Pengertian Bank Adalah : Contoh, Tujuan, Fungsi dan Sejarah nya

Pengertian Bank

Pengertian Bank – Selama ini kita tahu bank sebagai tempat menabung uang. Namun tahukah Anda, apa pengertian bank yang sebenarnya?

Tempat yang bisa memudahkan kita mengurus segala hal berkaitan keuangan ini ternyata memiliki pengertian yang cukup beragam menurut beberapa ahli. Tapi terlepas dari itu, keberadaan bank sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam membantu mengelola keuangan.


Pengertian Bank Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Bank

Secara umum, bank adalah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan menghimpun dan menyalurkan dana di masyarakat. Sedangkan menurut KBBI, bank adalah badan usaha di bidang keuangan yang menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat. Terutama untuk memberi kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Sementara menurut para ahli ekonomi dan perbankan baik dalam maupun luar negeri, terdapat beberapa pengertian berikut ini:

· Prof. GM. Verrijin Stuart

Dalam bukunya yang berjudul Bank Politik, pengertian bank adalah suatu badan usaha yang bertujuan memberi kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang dari orang lain, atau dengan mengedarkan alat penukaran baru berupa uang kertas dan uang giral.

· Kasmir

Menurutnya, bank adalah suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit atau pemberian jasa bank lainnya.

· A. Abdurrachman

Dalam bukunya yang berjudul Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan, bank dijelaskan sebagai suatu lembaga keuangan yang menjalankan berbagai macam jasa seperti memberi pinjaman, mengedarkan mata uang, serta bertindak sebagai wadah penyimpanan benda berharga dan membiayai usaha.

· Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Menurutnya, bank adalah suatu badan usaha kekayaan terutama dalam bentuk aset finansial serta bermotifkan profit dan juga sosial sehingga tidak hanya untuk mencari keuntungan.

· Pierson

Bank menurut Pierson, seorang ahli ekonomi Belanda adalah lembaga atau badan yang menerima kredit, simpanan dalam bentuk giro, deposito berjangka dan tabungan. Yang kemudian dikelola dengan menyalurkannya dalam bentuk investasi atau kredit kepada badan usaha swasta atau pemerintah.

· Racmadi Usman

Menjelaskan bahwa pengertian bank adalah lembaga keuangan yang melayani kepentingan masyarakat dalam berbagai bentuk transaksi menyangkut kepentingan pemakai jasa bank tanpa mengabaikan keuntungan pihak bank.

· Jerry M. Rosenberg

Definisi bank dalam bukunya yang berjudul Dictionary of Banking and Finance adalah suatu badan atau organisasi yang biasanya berbentuk perusahaan dan bekerjasama atau disewa pemerintah. Untuk menerima deposito dan giro yang berjangka, membayar bunga yang ada pada mereka sebagaimana yang diizinkan oleh hukum, membuat catatan diskon, memberi pinjaman, berinvestasi didalam pemerintahan atau pada surat berharga lainnya.

· Drs. T. Gilarso

Bank diartikan sebagai lembaga keuangan yang pokok usahanya menghimpun dana, memberi kredit dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

· M. Zamroni

Mengemukakan pendapat bank sebagai badan usaha milik negara atau swasta yang berfungsi untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan menyalurkannya kembali pada masyarakat dalam bentuk kredit.

Baca Juga: Pengertian Seni


Apa Saja Manfaat Bank Bagi Masyarakat?

Pengertian Bank

Sebagai sebuah lembaga intermediasi keuangan, bank adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana kepada masyarakat. Manfaat bank bagi masyarakat antara lain yaitu:

1. Wadah Penyimpanan Uang

Manfaat bank yang satu ini tentu sudah dirasakan sebagian besar masyarakat, baik melalui tabungan, deposito berjangka, giro atau bentuk simpanan lainnya. Bank akan menjamin keamanan uang sekaligus memberikan bunga untuk simpanan tersebut.

2. Pengambilan Kredit

Bagi pihak yang membutuhkan kredit atau pinjaman, bank dapat meminjamkan dana dengan mengenakan bunga kepada peminjam.

3. Melancarkan Mekanisme Pembayaran

Hal ini meliputi jasa transfer antar rekening dalam negeri, pembayaran secara kredit, pembayaran tagihan, sistem pembayaran elektronik, penyaluran gaji karyawan dan pembayaran-pembayaran lainnya.

4. Melancarkan Transaksi Internasional

Bank akan memudahkan penyelesaian transaksi internasional, baik barang, jasa, maupun modal. Jadi masyarakat tidak akan kesulitan melakukan transaksi antar negara karena perbedaan kedua pihak.

5. Penyimpanan Barang Berharga

Masyarakat juga bisa menyimpan barang berharga yang dimiliki di bank, mulai dari perhiasan, uang, surat-surat berharga atau barang berharga lainnya.

Baca Juga: Pengertian Data


Cara Kerja Bank yang Perlu Anda Pahami

Pengertian Bank

Setelah mengetahui pengertian bank dan manfaatnya, Anda mungkin masih bertanya-tanya tentang cara kerja bank. Bagaimana bank bisa mendapatkan keuntungan dengan menghimpun dan menyalurkan dana?

Cara kerja bank dimulai dari tabungan, bank akan mengambil uang yang telah dihimpun dan mengambil keuntungan. Kemudian sebagian dari keuntungan tersebut diberikan kepada nasabah tabungan dalam bentuk bunga. Keuntungan yang diperoleh bank tersebut didapatkan dari menginvestasi dana tabungan tersebut ke investasi dengan bunga yang lebih tinggi. Bank juga bisa meminjamkan dana tersebut kepada nasabah yang membutuhkannya dengan bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan.

Dengan begitu, bank akan mendapat keuntungan dari dana yang telah dihimpun dengan cara menyalurkannya. Pengertian bank sebagai lembaga intermediasi keuangan tentu sesuai dengan hal ini.

Pengertian Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *