Pengertian Belajar – Secara umum pengertian belajar adalah suatu proses atau upaya perubahan pada kepribadian setiap individu. Seseorang dinilai telah belajar jika ia dapat menunjukkan bukti peningkatan kualitas pada perilakunya.

Baik dalam peningkatan pengetahuan, daya pikir, pemahaman, keterampilan, sikap dan kemampuan lainnya. Yang mana ini merupakan akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon.


Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar

Kata “belajar” umumnya banyak digunakan dalam lingkungan pendidikan demi upaya peningkatan kualitas individu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Sementara definisi belajar yang dikemukakan para ahli berbeda-beda, berikut beberapa diantaranya:

1. Winkel

Belajar merupakan segala aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan. Yang bisa menghasilkan sejumlah perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

2. T. Morgan

Pengertian belajar menurutnya adalah suatu perubahan yang relatif tetap dari tingkah laku sebagai hasil atau akibat dari latihan atau pengalaman.

3. Thursan Hakim

Definisi belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian setiap manusia. Yang hasilnya ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Seperti kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir dan kemampuan lainnya.

4. Skinner

Menurut skinner, belajar merupakan sebuah proses adaptasi atau penyesuaian perilaku yang bersifat progesif. Atau belajar adalah hubungan antara stimulus dan respon yang terjadi melalui proses tingkah laku yang progesif. Saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika seseorang tidak belajar maka responnya akan menurun.

5. Sobry Sutikno

Belajar merupakan suatu proses atau usaha seseorang yang dilakukan untuk memperoleh suatu perubahan. Perubahan tersebut sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan. Dalam hal ini, perubahan dilakukan secara sengaja atau sadar dengan tujuan untuk mendapatkan suatu hal baru yang lebih baik dari sebelumnya.

6. Hilgard & Bower

Belajar merupakan sebuah perubahan pada perilaku seseorang terhadap suatu kondisi tertentu. Yang mana perubahan itu disebabkan oleh pengalaman pribadi yang berulang-ulang dalam situasi tersebut.

7. Muhibbin

Mengemukakan pendapat bahwa pengertian belajar adalah suatu kegiatan yang berproses dan termasuk unsur yang begitu fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

8. Vernon S. Gerlach & Donald P. Ely

Belajar merupakan perubahan perilaku yang mana perilaku itu adalah tindakan yang dapat diamati. Dengan kata lain, suatu tindakan yang bisa diamati atau hasil dari tindakan atau beberapa tindakan yang bisa diamati disebut perilaku.

9. Djamarah

Belajar adalah serangkaian aktivitas yang melibatkan jiwa raga untuk mendapat perubahan tingkah laku. Perubahan tersebut sebagai hasil dari proses belajar atau pengalaman individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.

10. Gagne

Pengertian belajar menurut Gagne adalah salah satu jenis perubahan yang tampak dalam perubahan perilaku. Yang mana keadaannya berbeda dari sebelum dan sesudah individu berada dalam situasi belajar. Perubahan tersebut terjadi karena adanya suatu pengalaman atau latihan, bukan serta-merta karena refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

Baca Juga: Pengertian Informasi


Tahapan Belajar

Pengertian Belajar

  • Inkompetensi Bawah Sadar

Kondisi di saat kita tidak sadar bahwa kita tidak mengetahui jika ternyata kita tidak tahu. Misal seperti pikiran banyak pengemudi muda yang baru mulai belajar mengemudi. Itulah mengapa pengemudi muda lebih sering mengalami kecelakaan dibanding pengemudi yang lebih tua dan berpengalaman. Itu karena mereka para pengemudi muda tidak dapat (tidak mau) mengakui keterbatasan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mereka.

Orang-orang dalam keadaan seperti ini cenderung akan mengambil resiko, membuka diri untuk bahaya dan kerugian, karena alasan sederhana bahwa mereka tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Baca Juga: Pengertian Email

  • Inkompetensi Sadar

Kondisi di saat kita sadar dan mengakui bahwa kita tidak tahu, serta penerimaan penuh atas ketidaktahuan kita.

  • Kompetensi Sadar

Sadar bahwa kita tahu, yaitu ketika kita mulai mempunyai keahlian atas suatu subjek, tetapi tindakan belum berjalan otomatis. Pada tahapan belajar ini, kita harus melakukan semua tindakan dalam tingkatan sadar. Seperti ketika belajar mengemudi, kita harus sadar di mana tangan dan kaki serta berpikir akan setiap pengambilan keputusan saat mengemudi. Pada tahap ini, reaksi jauh lebih lambat dari reaksi mereka yang sudah ahli.

  • Kompetensi Bawah Sadar

Tahapan seorang ahli yang hanya melakukannya, dan bahkan mungkin tidak mengetahui secara rinci bagaimana ia melakukannya. Ia mengetahui apa yang ia lakukan, dengan kata lain, ada sesuatu yang ia lakukan dengan bebas risiko tapi bagi orang lain tampak penuh risiko. Ia tahu apa yang ia lakukan dan tidak bisa ia lakukan. Untuk seseorang yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman, sesuatu yang ia lakukan akan tampak penuh dengan risiko.

Itulah beberapa pendapat mengenai pengertian belajar menurut para ahli dan tahapan-tahapan belajar. Belajar ini bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, siapapun dan dengan apapun, tidak terdapat batasan apapun dalam hal ini.

Pengertian Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like