Pengertian Integritas Adalah : Contoh, Bentuk dan Betapa Pentingnya

Pengertian Integritas

Pengertian Integritas – Istilah integritas mungkin masih cukup asing untuk kita dengar dan ketahui. Pengertian integritas secara umum adalah konsistensi atau keteguhan yang sangat kokoh dalam menjunjung nilai-nilai keyakinan dan prinsip di dalam diri seseorang.

Berasal dari Bahasa Latin, kata “integritas” diambil dari kata “integer” yang memiliki arti keteguhan sikap dalam mempertahankan prinsip yang menjadi landasan hidup serta melekat pada diri seseorang. Sederhananya, integritas dapat diartikan sebagai jati diri atau kebenaran dan kejujuran tindakan seseorang.


Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

Pengertian Integritas

Adapun menurut pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli, integritas dapat diartikan sebagai berikut:

KBBI

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disingkat dengan KBBI, definisi integritas dijelaskan sebagai mutu, sifat dan keadaan yang memberikan gambaran kesatuan yang utuh sehingga berpotensi dan mampu memancarkan kewibawaan dan kejujuran.

Andreas Harefa

Mengungkapkan bahwa integritas merupakan tiga kunci kehidupan yang bisa diamati secara langsung yaitu memperlihatkan kejujuran, memenuhi komitmen dan mengerjakan sesuatu secara konsisten.

Ippho Santoso

Menjelaskan bahwa pengertian integritas adalah kondisi menyatunya pikiran, perkataan dan perbuatan agar dapat menghasilkan reputasi dan kepercayaan. Jika dilihat dari asal katanya, integritas mempunyai arti berbicara secara utuh dan lengkap selengkap-lengkapnya.

Henry Cloud

Definisi integritas ialah sesuatu yang sangat berkaitan dengan keutuhan dan keefektifan seseorang sebagai insan manusia. Di dalam upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terpadu serta menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang sebelumnya telah dirancang.

Butler dan Cantrell

Integritas merupakan reputasi bisa dipercaya dan jujur dari seorang individu untuk menjelaskan istilah kepercayaan dalam konteks organisasi.

Alfred John

Mengemukakan pendapat bahwa integritas merupakan sebuah bagian penting dari kepribadian seseorang, di mana seorang yang memiliki etika dan moral baik tanpa adanya integritas, kemungkinan hanya berguna bagi dirinya sendiri dan belum memberikan manfaat bagi orang lain.

Jacobs

Menurutnya, integritas didefinisikan dengan menekankan konsistensi terhadap moral, kejujuran dan keutuhan seseorang atau pribadi.

Azyumardi Azra

Menyatakan pengertian integritas sebagai kepengikutan dan ketundukan kepada prinsip-prinsip moral dan etis atau keutuhan karakter moral.

Baca Juga: Pengertian Jurnal


Fungsi Integritas

Pengertian Integritas

Secara garis besar, terdapat dua fungsi utama dari integritas yaitu sebagai berikut:

  1. Fungsi Kognitif

Fungsi ini mencakup kecerdasan moral dan self insight (wawasan diri), di mana self insight ini meliputi self knowledge (pengetahuan diri) dan self reflection (refleksi diri). Yang berarti, fungsi kognitif integritas adalah untuk memelihara moral dan akhlak seseorang yang kemudian selanjutnya mendorong ia untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas.

  1. Fungsi Afektif

Fungsi ini mencakup consience (hati nurani) dan self regard (harga diri) yang mana dalam konteks ini fungsi afektif integritas adalah untuk menjaga nurani manusia supaya tetap memiliki ‘hati’ dan perasaan sebagai seorang manusia. Agar jelas perbedaan diantara manusia dengan hewan, sebab meski manusia dan hewan secara biologis sama-sama memiliki organ hati. Akan tetapi hewan tidak memiliki qalb, yang terdapat pada diri manusia.

Baca Juga: Pengertian ERD


Manfaat Intregitas

Pengertian Integritas

Dari penjelasan sebelumnya, dapat diketahui bahwa integritas mempunyai dua fungsi yaitu fungsi kognitif dan fungsi afektif. Sementara manfaat integritas bagi seseorang antara lain ialah sebagai berikut:

Secara Emosional

Apabila didasarkan pada pengertian integritas, individu atau seseorang yang berintegritas umumnya menjadi pribadi yang penuh dengan motivasi, sadar diri, mempunyai solidaritas yang tinggi, empati, simpati dan emosi yang cenderung stabil sehingga dapat menyesuaikan diri dengan situasi apapun.

Secara Fisik

Seseorang yang memiliki integritas, secara fisik umumnya akan merasa lebih fit, sehat dan bugar sehingga menjadi lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas atau pekerjaan sepanjang hari.

Secara Intelektual

Individu yang memiliki integritas umumnya akan lebih mampu mengoptimalkan kemampuan otaknya dibanding individu yang tidak memilik integritas. Karena seseorang yang berintegritas cenderung terlatih berpikir secara ilmiah.

Secara Spiritual

Umumnya individu yang memiliki integritas akan menjadi seorang pribadi yang lebih bijaksana dalam memaknai segala sesuatu dalam hidup. Termasuk semua pengalaman dan fenomena kehidupan, baik yang menyenangkan ataupun tidak seperti kesuksesan, kegagalan dan penderitaan.

Secara Sosial

Seseorang yang berintegritas akan lebih mudah dalam menjalankan hubungan sosialnya dengan masyarakat, baik individu ataupun kelompok. Mampu untuk melakukan dengan baik kegiatan yang menuntut kekompakan dan kerjasama serta mempunyai kepekaan dan rasa untuk mempedulikan orang lain.

Adapun sebagai tambahan, berikut ini ciri-ciri pribadi yang memiliki integritas:

  • Selalu menepati janji yang dibuat
  • Tidak plin-plan dan taat asa
  • Memegang teguh komitmen dan bertanggung jawab
  • Bertindak sesuai dengan ucapan
  • Jujur dan terbuka
  • Menghargai waktu
  • Tidak memakai kedok (bersikap sama di depan dan belakang)
  • Menjaga prinsip dan nilai-nilai hidup yang diyakini dan dijalankan
  • Konsisten antara apa yang diimani dan kelakuannya
  • Tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat kesenangan sesaat.

Itulah ulasan ringkas mengenai integritas yang meliputi pengertian integritas, fungsi serta manfaat integritas bagi seseorang. Dari berbagai hal tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa integritas sangat penting untuk seseorang bisa menjalani hidupnya dengan baik.

Pengertian Integritas 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *