Metamorfosis Kupu Kupu : Gambar, Proses, Tahapan dan Penjelasan

3 min read

1. Kupu-Kupu

Metamorfosis Kupu Kupu – Siapa yang tidak menyukai kupu kupu?  binatang cantik dan unik yang satu ini memiliki banyak sifat alamiah yang sangat mengagumkan untuk di nikmati. Karena sifat uniknya ini jenis hewan ini memiliki cerita yang sangat menarik untuk dibahas salah satunya tentang metamorfosis kupu kupu.

Metamorfosis tidak saja menyimpan sejuta keunikkan tetapi menjadi salah satu kajian dalam ilmu pengetahuan di dunia. Tahukah bahwa metamorfosis kupu kupu  secara umum adalah suatu proses perubahan pertumbuhan struktur fisik suatu hewan dari menetas sampai dewasa.

Metamorfosis melingkupi proses dan segala sesuatu perubahan yang terlihat dan berbeda dari waktu hingga waktu  tertentu. Sesungguhnya semua makhluk hidup memiliki proses metamorfosis namun mengapa metamorfosis kupu kupu berbeda dengan yang lain? Berikut informasinya.


Apakah itu Kupu Kupu?

Metamorfosis Kupu Kupu

Nama jenis hewan ini memang sangat familiar namun tahukah bahwa jenis serangga yang satu ini tergolong kepada ordo lepidoptera atau yang lebih dikenal dengan serangga bersayap sisik. Kupu kupu juga dapat dibedakan berdasarkan masa aktifnya dan ciri fisiknya yaitu antara ngengat atau yang dikenal dengan istilah kupu kupu malam.

Kupu kupu ini dikenal dengan nama ilmiah rhopalocera. Jenis serangga ini biasa memiliki katahan hidup hingga 12 bulan untuk rentang sayap yang dimiliki oleh kupu kupu adalah mencapai 4 sampai 7,3cm untuk vanessa cardui, 6.5 sampai 8,6 cm untuk papilio machaon, dan untuk kupu kupu kubis berkisar 3,2 sampai 4,7 cm.

Baca Juga: Metamorfosis Capung


Siklus Metamorfosis Kupu Kupu

Metamorfosis Kupu Kupu

Bentuknya yang unik membuat kupu kupu adalah salah satu jenis hewan yang sangat menarik hati siapa saja. Ada beberapa hal yang menjadi siklus metamorfosis kupu kupu hingga menjadi bentuk yang sempurna.

1. Fase Telur

1. Fase Telur

Dalam fase ini siklus kupu kupu masih berbentuk telur dengan bentuk bulat kecil serta memiliki warna putih. Yang menariknya lagi bahwa kupu kupu tidak bertelur pada suatu tempat yang sembarangan. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku kupu kupu dalam menelurkan telurnya hanya kepada daun yang disukainya saja. Waktu yang dibutuhkan para telur untuk menetas adalah kisaran 3 sampai 5 hari dan biasanya telur akan membuat liubang-lubang pada kulit telur tersebut  sebagai ciri-ciri menetasnya.


2. Fase Larva atau Ulat

2. Fase Larva atau Ulat

Fase berikutnya adalah fase kupu kupu yang masih menjadi ulat kupu kupu. Terjadinya fase ini biasanya tampak pada kerusakan pada daun tempat ulat bergelantung. Taukah bahwa kondisi ini disebabkan karena ulat membutuhkan banyak asupan makanan hingga sampai memakan daun pada tumbuhan.  Fase ulat ini akan berganti selama 4 sampai 6 kali dan proses ini disebut dan dikenal dengan istilah molting.

3. Pupa atau Fase Kepompong

3. Pupa atau Fase Kepompong

Setelah fase ulat telah melakukan proses pembungkusan diri dengan baik maka kepompong akan berwarna hijau atau coklat sesuai dengan daun. Hal ini bertujuan agar melindungi diri dari ancaman lingkungan di sekitarnya. Proses ini merupakan proses pertapaan untuk menjadi wujud menjadi kupu kupu yang sempurna. Berdasarkan jenis spesies masing- masing biasanya waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan memiliki waktu mulai dari 7 hingga 20 hari.

4. Fase Imago dan Kupu Kupu

4. Fase Imago dan Kupu Kupu

Fase yang berikutnya adalah perubahan fisik dan struktur diri menjadi kupu kupu yang memiliki tubuh yang indah dan kupu kupu. Pada awalnya biasanya sayap-sayap akan terdapat cairan dan basah yang disebut dengan hemolympah. Cairan ini berfungsi untuk memperbesar sayap dan tubuh pada kupu kupu baru tersebut dan makanannya juga menjadi sangat berbeda dari daun berubah menjadi madu atau nektar.


Jenis Spesies Kupu Kupu

Metamorfosis Kupu Kupu

Selain bentuk dan perilaku kupu kupu yang selalu menarik untuk dibahas, kupu kupu juga memiliki jenis spesies yang berbeda satu sama lain. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang metamorfosis kupu kupu berikut penjelasan tentang jenis-jenisnya.

1. Jenis Cethosia Myrina

1. Jenis Cethosia Myrina

Jenis ini disebut juga dengan kupu kupu bidadari atau dengan sebutan kupu kupu dengan sayap renda. Sesuai dengan  namanya  yang indah bentuk kupu kupu ini juga terlihat seperti bidadari. Untuk jenis ini kupu kupu ini hidup di propinsi Sulawesi.

2. Ornithoptera Chimaera

2. Ornithoptera Chimaera

Untuk jenis berikutnya adalah kupu kupu yang dikenal dengan sebutan kupu kupu dengan sayap burung peri atau istilahnya lebih dikenal dengan chimaera birdwing. Jenis ini dapat dijumpai di daerah Papua Nugini.

3. Ornithoptera Goliath

3. Ornithoptera Goliath

Kupu kupu jenis ini dikenal dengan kupu sayap burung goliat. Jika ingin menemui kupu kupu dengan karakteristik dan jenis kupu kupu ini dapat dijumpai di bagian Indonesia bagian timur.

4. Ornithoptera Paradisea

4. Ornithoptera Paradisea

Dan jenis berikutnya adalah yang disebut dengan butterfly of paradise atau kupu kupu sayap burung surga. Terbayang dengan keunikan dan kecantikan kupu kupu jenis ini sudah tergambar dari jenis kupu kupu yang terdapat di Indonesia dan Papua Nugini.

5. Ornithoptera Priamus

5. Ornithoptera Priamus

Untuk jenis yang ini dapat ditemukan di Maluku, Australia, kepulauan Solomon seta di papua Nugini. Jenis ini juga turut mewarnai dan memperkaya jenis kupu kupu yang indah tersebut.

6. Ornithoptera Rothschildi

6. Ornithoptera Rothschildi

Jenis ini juga sudah banyak ditemukan di Indonesia dan papua Nugini jenis ini dikenal dengan kupu burung Rotsil atau Rothschilds birdwing.

7. Ornithoptera Tithonus

7. Ornithoptera Tithonus

Jenis kupu kupu ini disebut dengan tithonus birdwing atau kupu burung titon. Jenis juga sudah banyak ditemukan di Indonesia.

8. Trogonoptera Brookiana

8. Trogonoptera Brookiana

Bagi yang berada di wilayah semenanjung malaya, Sumatera dan Natuna jenis dapat menemukan jenis kupu kupu ini. Selain itu di Kalimantan juga sudah terdapat kupu kupu yang dikenal dengan istilah kupu trogon atau rajah brooke’s birdwing.

Baca Juga: Metamorfosis Katak


Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Metamorfosis Kupu Kupu

Dalam prosesnya ternyata metamorfosis  juga ada yang tidak mendapatkan proses metamorfosis yang tidak sempurna. Hal ini menjadi suatu kajian yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Berikut ini beberapa perbedaannya yaitu.

1. Jumlah Stadium

1. Jumlah Stadium

Perbedaan yang tidak sempurna dan sempurna pada kupu kupu terletak pada jumlah stadium yang dilalui pada keduanya. Pada metamorfosis yang sempurna jumlah stadiumnya berjumlah 4 yaitu telur, larva, pupa dan sampai pada stadium imago. Sedangkan metamorfosis tidak sempurna hanya terdiri dari stadium 3 yaitu telur, larva dan stadium imago.

2. Ada dan Tidak Adanya Stadium Pupa

2. Ada dan Tidak Adanya Stadium Pupa

Pada proses metamorfosis yang sempurna melalui atau mengalami stadium pupa atau kepompong sedangkan yang tidak sempurna tidak mengalami proses stadium pupa tersebut. Sebagaimana yang diketahui stadium pupa adalah proses atau masa peralihan dari larva menuju kepada prosess stadium imago atau menjadi serangga dewasa.

3. Perubahan Bentuk

3. Perubahan Bentuk

Karakteristik ini menjadi ciri tertentu dari terjadi proses metamorfosis yang sempurna pada kupu kupu. Metamorfosis yang sempurna dalam setiap stadium memiliki bentuk  yang berbeda-beda dan mengalami perubahan. Dan bagi yang metamorfosis yang tidak sempurna tidak memiliki perubahan bentuk.

4. Perbedaan Contoh

4. Perbedaan Contoh

Perbedaan berikutnya adalah terletak kepada contoh metamorfosis yang tidak sempurna dan tidak sempurna. Contoh hewan yang melalui metamorfosis sempurna  adalah kupu kupu, capung, serta nyamuk. Sedangkan yang tidak sempurna contohnya adalah jangkrik, kecoa dan tenggeret.

Itulah beberapa penjelasan tentang metamorfosis kupu kupu. Sebagaimana penjelasan diatas proses metamorfosis pada kupu kupu dapat diidentifikasi prosesnya melalui karakteristiknya masing-masing. Metamorfosis pada hewan ini  juga kerap dijadikan filosofi kehidupan manusia yang bertumbuh dan berkembang hingga menjadi manusia yang sempurna.

Metamorfosis Kupu Kupu