesuai kemampuan hambanya. Di mana pada setiap kesulitan, Allah pasti akan memberikan pertolongan dan keberkahan.

Penentram Batin

Orang yang tidak memiliki kepercayaan akan adanya tuhan cenderung merasa gelisah dan tidak mensyukuri hidup. Berbeda halnya dengan orang beriman yang menyerahkan dirinya kepada Allah di mana ia lebih tenang dan bahagia.

Baca Juga: Pengertian WEB


Keistimewaan Islam Sebagai Agama Samawi

Pengertian Islam

Sebagai agama terakhir, Islam memiliki kedudukan yang istimewa dari agama samawi sebelumnya. Adapun keistimewaan tersebut antara lain adalah:

Islam Sebagai Penyempurna bagi Agama Sebelumnya

Turunnya agama Islam ini merupakan penyempurna agama sebelumnya di mana Islam tidak menyalahkan ajaran agama terdahulu tetapi justru melengkapi apa yang dianggap menjadi kekurangan.

Islam Mengakui Semua Nabi dan Rosul Terdahulu

Islam mengakui dan meyakini para nabi dan rosul sebelum Nabi Muhammad tanpa niat membedakan satu sama lain karena memangku ajaran yang sama yaitu tauhid. Yang membedakan hanyalah pada pelaksanaan hukumnya.

Islam Sebagai Agama yang Fleksibel

Islam adalah agama yang tegas sekaligus fleksibel dalam berbagai aturannya. Contohnya, wudlu dalam Islam adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum melaksanakan sholat, namun jika tidak ada air untuk berwudlu atau keadaan tidak memungkinkan maka diperbolehkan untuk tayamum.

Itulah ulasan mengenai pengertian Islam secara harfiyah, istilah dan bahasa serta fungsi dan keistiwaan Islam sebagai agama samawi. Dengan penjelasan di atas, diharapkan Anda dapat lebih memahami tentang Islam dan ajarannya.

Pengertian Islam Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *