Urutan Negara Terkaya di Dunia, Apakah Anda Tertarik Tinggal di Sana?

negara terkaya di dunia

Negara Terkaya Di Dunia – Mendengar kata negara kaya di dunia, pasti kebanyakan orang berfikir bahwa banyaknya populasi dan sumberdaya alam yang dimiliki serta bangunan megah yang kokoh berdiri.

Tidak semata-mata hanya dilihat dari segi tersebut terkecuali suatu negara dengan banyak populasi dan sumberdaya alam dapat mengolah dan menjadikan itu keuntungan negara dengan baik.

Banyak faktor yang menjadi acuan untuk menetapkan suatu negara menjadi negara terkaya di dunia. Berikut akan di bahas faktor penentu negara- negara kaya, urutan, serta beberapa wisata didalamnya.

Baca Juga: peran indonesia dalam asean


Faktor Penentu Menjadi Negara Kaya

Negara Terkaya Di Dunia

Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi suatu negara untuk menjadi negara kaya terutama di dunia. Dikatakan negara kaya jika suatu negara memiliki perkembangan ekonomi yang baik dan kesejahteraan penduduk yang tinggi serta minimnya angka kemiskinan. Indikator yang paling sering digunakan untuk mengukur kekayaan Negara yaitu PDB ( Pendapatan Domestik Bruto) dengan menghitung  kemampuan berbelanja (paritas daya beli) per kapita atau per kepala. Dalam bahasa Inggris Keseimbangan kemampuan berbelanja ini disebut dengan PPP (Purchasing Power Parity).

Baca Juga: norma kesusilaan


Urutan Dan Wisata Negara Terkaya Di Dunia

Negara Terkaya Di Dunia

Banyak versi yang menyusun posisi untuk negara kaya, namun tetap indikator utama nya adalah PDB. Dinobatkan menjadi negara terkaya didunia tidak lepas dari pendapatan sarana wisata yang dikelola oleh pemerintah. Keindahan suatu negara dan wisata yang ditawarkan menjadi salah satu faktor yang menarik wisatawan terlebih wisatawan asing. Banyaknya kunjungan wisatawan dapat menambah pemasukan suatu negara dan menjadi media promosi untuk menunjukan produk unggulan negara tersebut.

1. Qatar

Berlokasi di Benua Asia memiliki luas wilayah 11.586 km2 dengan jumlah penduduk 2.258.283 jiwa, dan PDB Per kapita sebesar US$ 127.659,6, menjadikan Qatar berada di urutan pertama negara terkaya di dunia. Qatar memiliki cadangan gas, minyak, dan petrokimia yang sangat besar. Dengan populasinya kecil Qatar dapat bertahan di peringkat ini selama beberapa tahun ke depan.

Wisata yang ada di negara ini sangat menawan dan eksotis. Pengelolaan yang dilakukan pun sangat baik. Beberapa wisata menarik di Qatar adalah Palm Tree Island tempat tempat ini merupakan pulau buatan yang berbentuk pohon palm. Hotel yang mewah, villa, sarana bisnis, dll, menghiasi pulau ini sehingga dapat menghasilkan pemasukan untuk Qatar.

Khalifa Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 829,84 meter. Gedung ini dibangun saat Qatar mengalami krisis. Kemegahan gedung ini menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Khor Al- Adaid adalah destinasi wisata yang hanya dapat di temui di Qatar. Wisata ini merupakan pantai yang langsung berbatasan dengan gurun pasir. Fasilitas wisata yang ditawarkan yaitu berkemah di tengah gurun pasir.

2. Luksemburg

Berada di benua Eropa dengan luas wilayah 2.586 km2 untuk jumlah penduduk  582.291 jiwa  dan pendapatan PDB Per kapita US$ 104.003,3, menjadikan Luksemburg berada di posisi kedua. Faktor utama yang mempengaruhi kecepatan perkembangan ekonomi  dari negara ini adalah teknologi, industri dan perbankan. Wilayah yang kecil tidak membuat negara ini sangat menarik terutama bentuk bangunannya yang menyerupai kastil.

Kota Luksemburg merupakan salah satu kota tua di Eropa dimana bangunan yang berdiri sangat klasik dan megah.  Wisatawan yang berkunjung dapat menelusuri sisa sejarah di kota ini dengan mengunjungi Terowongan Casemates dan terdapat juga sisa- sisa peralatan perang. Vianden Castle dibangun di abad ke-1. Hal yang menarik dari bangunan ini adalah bentuk bangunannya berupa kastil dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah disekitar kastil.

Esh sur sure merupakan wisata pedesaan  dan salah satu desa yang yang sangat terkenal yaitu desa Bove. Wisatawan biasanya berjalan kaki untuk menelusuri desa ini dan pemandangan yang disuguhkan adalah reruntuhan bangunan kota. Selain itu wisata ini juga menawarkan arena panjat tebing.

3. Singapura

Singapura terletak di Benua Asia dengan luas wilayah 697 km2 sedangkan Jumlah Penduduk 5.781.728 jiwa dan PDB Per kapita : US$ 87.855,3. Negara ini merupakan pusat manufaktur, perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat dengan 97 persen populasi orang dewasa dengan kecerdasan.

Merlion Park merupakan tempat wisata yang menjadi favorit dimana taman ini terdapat maskot Negara singapura yang berupa patung berkepala singa namun bertubuh ikan. Taman ini buka sehari penuh selama 24 jam dan wisatawan yang kemari tidak perlu membayar. Universal studio merupakan tempat yang sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Wisata ini merupakan area bermain layaknya Dufan. Singapura juga memiliki kawasan wisata yang bernuansa negara lain seperti China Town, Arab Street, dan Little India.

4. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam berada di benua Asia seperti Singapura lebih tepatnya berada di Asia Tenggara. Luas Wilayah  5.765 km2 dengan Jumlah Penduduk 436.620 jiwa dan PDB Per kapita  US$ 76.884,04. Wilayah yang kecil tidak mempengaruhi negara ini untuk bisa sangat maju. pendapatan negara sebagian besar dihasilkan dari minyak dan gas. Selain negara yang menduduki posisi ke empat sebagai negara terkaya didunia, Sultan Brunei Darussalam juga masuk ke dalam urutan kedua untuk  daftar pemimpin terkaya di dunia.

Negara ini merupakan negara yang menjalankan syariat islam. Beberapa wisata pun merupakan tempat ibadah seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifudin dimana kubahnya terbuat dari emas murni dan saat malam masjid ini akan diterangi dengan lampu LED yang gemerlap. Ada juga Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah yang menjadi salah satu ikon di Brunei Darussalam, tidak hanya kubah namun pagar dari masjid inipun terbuat dari emas dan terdapat taman hijau serta kolam. Wisata alam dan wisata museum disini pun sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan.

5. Kuwait

Berada di Benua Asia ( Timur Tengah) dengan luas wilayah 17.818 km2, jumlah penduduk 2.832.776 jiwa, dan PDB Per kapita : US$ 71.887,32. Sumber daya  alam yang dihasilkan adalah minyak. Minyak yang dihasilkan membuat negara ini menyumbang  8% dari total cadangan minyak dunia dan menjadikan negara ini berada di posisi ke lima. Penyumbang terbesar PBD negara ini adalah  Industri minyak dan lebih dari 90% ekspornya. Kuwait  merupakan salah satu yang paling maju dan demokratis di Timur Tengah.

Kuwait tidak terlalu terkenal untuk wisatanya namun negara ini pun memiliki wisata yang menarik seperti Kuwait Tower yang merupakan ikonik Kuwait dimana wisatawan dapat melihat seluruh Kuwait. Grand Mosque merupakan masjid terbesar di Kuwait sebagai pusat kegiatan agama. Selain itu masjid ini menerima wisatawan yang hanya berkunjung dan terdapat pemandu yang menjelaskan tentang islam serta sejarah masjid itu sendiri.

Negara terkaya di dunia memiliki pengelolaan baik terhadap sumber daya yang dimiliki dan memiliki kemajuan ekonomi yang pesat meskipun luas wilayah dan jumlah penduduknya lebih kecil dibanding negara besar lainnya. Negara-negara ini meskipun terdaftar karena kekayaannya, namun mereka pun menyimpan dan mengelola dengan baik tempat- tempat wisata yang luar biasa untuk dikunjungi.

Negara Terkaya Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *