Pengertian Administrasi Adalah : Contoh, Manfaat, Fungsi dan Tujuan

2 min read

Pengertian Administrasi

Pengertian Administrasi – Cukup banyak informasi yang menjelaskan tentang pengertian administrasi. Kaitannya berupa angka-angka, disusun dengan baik untuk menjelaskan sebuah aktifitas tertentu. Dan administrasi ini memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan ataupun lembaga lainnya.

Jenisnya sangat banyak. Keberagaman jenis ini tentunya untuk memberikan kelengkapan informasi yang dibutuhkan. Makanya, orang yang bekerja di bagian administrasi wajib memiliki kecakapan dalam hal penyusunan dan perhitungan yang baik.

Di sini, kami akan mengulas tentang pengertian administrasi, tujuan serta jenis administrasi yang biasanya digunakan. Untuk mengetahui informasinya, mari simak ulasannya berikut ini.


Beberapa Pengertian Administrasi Dari Pakar

Jenis Administrasi Yang Lazim Dilakukan

Istilah administrasi diartikan sebagai pengabdian ataupun pelayanan. Dalam dunia perkantoran, pelayanan maksimal diberikan untuk membuat klien semakin termudahkan dalam berbagai urusan. Biasanya, admin adalah orang pertama yang akan menanggapi calon klien/pelanggan baru.

Kemudahan ini berkaitan dengan informasi-informasi penting dari sebuah perusahaan atau lembaga. Informasi mendetail ini bisa dibeberkan sesuai keinginan klien. Khususnya ketika klien menanyakan tentang detail sesuatu.

Pertanyaannya adalah apa yang dimaksud dengan administrasi? Pengertian administrasi menurut para pakar itu berbeda-beda. Tapi sebenarnya mengacu pada pemahaman yang sama.

Menurut Sondang P Siangan, administrasi merupakan keseluruhan proses kerjasama yang bertumpu pada pertimbangan logis untuk mencapai tujuan. Untuk melakukannya, orang yang terlibat di dalamnya bisa sekitar 2 orang atau lebih.

Sementara menurut William H Newman, administrasi diartikan sebagai leadership, pembimbingan serta pemantauan dari usaha dari kelompok individu untuk mencapai tujuan penting. Tentunya, tujuan ini sudah disepakati bersama.

Sedangkan menurut Arthur Grager, pengertian administrasi adalah tata penyelenggaraan pada pelayanan dan komunikasi dari sebuah organisasi.

Dari sejumlah pengertian di atas, tentunya bisa ditarik kesimpulan sederhana. Administrasi bisa dimengerti dengan sebuah rancangan atau susunan kerja yang dibuat untuk memberikan pelayanan dan komunikasi dari sebuah usaha berdasarkan pemikiran logis untuk menggapai sebuah tujuan dari sebuah badan usaha dan lain sebagainya.

Di dalamnya akan berisi tentang informasi-informasi dari sebuah badan usaha. Informasi inilah yang akan menjelaskan tentang usaha yang dibangun oleh sebuah organisasi. Dan informasi ini bisa ditanyakan langsung oleh orang-orang yang membutuhkannya.

Baca Juga: Pengertian Database


Tujuan Dari Melakukan Administrasi

Tujuan Dari Melakukan Administrasi

Administrasi ini wajib diadakan oleh sebuah badan usaha. Administrasi ini sangat penting. Karena memiliki tujuan yang sangat baik untuk kelangsungan sebuah usaha. Diantara tujuan administrasi antara lain.

  1. Mempermudah dalam memantau aktifitas sebuah usaha
  2. Memudahkan pelaku bisnis untuk menilai kegiatan dari bisnisnya
  3. Mempermudah dalam penyusunan dan peningkatan sistem kerja agar tujuan bisnis tercapai
  4. Membantu dalam mengamankan kegiatan sebuah usaha yang dijalankan oleh sebuah perusahaan atau lembaga lainnya

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer


Jenis Administrasi Yang Lazim Dilakukan

Jenis Administrasi Yang Lazim Dilakukan

Sederhananya, pengertian administrasi dipahami sebagai kegiatan pembukuan ringan yang berisi tentang hal-hal berkaitan dengan ketatausahaan. Pembukuan ini menjadi bagian dari pengelolaan yang nantinya bisa dipantau serta diambil sebagai rujukan untuk pengambilan kebijakan.

Sejauh ini, administrasi banyak digunakan di berbagai badan usaha. Ini menunjukkan adanya keberagaman jenis dari administrasi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Administrasi Pembangunan

Jenis administrasi ini dibuat untuk merealisasikan pertumbuhan dari berbagai sektor pembangunan. Susunannya dibuat sebaik mungkin untuk mendorong pada kemajuan. Biasanya administrasi ini akan dipantau dan dikendalikan langsung oleh pemerintah.

Administrasi ini muncul pertama kali pasca perang dunia ke 2. Sistem administrasi dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi sebuah negara seperti sedia kala. Kelanjutannya, adminitrasi ini bisa mendorong pada kemajuan dari negara itu sendiri.

2. Administrasi Publik

Administrasi yang satu ini ditujukan untuk kepentingan publik. Administrasi ini mengacu pada penyelenggaraan negara yang lebih baik. Elemen yang dikaji berhubungan dengan sebuah negara, meliputi lembaga legislative, yudikatif dan eksekutif.

Pelaksanaannya biasanya berhubungan dengan pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Kebijakan dan peraturan inilah yang nantinya akan ditetapkan untuk masyarakat. Karena ini dibuat untuk kepentingan umum.

3. Administrasi Lingkungan

Administrasi yang selanjutnya adalah administrasi lingkungan. Tujuan dibuatnya administrasi ini tak lain untuk mewujudkan kesadaran akan pentingnya lingkungan bagi masyarakat.

Pihak yang dilibatkan adalah pemerintah dan masyarakat itu sendiri. Pemerintah akan mendorong masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mewujudkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang lebih baik.

4. Administrasi Akuntansi

Jenis administrasi ini terbilang sangat populer di dunia kerja. Perkantoran maupun perusahaan pastinya memilikinya. Karena dari sini, pemiliknya akan mengetahui kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilakukan di dalam perusahaan.

Jenis ini dikenali dengan sebuah kegiatan pencatatan transaksi keuangan dari sebuah perusahaan. Laporan keuangan masuk dan keluar akan tercatat dengan rapi. Tujuannya jelas untuk mengetahui seberapa baik perjalanan sebuah perusahaan.

Dari hasil pembukuan ini, pihak perusahaan bisa mengambil sebuah kebijakan yang nantinya akan diberlakukan. Khususnya untuk meningkatkan kemajuan dari perusahaan itu sendiri.

Masih banyak sekali jenis administrasi jika dilihat dari sistem kerjanya. Yang pasti, administrasi dijadikan sebagai sarana untuk membuat rancangan/susunan dari sejumlah kegiatan yang didasarkan pada pemikiran logis untuk mencapai tujuan tertentu. Dan itu dipahami sebagai bagian dari pengertian administrasi.

Pengertian Administrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *