Pengertian Algoritma Adalah : Contoh, Definisi, Fungsi dan Kegunaan

2 min read

Pengertian Algoritma – Pengertian algoritma ialah sebuah prosedur yang dilakukan untuk perhitungan, penalaran dalam memecahkan sebuah masalah. Melihat adanya prosedur, tentunya ada beberapa kriteria yang ada di dalamnya. Yakni untuk mencapai tujuan akhir dari sebuah program.

Langkah-langkahnya disederhanakan, serta disusun secara sistematis dan logis. Hal ini ditujukan untuk memudahkan dalam urusan pengoprasiannya. Contohnya adalah dalam mengoperasikan komputer.

Di dalam sebuah program komputer, seseorang akan mampu menyelesaikan tugasnya bila menjalankan seluruh fungsi yang terdapat di dalamnya. Seluruh bagian harus dilewati untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jika tidak, maka seseorang tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut.


Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Pengertian algoritma ini bisa dipahami dari berbagai pendapat yang dinyatakan oleh beberapa pakarnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Marvin Minsky

Marvin Minsky merupakan pakar Artificial Intelegence. Beliau menjelaskan algoritma sebagai serangkaian aturan untuk memberitahu seseorang dari waktu ke waktu tentang bagaimana seharusnya bertindak.

Ini berarti bahwa serangkaian aturan ini memang sudah dibuat masing-masing. Setiap orang yang ingin  menyelesaikan sesuatu wajib melakukan berbagai hal di tiap prosesnya. Karena ini merupakan bentuk dari prosedur wajib.

Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Kwarizmi

Beliau adalah ahli matematika dari Uzbekiztan. Beliau memberikan pemahaman tentang pengertian algoritma sebagai metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Kaitannya dengan ilmu matematika, seseorang baru bisa menyelesaikan perhitungan dengan tepat bila mengikuti prosedur pengerjaannya. Seseorang tidak bisa mendapatkan hasil yang sesuai bila melewati salah satu langkahnya. Karena setiap langkah saling berkaitan dan menentukan pada langkah selanjutnya.

Donald Ervin Knuth

Ervin Knuth mendefinisikan algoritma sebagai sederetan aturan yang memberikan sejumlah operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Maksudnya, dalam setiap operasi sistem terdapat aturan tentang bagaimana cara menggunakannya. Seseorang baru bisa mengoperasikannya bila mengetahui aturan tersebut.

Dari sekian banyaknya pengertian algoritma yang disebutkan di atas, algoritma dipahami sebagai sebuah prosedur yang berisi tentang sejumlah perintah operasi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Entah itu dalam memperoleh hasil perhitungan dan lain sebagainya. Tergantung pada jenis program yang sedang dikerjakan.

Fungsi Dari Algoritma

Terciptanya algoritma tidak bisa dilepaskan dari fungsi dan tujuannya. Sedehananya, fungsi algoritma adalah untuk menyederhanakan sebuah program dalam hal pengoperasiannya. Untuk gambaran umumnya, fungsi dari algoritma adalah sebagai berikut.

  • Membuat program yang lebih besar menjadi lebih sederhana
  • Membantu dalam memecahkan permasalahan yang lebih rumit
  • Menyelesaikan sesuatu secara logis dan urut
  • Menjadikan sebuah program lebih rapi sehingga mudah dikembangkan
  • Mempermudah dalam dokumentasi sebuah program
  • Memudahkan dalam proses modifikasi
  • Memberikan pemahaman tentang bagaimana cara bertindak lantaran memiliki alur yang jelas

Baca Juga: Pengertian Teks Eksposisi


Kriteria Dari Algoritma

Kriteria Dari Algoritma

Algoritma ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Di dalam memecahkan sebuah permasalahan, serangkaian aturan yang berlaku akan dijalankan. Dan algoritma ini memiliki kriteria atau ciri khusus.

Pertama adanya input atau masukan. Input sendiri dipahami sebagai bagian dari permasalahan itu sendiri. Permasalahan yang ada nantinya akan dicarikan solusinya.

Kedua adalah proses. Proses ini berkaitan dengan rencana untuk menyelesaikan permasalahan. Rencana ini meliputi sejumlah aturan atau langkah-langkah untuk sampai pada tujuan akhir.

Ketiga adalah output (keluaran/hasil). Dari serangkaian proses yang dibuat, tentunya ada hasil yang ingin dicapai. Hasil inilah yang disebut dengan output. Biasanya hanya ada satu output dalam sebuah pemograman.

Keempat adalah instruksi. Setiap langkah akan diberikan sejumlah instruksi yang jelas. Instruksi ini memudahkan seseorang dalam menjalankan sebuah program.

Kelima adalah tujuan akhir. Ketika semua instruksi telah dijalankan, seseorang akan sampai pada hasil akhir. Ketika mencapai tujuan ini, program akan berhenti.

Baca Juga: Pengertian Proposal


Contoh Sederhana Algoritma Dari Kehidupan Harian

Contoh Sederhana Algoritma Dari Kehidupan Harian

Algoritma erat kaitannya dengan program komputer ataupun program dalam perhitungan matematika. Untuk mencapai hasil akhir, diperlukan urutan-urutan tugas yang harus diselesaikan sesuai instruksinya. Keliru dalam menjalankan operasi, maka seseorang tidak akan sampai di tujuan akhir.

Ada satu contoh sederhana yang bisa menjelaskan gambaran dari algoritma. Salah satunya adalah saat memasak air. Katakan saja tujuan akhirnya adalah memperoleh air yang masak dan siap untuk dikonsumsi.

Urutan untuk memperoleh hasil akhirnya dimulai dari mempersiapkan panci. Kemudian memasukkan air ke dalam panci, menutpnya dan meletakkannya di atas kompor.

Setelah itu, nyalakan api kompor. Ketika air sudah mendidih, matikan kompor dan angkat panci. Proses selesai dan air sudah bisa diminum.

Begitupun dengan program dalam sebuah komputer semisal mengoperasikan ms word. Langkah awalnya adalah menyalahkan komputer, membuka ms word dan mengetikkan sejumlah huruf di dalamnya. Setelah penulisan selesai, tinggal simpan atau diprint out sesuai tujuan.

Intinya, algoritma adalah serangkaian langkah yang berisi instruksi untuk menyelesaikan sebuah masalah. Langkah-langkahnya sudah direncanakan dari awal sehingga lebih mudah untuk digunakan. Itulah kurang lebih mengenai pengertian algoritma.

Pengertian Algoritma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *