Lagu Daerah NTT – Siapa yang tidak mengenal dengan adanya lagu daerah? Lagu daerah merupakan sebuah lagu atau musik yang berasal dari setiap wilayah. Setiap wilayah tentunya memiliki lagu daerah yang khas dan berbeda-beda, begitu juga dengan NTT. Lagu daerah NTT mempunyai sebuah ciri khas yang membedakannya dengan wilayah lain.

Perlu diketahui bahwa Nusa Tenggara Timur atau yang biasa disingkat sebagai NTT, merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia bagian Tengah. Provinsi NTT ini tumbuh dan berkembang dengan didampingi pulau lain di sekitarnya. Ada pulau utama dan terkenal yang mengelilingi provinsi ini, ada pulau Flores, pulau Timor, dan pulau Sumba.

Namun sebenarnya, masih ada setidaknya sekitar 500 pulau yang kemudian terbentuk sebanyak 22 kabupaten dan kota di provinsi NTT ini. Sangat menakjubkan bukan banyaknya pulau di provinsi ini? Maka dari itulah, bukan hal yang mengherankan jika provinsi NTT ini sangat terkenal.

Bukan hanya karena kondisi alam dan tempat wisatanya saja, kesenian dan budaya dari NTT pun juga ikut serta mengenalkan provinsi ini. Salah satu kesenian yang khas adalah lagu daerah NTT sendiri. Lagu daerah ini menunjukkan adanya nilai kedaerahan yang sangat kental di dalam setiap lagunya.

Bukan hanya itu saja, lagu daerah tentunya juga mempunyai lirik lagu yang sesuai dengan bahasa daerah suatu tempat. Ciri khas lagu daerah yang satu ini haruslah dipahami agar nilai kebudayaannya tetap terjaga. Untuk menambah wawasan pembaca terkait lagu daerah, berikut ini akan dikupas tuntas segala hal tentang lagu daerah. Mulai dari keunikan, fungsi, sampai jenis lagu daerah NTT. Yuk, simak ulasannya!


Ciri Khas dari Lagu Daerah

Lagu Daerah NTT

Lagu daerah mempunyai makna dan lirik yang berkembang sesuai dengan bahasa serta budaya di daerahnya. Bahasa yang berbeda dalam setiap lagu daerah memang menjadi penghalang setiap suku bangsa untuk memahami makna lagu. Namun, karena adanya melodi yang apik dan sederhana, maka lagu daerah pun banyak diterima oleh masyarakat luas.

Biasanya, lagu daerah merupakan turunan secara lisan dari generasi terdahulu. Lagu daerah juga mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kondisi alam suatu daerah. Ada juga yang bermakna tentang budaya atau adat setempat. Hal tersebut juga berlaku untuk lagu daerah NTT.

Baca Juga: Lagu Daerah Padang


Keunikan dari Lagu Daerah

Lagu Daerah NTT

Selain mempunyai ciri khas, lagu daerah juga mempunyai keunikan tersendiri. Begitu juga dengan lagu daerah di NTT. Berikut ini adalah keunikan dari lagu daerah yang harus dipahami.

1. Bersifat Informal

Keunikan dari lagu daerah yang pertama adalah sifatnya yang informal. Mengapa demikian? Karena banyak dari lagu daerah yang fungsinya itu tidak terlalu serius. Diciptakannya lagu daerah itu tidak lain adalah untuk hiburan dan seni karya, yang mana berfungsi untuk menghibur masyarakat setempat. Namun, tetap ada lagu daerah yang fungsinya digunakan untuk ibadah.

2. Memiliki Lirik yang Berbahasa Daerah

Pada umumnya, setiap lagu daerah tentu menggunakan bahasa daerah masing-masing sebagai lirik lagunya. Penggunaan lirik lagu dengan berbahasa daerah juga dipadukan dengan melodi yang sesuai dengan karakter daerah tersebut. Seperti halnya lirik lagu berbahasa Jawa yang disertai dengan alunan melodi yang halus dan mendayu.

3. Menggunakan Alat Musik Daerah

Umumnya, lagu daerah dibawakan dengan paduan alat musik tradisional dari daerah masing-masing. Hal ini akan semakin menonjolkan kekhasan dan keunikan lagu daerah dari setiap tempat yang berbeda. Seperti halnya lagu daerah Sunda yang diikuti dengan alat musik khas, seperti Karinding, dan lainnya.

4. Bagian dari Kebudayaan

Lagu daerah merupakan gambaran atau bagian dari kebudayaan suatu daerah. Hal inilah yang membuat lagu daerah dikenali setiap orang yang mendengarkannya.

5. Dipelajari dari Lisan

Keunikan dari lagu daerah yang lain adalah cara mempelajarinya yang hanya secara lisan. Mengapa demikian? Karena lagu daerah ini diturunkan dari generasi terdahulu secara turun-temurun melalui lisan. Begitu seterusnya sampai diwariskan kepada generasi mendatang melalui lisan juga.

Baca Juga: Lagu Daerah Indonesia


Fungsi dari Lagu Daerah

Lagu Daerah NTT

Dengan beragamnya lagu daerah yang beredar di masyarakat, maka fungsi dari lagu daerah juga menjadi beragam. Karena fungsinya beragam, maka generasi penerus seharusnya mengenali lagu daerah. Hal ini dimaksudkan agar kelestarian lagu daerah tetap terjaga. Begitu juga dengan lagu daerah NTT. Berikut ini adalah fungsi lagu daerah yang harus diketahui.

1. Untuk Upacara

Lagu daerah yang beredar di Nusantara ada yang berkaitan dengan upacara adat. Misalnya untuk upacara perkawinan, kelahiran, kematian, upacara keagamaan, dan lain sebagainya. Alunan nada dan melodi yang dihasilkan dari alat musik sangat mendukung untuk kegiatan tersebut.

2. Sebagai Hiburan

Alunan musik dan tarian merupakan dua hal yang berhubungan dan menjadi satu. Di sebagian daerah, terdapat lagu yang diciptakan untuk mengiringi sebuah tarian daerah. Alunan gerakan tarian juga didasarkan kepada alunan melodi lagu yang akan membentuk sebuah makna tertentu.

3. Untuk Berkomunikasi

Di sebagian daerah di Indonesia, bunyi tertentu mempunyai sebuah maksud yang dipahami oleh masyarakat setempatnya. Bunyi tersebut juga menjadi sebuah tanda yang menunjukkan adanya sesuatu. Alat yang biasanya digunakan adalah kentongan, bedug yang ada di masjid, dan lonceng yang biasanya ada di gereja.


Mengenal Lagu Daerah NTT

Lagu Daerah NTT

NTT merupakan sebuah provinsi yang terkenal bukan hanya karena pariwisatanya saja. Dengan banyaknya gugusan pulau yang dimiliki, membuat NTT juga terkenal akan seni dan budayanya. Salah satunya adalah lagu Potong Bebek Angsa. Lagu tersebut terkenal di masyarakat Indonesia. Untuk mengetahui apa sajakah lagu daerah NTT, simaklah ulasan di bawah ini.

1. Lagu Anak Kambing Saya

Mana dimana anak kambing saya
Anak kambing tuan ada di pohon waru
Mana dimana jantung hati saya
Jantung hati tuan ada di kampung baru

Caca marica he hei
Caca marica he hei
Caca marica ada di kampung baru

Caca marica he hey
Caca marica he hey
Caca marica ada di kampung baru

Lagu daerah dari NTT yang terkenal adalah lagu Anak Kambing Saya. Dalam lagu ini mengisahkan tentang orang tua yang mencari keberadaan anaknya. Irama dari lagu satu ini sangat riang dan gembira. Jika diartikan lebih dalam, lagu ini menunjukkan akan adanya persahabatan yang erat antara orang tua dengan anaknya.

Lagu daerah ini juga dikenal dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan lagu ini sebagai lagu anak-anak. Mengapa seperti itu? Karena para guru banyak yang mengajarkan lagu daerah satu ini mulai usia dini.

2. Lagu Desaku

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

Lagu dengan syair yang sangat indah ini mempunyai makna yang mendalam. Inti dari lagu ini mengisahkan kerinduan akan indahnya kampung halaman. Terlihat bahwa orang tersebut sangat mencintai kampung halamannya. Makna dari lagu ini akan semakin mendalam karena lagu ini mempunyai alunan yang santai.

3. Lagu Potong Bebek Angsa

Potong bebek angsa
Masak di kuali
Gagal urus bangsa
Maksa dua kali
Takut diganti
Prabowo-Sandi
Lalalalalala lalalala

Siapa yang tidak tahu lagu terkenal satu ini? Lagu ini memang terkenal dan identik dengan anak-anak. Padahal sebenarnya ini adalah lagu daerah NTT. Dengan iramanya yang ceria, lagu daerah ini cocok sebagai pengiring tarian dan permainan.

4. Lagu Bolelebo

Bolelebo ita nusa lelebo
Bolelebo ita nusa lelebo
Malole simalole ita nusa lemalole
Malole simalole ita nusa lemalole

Bolelebo baradimu lelebo
Bolelebo baradimu lelebo
Ie ta’do ie baradimu rihi ie
Ie ta’do ie baradimu rihi ie

Bolelebo tanah Timor lelebo
Bolelebo tanah Timor lelebo
Baik tidak baik tanah Timor lebih baik
Baik tidak baik tanah Timor lebih baik

Lagu daerah ini menunjukkan kerinduan mendalam akan kampung halaman, serupa dengan lagu Desaku. Dalam lagu ini menggambarkan bahwa meski banyak orang yang merantau ke daerah lain, namun kampung halaman tetaplah rumah untuk pulang.

Itulah ulasan lengkap segala hal yang berkaitan dengan lagu daerah NTT. Cukup menambah wawasan tentang lagu daerah bukan? Ingat, semakin tahu maka akan semakin banyak ilmu. Jangan lupa untuk mengenali lagu daerah untuk kelestarian budaya daerah agar tetap terjaga. Salam budaya!

Lagu Daerah NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like