Pengertian Integrasi Adalah : Contoh, Jenis, Syarat dan Pembahasan

Pengertian Integrasi  – Pengertian integrasi secara umum bisa dipahami sebagai sebuah sistem yang mengalami sebuah pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Menurut P Soedarno, integrasi berasal dari kata sifat ‘integer’ yang memiliki ati ‘utuh’, ‘tidak retak’, ‘tidak bercacat’, ‘tidak gempil’, dan ‘bulat padu.

Kemudian menurut Emiliana Sadilah, secara etimologi integrasi berasal dari kata latin yang artinya adalah memberi tempat bagi suatu unsur demi suatu keseluruhan. Setelah itu dari bentuk kata kerja itu dibentuk kata benda integritas yang memiliki arti keutuhan atau kebulatan.

Kemudian dari kata integritas ini dibentuk kata sifat integer yang berarti utuh. Oleh sebab itu istilah integrasi bisa diartikan sebagai membuat unsur-unsur tertentu menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh.

Lawan kata dari integrasi adalah disintegrasi. Disintegrasi bisa dipahami sebagai keadaan tidak bersatu pada yang menghilangkan keutuhan atau persatuan serta menyebabkan perpecahan.


Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Integrasi

Agar supaya Anda bisa lebih memahami lagi terkait dengan pengertian integrasi, beberapa pendapat dari para pakar di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai bahan rujukan.

Paul B. Harton

Integrasi didefinisikan sebagai proses pengembangan dalam masyarakat, dimana semua kelompok etnik dan ras bisa digunakan secara serentak dalam kehidupan ekonomi dan budaya.

Hendropuspito

Integrasi didefinisikan sebagai pernyataan secara terancana dari bagian-bagian yang berbeda menjadi satu kesatuan yang serasi. Kata integritas sendiri sangat erat kaitannya dengan terbentuknya suatu bangsa, sebab suatu bangsa terdiri dari berbagai unsur seperti suku/etnis, ras, kepercayaan, tradisi dan lain sebagainya, yang beranekaragam.

Widjaja

Widjaja berpendapat bahwa integrasi adalah keserasian satuan-satuan yang terdapat di dalam sebuah system, dan bukan penyeragaman, tapi merupakan satuan-satuan yang sedemikian rupa dan tidak merugikan masing-masing satuan.

Baca Juga: Pengertian Etika


Pengertian Integarasi Berdasarkan Jenisnya

Pengertian Integrasi

Berdasarkan jenisnya, integrasi bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

Integrasi Kebudayaan

Integrasi kebudayaan bisa dipahami sebagai suatu penyesuaian antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga dapat mencapai sebuah keserasian fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Integrasi Sosial

Integrasi sosial bisa dipahami sebagai penyesuaian antara kelompok-kelompok yang berbeda dalam suatu kehidupan sosial sehingga mampu menghasilakan sebuah pola kehidupan yang serasi bagi masyarakat itu sendiri.

Integrasi Nasional

Pengertian integrasi nasional bisa dipahami sebagai proses penyesuaian antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan di masyarakat secara nasional untuk menghasilkan suatu pola kehidupan yang serasi sehingga dapat memberikan fungsi tersendiri bagi masyarakat tersebut.


Faktor-Faktor Assosiatif dalam Proses Integrasi

Faktor Kerjasama

Kerjasama timbul karena orientasi orang perorangan terhadap kelompoknya dan kelompok lainnya. Kerjasama ini biasanya akan semakin kuat pada saat ada bahaya yang mengancam baik dari dalam maupun dari luar komunitasnya.

Faktor Adaptasi

Proses adaptasi atau penyesuaian diri ini merupakan reaksi terhadap tuntutan-tuntutan terhadap dirinya. Dikarenakan manusia hidup dalam masyarakat, maka tingkah lakunya tidak saja merupakan penyesuaian diri terhadap lingkungannya, lebih dari itu merupakan penyesuaian terhadap tuntutan dan tekanan sosial orang lain.

Faktor Asimilasi

Suatu asimilasi ditandai oleh usaha-usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok. Untuk mengurangi perbedaan tersebut, asimiliasi bisa dilakukan dengan cara mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan misalnya seperti memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Faktor Akomodasi

Akomodasi bisa dipahami sebagai suatu proses dalam hubungan-hubungan sosial yang mengarah kepada adaptasi sehingga antar individu maupun kelompok terjadi hubungan saling menyesuaikan guna mengatasi ketegangan-ketegangan. Artinya, sebagai proses akomodsi merujuk pada usaha-usaha manusia untuk meredakan pertentangan, yaitu usaha-usaha manusia untuk mencapai kesetabilan.

Baca Juga: Pengertian Narkoba


Contoh Integrasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Integrasi

Sikap gotong royong antar masyarakat

Beberapa contoh dari sikap gotong royong antar masyarakat seperti kerja bakti, membantu masyarakat yang mempunyai hajatan, dan lain-lain.

Menaati guru di sekolah

Menaati guru sama halnya dengan menaati orang tua. Alasannya adalah guru merupakan orang tua Anda ketika di sekolah. Dengan taat terhadap guru maka akan tercipta suasana tenang dan harmonis dalam kegiatan pembelajaran.

Menaati peraturan di sekolah

Tujuan menaati peraturan yang ada di sekolah adalah agar terwujudnya sikap menghargai sekolah. Dengan menghargai nama baik sekolah, maka akan terwujud rasa cinta terhadap sekolah. Dan rasa cinta ini merupakan bentuk dari integrasi.

Menaati undang-undang yang berlaku

Menaati undang-undang yang berlaku juga bisa dikatakan sebagi salah satu sikap integrasi. Sebab undang-undang adalah dasar peraturan yang berlaku dan wajib ditaati oleh setiap warga negara.

Menghargai waktu

Seseorang yang mampu menghargai waktu akan dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat sehingga akan semakin mudah tercipta sikap integrasi.

Itulah beberapa poin penting berkaitan dengan integrasi. Dari berbagai pendapat di atas, pastinya sekarang Anda sudah paham betul apa pengertian integrasi itu sendiri.

Pengertian Integrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *