Negara Termiskin Di Dunia Versi World Bank yang Kamu Harus Tahu

negara termiskin di dunia

Negara Termiskin Di Dunia – Sumber daya yang melimpah pada kenyataannya belum mampu memberikan dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup yang layak bagi beberapa orang. Terbukti dari masih banyaknya negara termiskin di dunia yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Di belahan bumi yang lain, ada sekumpulan manusia yang tengah bertarung melawan kemiskinan.

Adanya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia akan memberikan kontribusi positif pada semua dimensi kehidupan, baik ekonomi, sosial-budaya, politik, dan sektor lain yang pastinya dikelola oleh manusia itu sendiri.

Baca Juga: teks sumpah pemuda


Mengapa Angka Kemiskinan Masih Tinggi di Beberapa Negara?

Negara Termiskin Di Dunia

Seperti yang kita ketahui, sumber daya modal saja tidak cukup untuk membangun suatu Negara. Diperlukan pula sumber daya manusia sebagai penggerak dan pengolah untuk sumber daya alam tersebut. Fakta juga membuktikan bahwa negara termiskin di dunia rata-rata dipimpin oleh rezim yang otoriter, korupsi yang merajalela, dan tidak adanya kebebasan pers.

Baca Juga: kekayaan alam indonesia


Daftar Negara Termiskin Di Dunia Versi World Bank

Negara Termiskin Di Dunia

Dibawah ini beberapa daftar negara termiskin di dunia versi World Bank yang menduduki kategori negara dengan pendapatan perkapita paling rendah, serta negara dengan keadaan penduduk paling miris. Di antaranya :

1. Eritrea

Eritrea merupakan negara yang terletak di bagian timur Laut Afrika serta berbatasan langsung dengan selatan Ethopia, Djibouti sebelah tenggara, dan Sudan disebelah barat. Negara yang beribukota di Asmara ini tercatat memiliki pendapatan perkapita hanya berkisar US $ 1.410 atau jika dirupiahkan hanya sebesar Rp19.000.000,- juta saja pertahunnya.

Data ini diambil pada tahun 2019, tercatat rata-rata pendapatan masyarakat Eritrea hanya berkisar Rp1.645.000,- saja perorangnya. Hal ini disebabkan masih kurangnya sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga sumber daya alam tidak termanfaatkan dengan baik.

2. Niger

Berbeda dengan negara termiskin di dunia lainnya, Niger adalah negara termiskin yang disebabkan oleh kurang sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. Hal ini dibuktikan dengan luasnya wilayah Niger ini dan sebagian besar wilayahnya merupakan daerah gurun.

World Bank sendiri mencatat jumlah pendapatan perbulan setiap masyarakat disana hanya sekitar Rp1.200.000,- dengan besaran pendapatan perkapita sekitar 1.107 US $. Angka yang sangat miris sebenarnya, sebagai negara yang berada dibagian barat Afrika ini, Niger nyaris tidak memiliki perairan.

3. Burundi

Masih seputar Benua Afrika, negara termiskin berikutnya adalah Burundi. Sebuah negara yang terletak di bagian tengah Afrika ini mendapat gelar negara termiskin. Dengan pendapatan perkapita sebesar $818. Angka yang sangat rendah sekali untuk ukuran pendapatan pertahun sebuah negara.

Selain jumlah gaji yang sangat sedikit, Burundi juga terkenal dengan maraknya human trafficking, dimana banyak manusia dijadikan komoditi, seperti pelayan dan wanita penghibur. Selain itu, Burundi juga sangat miris dengan adanya kekerasan yang berujung kematian ratusan warganya.

4. Republik Afrika Tengah

Dianggap sebagai negara yang tidak berkembang, Republik Afrika Tengah yang terkenal dengan tata kelola negara yang tidak baik dan korupsi besar-besaran yang tidak bisa ditampik kehadirannya. Serta adanya kekerasan sektarian yang semakin memperburuk keadaan. Padahal negara ini kaya akan sumber daya alam, namun sumber daya manusianya masing kurang.

Dilansir dari data World Bank, rata-rata pendapatan perbulan masyarakat Republik Afrika Rp710.000,- per bulan, Jika digabungkan berarti pendapatan perkapita negara ini hanya sekitar US$ 639. Sedangkan untuk tingkat pembangunan manusianya, negara ini tergolong rendah, yaitu menenmpati urutan ke 185.

5. Mozambik

Mozambik adalah salah satu negara di Benua Afrika dengan Kota Maputo sebagai ibukotanya. Negara ini memiliki pendapatan per kapita US$ 1.215 per tahun, atau jika dirupiahkan hanya berkisar Rp1.4.000.000,- per bulan. Sebenarnya, pemerintah Mozambik sendiri telah banyak melakukan perbaikan ekonomi.

Salah satu bentuk usaha pemerintah Mozambik adalah dengan mencanangkan adanya pajak pertambahan nilai, dan reformasi pelayanan bea cukai. Usaha pemerintah ini sebetulnya sedikit banyak membantu perekonomian, akan tetapi Mozambik tetap bergantung pada bantuan asing.

6. Sierra Leone

Republik Sierra Leone adalah salah satu negara beriklim tropis dengan bentuk pemerintahan yang dipimpin oleh presiden.  Presiden  dipilih langsung dan legislatif unikameral, dengan ibukota sekaligus kota terbesar yakni Kota Freetown. Negara yang pernah diserang Ebola ini mengakibatkan banyak masyarakatnya tewas dan memperburuk kualitas kesehatan masyarakatnya.

Negara ini termasuk kedalam deretan negara termiskin di dunia sebagai akibat dari masih dirasakannya efek perang saudara yang terjadi pada tahun 1990-an silam. Meskipun Sierra Leone tergolong sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, masyarakatnya masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan.

7. Malawi

Dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Malawi menjadi negara yang sangat miris pendapatan per kapitanya. Tercatat pendapatan warga disana sehari-harinya hanya mencapai Rp13.000,-. Bisa dibayangkan bukan? Bagaimana rendah tingkat kelayakan hidup disana, uang senilai 13 ribu itu bahkan tidak cukup untuk makan sehari-hari.

Sebagai negara yang terletak dibagian selatan Afrika, negara ini memiliki banyak fakta miris yang menggugah rasa empati siapapun yang mendengarnya. Seperti  akses kesehatan yang masih minim, kualitas pendidikan yang sangat rendah, masih mempercayai ilmu sihir, dan lebih ironisnya lagi warga Malawi menjual air seni hanya untuk bertahan hidup.

8. Zimbabwe

Sebagai negara yang dulunya dijadikan lumbung pangan Afrika, Zimbabwe kini terperosok kedalam lubang kehancuran di berbagai segi kehidupan. hal ini disebabkan  hancurnya manejemen industri, korupsi besar-besaran, merosotnya nilai mata uang, dan kekurangan bahan pangan.

Keadaan ekonomi dari tahun ke tahun juga semakin menurun. Dimulai pada tahun 1980-an banyak terjadi inflasi, hingga pada puncaknya di tahun 2008 harga melonjak naik dalam kurun waktu 24 jam. Pengangguran pun makin meningkat jumlahnya.

9. Republik Demokratik Kongo

Menjadi salah satu negara terpadat di Afrika Tengah dengan jumlah penduduk mencapai 78 juta jiwa, dan menjadi negara terluas kedua di Afrika. Banyak polemik politik yang terjadi pada negara ini, termasuk beberapa kudeta yang dilakukan oleh para penguasa yang sedikit banyaknya berdampak langsung pada sosial-ekonomi masyarakat disana.

Seperti pada tahun 1990-an perang II Kongo pecah dan mengkibatkannya banyak jiwa yang melayang. Setidaknya ada 5,4 juta jiwa tewas akibat perang ini. Bukan hanya banyaknya korban jiwa, peperangan ini sebagai akibat dari polemik politik juga mengakibatkan kehancuran pada bidang ekonomi, sehingga banyak warga terkungkung kemiskinan.

10. Somalia

Somalia adalah negara yang terletak di kawasan Tanduk Afrika dengan pendapatan per kapita sebesar 400 dollar AS. Tergolong sangat rendah dengan jumlah penduduk yang mencapai 14 juta jiwa. Meskipun negara ini pernah menjadi bagian perdagangan yang diperhitungkan pada zaman purba, nyatanya semakin kesini negara ini dari segi ekonomi merosot drastis.

Perekonomian yang mengalami penurunan setiap tahunnya sebagai akibat dari penjajahan, yang kemudian banyak diperebutkan oleh banyak negara untuk dijadikan koloni. Akibatnya perang saudara tak terelakkan pada tahun 1991,dan pemerintahan menjadi sangat lemah sehingga Somalia dikatakan menjadi negara yang gagal.

Itulah tadi beberapa negara termiskin di dunia dihitung dari pendapatan per kapitanya versi world bank. Jika ditinjau kembali kebanyakan negara miskin ini berada di Benua Afrika. Semoga ulasan tadi mampu menjadi pembelajaran bagi kita untuk banyak bersyukur karena banyak manusia dari belahan bumi lain yang kurang beruntung.

Negara Termiskin Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *