Pengertian Flowchart Adalah : Contoh, Fungsi dan Jenis jenis

2 min read

Pengertian Flowchart –  Tahukah Anda mengenai pengertian flowchart itu? Apa jenis-jenisnya dan apa fungsinya di dalam sebuah pemograman?

Flowchart terdiri dari dua kata. Flow berarti aliran dan chart bermakna bagan. Ini bisa diartikan sebagai aliran berbentuk bagan. Lalu, untuk apa bagan tersebut dibuat? Tentunya untuk menggambarkan serangkaian proses di dalam sebuah pemograman.

Di dalam membuat bagan tersebut, terdapat simbol-simbol yang berbeda jenis. Simbol berbeda ini menjelaskan satu proses dalam serangkaian proses. Tujuannya supaya mudah dikenali oleh seseorang.

Di sini, kami hanya akan memberikan informasi mengenai pengertian flowchart dari pandangan para pakar. Selain itu, kami akan melengkapinya dengan jenis-jenisnya beserta fungsi dari flowchart. Untuk selengkapnya, mari perhatikan informasinya di bawah ini.


Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menyatakan pendapatnya mengenai apa itu flowchart. Pendapatnya memiliki kesamaan dalam penggambaran bagan. Diantara pendapat yang dicetuskan oleh beberapa pakar adalah sebagai berikut ini.

Jogiyanto

Menurut  Jogiyanto (2005) pengertian flowchart adalah sebuah bagan yang menunjukkan aliran dalam prosedur sistem secara logika ataupun di dalam program. Aliran ini dibuat untuk menjelaskan prosedur dari sebuah kegiatan yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan dan lain sebagainya. Tentunya untuk mempermudah dalam hal penggambaran setiap proses.

Pahlevy

Pahlevy 2010 berpendapat bahwa flowchart merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari sebuah algoritma dalam pemograman. Diagram ini menyatakan arah alur program yang dibuatnya. Dengan begitu, seseorang akan tahu pasti mengenai detail dari setiap langkah dalam program tersebut.

Krismiaji

Menurut Krismiaji 2010, flowchart ialah sebuah teknik analitik yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi dengan jelas, tepat serta logis. Ini berarti bahwa setiap bagan alir mengandung informasi khusus yang sifatnya jelas. Begitupun dengan bagan-bagan selanjutnya yang saling terkait di belakangnya.

Indrajani

Indrajani 2011 mendefinisikan flowchart sebagai gambaran grafik dari langkah-langkah atau urutan prosedur sebuah program. Maksudnya, grafik-grafik dibuat secara urut dari tingkat awal ke tingkat teratas. Tentunya untuk membentuk satu kesatuan dalam sebuah program secara menyeluruh.

Sariadin Siallagan

Sementara Saridin Siallagan 2009 berpendapat bahwa pengertian flowchart tidak lain sebagai diagram alir yang menggunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan sebuah masalah. Simbol-simbol yang digunakan telah disepakati oleh banyak pihak. Ini memungkinkan orang lain tahu prosedur dari sebuah program yang dibuat.

Baca Juga: Pengertian Populasi


Beberapa Jenis Flowchart

Beberapa Jenis Flowchart

Ada beberapa jenis flowchart yang bisa digunakan oleh seseorang. Ada sekitar 5 jenis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Flowchart Sistem

Flowchart ini menunjukkan alur kerja dari sebuah sistem. Bagan yang dibuat menjelaskan seluruh urutan dalam sebuah pemograman. Biasanya digambarkan dengan sebuah grafik yang terstruktur.

Data yang diproses di dalam bagan tersebut bisa digambarkan dengan dua cara. Pertama bisa digambarkan secara online melalui computer. Kedua bisa digambarkan secara offline seperti kalkulator ataupun mesin tik.

Flowchart Dokumen

Flowchart ini disebut juga dengan paperwork atau form flowchart. Bagan ini dibuat dengan simbol-simbol khusus. Dan simbol ini menjelaskan alur dari sebuah laporan ataupun formulir beserta tembusannya.

Flowchart Skematik

Bagan yang satu ini memiliki kemiripan dengan flowchart sistem. Perbedaannya terletak pada penggunaan simbol dan gambar dalam sebuah sistem. Bisa dikatakan memiliki gambaran yang lebih lengkap.

Simbol dipergunakan untuk menggambarkan alur sebuah sistem. Sementara gambar-gambar computer yang disematkan dipergunakan untuk memudahkan dalam memberi pemahaman. Khususnya bagi orang-orang yang kurang memahami simbol tersebut.

Meskipun tergolong memberikan kemudahan bagi banyak orang, tetapi bagan ini memiliki kelemahan. Kelemahannya terdapat pada cara pembuatannya yang memakan waktu. Bahkan bagan ini cukup sulit untuk dibuat.

Flowchart Program

Bagan program ini memberikan kejelasan pada langkah-langkah dari suatu program secara terperinci. Bagan ini dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagannya digunakan untuk menggambarkan tiap langkah dalam sebuah program komputer. Tujuannya sebagai program analis sistem.

Flowchart Proses

Bagan ini merupakan sebuah teknik penggambaran rekayasa industri. Bagan ini dibuat untuk proses analisis dari setiap langkah dari prosedur atau sistem. Bagan ini biasanya menggunakan 5 buah simbol dengan penjelasan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Pengertian Banjir


Fungsi Flowchart

Fungsi Flowchart

Flowchart dibuat bukan tanpa sebab. Ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh pembuatnya. Tentunya ini merupakan fungsi dasar yang menunjukkan pentingnya flowchart itu sendiri.

Salah satunya adalah sebagai dokumentasi prosedur kerja. Prosedur yang terdokumentasi akan lebih mudah untuk diingat. Bahkan bisa dijadikan patokan untuk menjalankan sebuah operasional.

Selain itu, fungsi flowchart lainnya adalah untuk mencegah kehilangan arah. Artinya, prosedur kerja dari setiap aspek sudah dikenali. Ketika hendak mencapai final program, seseorang perlu melakukan serangkaian kegiatan yang telah diatur secara urut dari tingkat pertama.

Kesimpulannya, flowchart adalah sebuah bagan berisi simbol/gambar yang menjelaskan setiap proses dalam sebuah sistem. Itulah kurang lebih mengenai pengertian flowchart.

Pengertian Flowchart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *