Pengertian Implementasi Adalah : Contoh, Tujuan dan Pembahasan

Pengertian Implementasi – Secara sederhana pengertian implementasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan sebuah rencana yang sudah disusun secara cermat dan rinci (matang). Kata implementasi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris ‘to implement’ yang berarti mengimplementsikan.

Sebenarnya tidak hanya sekedar aktivitas, implementasi bisa dipahami sebagai suatu kegiatan yang sudah terencana kemudian dilaksanakan dengan serius juga mengacu pada norma-norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan.

Dalam arti lain implementasi bisa didefisikan sebagai penyedia sarana untuk melaksanakan sesuatu yang menyebabkan dampak terhadap sesuatu tersebut. Sesuatu tersebut dilakukan supaya timbul dampak berupa undang-undang, peraturan pemerintah, kebijakan yang dibuat lembaga pemerintah dalam kehidupan bernegara serta keputusan peradilan.

Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian implementasi adalah suatu tindakan maupun bentuk aksi nyata dalam melaksanakan sebuah rancana yang sudah dirancang dengan matang. Artinya, implementasi hanya bisa dilakukan jika sudah ada perencanaan, bukan hanya sekedar tindakan semata.

Dari penjelasan di atas, bisa dipahami jika implementasi ini bermuara pada sebuah mekanisme suatu sistem. Artinya penerapan implementasi haruslah sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya supaya hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Supaya Anda bisa memperoleh jawaban yang lebih komprehensif lagi berkaitan dengan definisi implementasi, pendapat dari para ahli dan pakar di bawah ini bisa dijadikan sebagai bahan rujukan.


Para Ahli Memiliki Pandangan Yang Berbeda Mengenai Pengertian Implementasi

Pengertian Implementasi, Tujuan Dan Contoh Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Para ahli ternyata memiliki pandanga yang berbeda dalam mendefinisikan implementasi. Di bawah ini kumpulan definisi implementasi menurut ahli secara lebih lengkap.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mendefinisikan implementasi sebagai pelaksanaan atau penerapan. Dalam hal ini implementasi memiliki arti yang masih sangat umum.

Van Meter dan Van Horn

Implementasi diartikan sebagai pelaksanaan tindakan yang dilakukan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah, maupun kelompok swasta yang tujuannnya adalah untuk menggapai cita-cita yang sudah digariskan dalam keputusan tertentu.

Tachjan

Prof. Tachajan mendefinisikan implementasi sebagai suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan setelah adanya kebijakan.

Hanifah Harsono

Menurut Hanifah Harsono pengertian implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan sebuah kebijakan menjadi sebuah tindakan kebijakan dari politik kedalam administrasi.

Budi Winarno

Implementasi merupakan sebuah tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang sudah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: Pengertian Bisnis


Jenis-jenis Implementasi

Pengertian Implementasi, Tujuan Dan Contoh Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Implementasi Kebijakan

Implementasi kebijakan adalah suatu proses dalam melaksanakan suatu kebijakan tertentu kemudian mengembangkannya dengan tujuan untuk menyempurnakan suatu program.

Implementasi Kebijakan Publik

Suatu tahapan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan atau aturan hukum ditetapkan/disetujuan melalui proses politik.

Implementasi Sistem

Pengertian implementasi sistem adalah suatu proses untuk menempatkan serta menempatkan informasi baru ke dalam operasi.

Implementasi Keperawatan

Suatu tahapan kegiatan yang dilakukan oleh seorang perawat dalam membantu klien dari status kesehatan yang bermasalah menuju status kesehatan yang lebih baik lagi.

Implementasi Strategi

Proses mewujudkan dan menerapkan strategi yang sudah dibuat ke dalam bentuk tindakan melalui berbagai prosedur, program, dan anggaran.


Tujuan Implementasi

Pengertian Implementasi, Tujuan Dan Contoh Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mengacu pada definisi implementasi di atas, beberapa tujuan implementasi adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melaksanakan rencana yang sudah disusun secara cermat, baik oleh individu maupun kelompok
  2. Untuk menguji dan mendokumentasikan suatu prosedur dalam menerapkan rencanan atau kebijakan.
  3. Untuk mewujukan tujuan-tujuan yang ingin dicapai di dalam perencanaan atau kebijakan yang sudah dirancang.
  4. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan suatu kebijakan atau rencana yang sudah dirancang demi perbaikan atau peningkatan mutu.
  5. Untuk mengetahui sejauh mana kemampaun masyarakat dalam menerapkan suatu kebijakan atau rencana sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga: Pengertian Agama


Contoh Implementasi

Pengertian Implementasi, Tujuan Dan Contoh Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebenarnya banyak sekali bentuk maupun contoh implementasi dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Namun pada artikel ini hanya akan memberikan contoh implementasi kebijakan publik.

Pemerintah memiliki pertimbangan setiap kali akan mengeluarkan kebijakan publik, contohnya saja kebijakan publik di bidang pendidikan. Dan setiap kebijakan publik di bidang pendidikan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Contoh implementasi kebijakan publik pada bidang pendidikan seperti:

  1. Pergantian kurikulum yang memiliki tujuan agar pendidikan di Indonesia semakin maju.
  2. Pemberin bantuan dana operasioanl sekolah atau BOS, tujuannnya adalah untuk membantu meringankan beban operasional sebuah lembaga sekolah sehingga diharapkan bisa menjadi tempat belajar yang nyaman bagi peserta didik.
  3. Penerapan pendidikan budaya dan karakter di sekolah, tujuannnya agar para generasi muda penerus bangsa memiliki pengetahuan mengenai budaya Indonesia dan agar supaya mereka memiliki moral yang lebih baik.

Itulah penelasan ringkas berkaitan dengan arti implementasi, tujuan, serta contoh implementasi di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan mengenai pengertian implementsi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Pengertian Implementasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *